Inilah Alasan Mengapa Gadget Harus Sering Dibersihkan ketika Harus Bepergian

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
Inilah Alasan Mengapa Gadget Harus Sering Dibersihkan ketika Harus Bepergian .jpg

Seperti yang kita ketahui penularan virus corona terjadi melalui percikan air liur atau droplets dari orang yang terinfeksi virus ini. Selain penularan langsung melalui kontak dengan droplets di udara, ada kemungkinan droplets tersebut untuk menempel pada permukaan benda. Walaupun data menunjukkan bahwa penularan melalui permukaan benda memiliki resiko yang lebih kecil, namun kamu tetap memiliki resiko untuk tertular. Resiko penularan ini meningkat pada benda-benda yang berada di dalam ruangan tertutup (indoor). 

Penularan dari gadget bisa terjadi

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan kamu untuk membersihkan dan melakukan desinfeksi pada permukaan benda-benda yang sering kamu sentuh setiap harinya, termasuk gadget. Saat ini, gadget merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari dan merupakan benda yang paling banyak disentuh oleh sebagian besar orang. 

Gadget, seperti handphone, laptop, hingga smartwatch, merupakan gadget yang sering kita bawa bepergian keluar rumah dan dapat menjadi sumber penularan infeksi. Tidak hanya virus corona, penelitian menunjukkan bahwa gadget merupakan tempat menempelnya berbagai bakteri apabila jarang dibersihkan. Penularan ini dapat terjadi ketika virus atau bakteri berpindah dari gadget dan menempel pada tangan maupun langsung pada wajah kita. 

Saat ini, para ahli belum mengetahui berapa lama virus corona ini dapat bertahan hidup di permukaan. Penularan dikatakan mungkin terjadi dalam 24 jam pertama. Data menunjukkan bahwa orang yang sering membersihkan dan mendesinfeksi permukaan memiliki tingkat penularan yang lebih rendah. Oleh karena itu, penting untuk kita membersihkan gadget secara teratur untuk memastikan kebersihan mereka. 

Bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan gadget 

kamu dapat membersihkan gadget menggunakan cairan desinfeksi yang mengandung alkohol sebanyak 70%. Hindari menggunakan cairan dengan kadar alkohol 100% karena dapat bersifat korosif. Apabila kamu memiliki alkohol 100%, campurlah dengan air dengan perbandingan alkohol dibanding air yaitu 7 banding 3 untuk mendapatkan alkohol 70%.

Jangan menyemprot langsung pada permukaan gadget karena berpotensi untuk masuk ke dalam gadget melalui lubang-lubang yang ada di permukaan gadget dan beresiko menimbulkan kerusakan. 

kamu dapat menyemprot cairan tersebut pada kain terlebih dahulu. Siapkan kain kering dan lembut (misalnya kain microfiber) untuk menghilangkan kotoran dan sidik jari. Hindari menggunakan bahan serat kertas seperti tisu atau handuk kertas. Kedua bahan tersebut mungkin memiliki sifat yang lebih abrasif sehingga dapat meninggalkan goresan pada gadget. 

Selain itu, kamu juga harus menghindari untuk menggunakan cairan-cairan yang bersifat abrasif seperti pembersih jendela, cuka, hingga hidrogen peroksida. Cairan abrasif dapat merusak permukaan gadget kamu. 

Alternatif lain yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan gadget adalah tisu yang mengandung alkohol isopropil 70% atau tisu desinfektan Clorox. Saat ini juga terdapat berbagai produk desinfeksi yang khusus dibuat untuk membersihkan gadget. 

Tips membersihkan gadget

Gadget merupakan benda yang harus dibersihkan secara hati-hati. Karena, apabila kamu sembarangan membersihkannya, gadget tersebut bisa mengalami kerusakan. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu ikuti: 

  • Selalu cabut ponsel atau tablet kamu dari sumber listrik atau pengisi daya apapun sebelum kamu mulai membersihkan.

  • Lepaskan casing atau aksesoris lain yang ada pada gadget.  

  • Gunakanlah produk desinfektan yang direkomendasikan. 

  • Jangan menyemprot langsung cairan desinfeksi pada gadget. 

  • Bersihkan dengan gerakan mengusapnya secara horizontal atau vertikal dalam satu arah berulang. Misalnya mulailah dari sisi kiri layar kemudian diusap ke sisi kanan layar. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak merusak layar gadget. 

  • Bersihkan semua permukaan gadget termasuk bagian belakangnya. 

  • Hindari mengusap secara berlebihan pada bagian yang terbuka seperti lubang charger atau earphone. Kelembaban pada area tersebut dapat merusak gadget. 

  • Jangan lupa untuk membersihkan casing dan aksesoris gadget. 

  • Mencuci tangan menggunakan air dan sabun setelah membersihkan gadget. 

Ikuti petunjuk cara membersihkan gadget dengan baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gadget kamu. Apabila memungkinkan, pastikan apakah produk yang kamu gunakan aman untuk digunakan pada gadget. 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah mengerti betapa pentingnya membersihkan gadget? Oleh karena gadget merupakan benda yang sangat sering kita sentuh, sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk membersihkan gadget terutama setelah kamu bepergian atau setelah gadget kamu dipinjam oleh orang lain.

Walaupun terlihat kecil, membersihkan gadget merupakan salah satu usaha yang dapat membantu kamu untuk mencegah penularan berbagai macam bakteri dan virus.