Cara klaim asuransi ketika sakit atau kecelakaan saat sedang liburan di luar negeri

Healthy Protection 19 Desember 2018

Bagaimana caranya untuk membuat klaim asuransi, bila sakit atau kecelakaan saat liburan atau selama perjalanan di luar negeri?

Sebaik apapun persiapan kita saat sedang traveling ke luar negeri, yang namanya kecelakaan merupakan musibah tak terduga yang kadang mustahil untuk dihindari. Saat mengalami sakit atau kecelakaan saat di luar negeri biasanya membutuhkan biaya besar untuk pengobatan - apalagi untuk repatriasi atau memulangkan kamu ke Indonesia bila diperlukan.

Nah, supaya kamu tetap merasa aman saat jalan-jalan atau bepergian ke luar negeri, penting untuk memiliki asuransi perjalanan yang baik dan dapat diandalkan - bila kecelakaan terjadi atau kamu jatuh sakit saat berada di negara asing, kamu pun tak perlu menguatirkan biaya-biaya yang akan timbul saat liburan atau selama perjalanan berlangsung.

Bagaimana cara membuat klaim asuransi saat kamu sakit atau mengalami kecelakaan di luar negeri? 

Beri keterangan sebenar-benarnya saat membeli polis

Jangan lupa juga untuk memberitahukan kondisi kesehatanmu kepada agen asuransi - bila kamu tidak menginformasikan kepada pihak asuransi bahwa kamu memiliki penyakit yang sudah ada sebelumnya, seperti hipertensi atau diabetes, maka, bila kamu jatuh sakit di luar negeri, klaim asuransimu bisa ditolak sepenuhnya, lho.

Yang harus dilakukan setelah kecelakaan terjadi

Pertama, jangan lupa kumpulkan bukti lewat foto dan video - rekam saksi mata dan siapapun yang ada di tempat saat kejadian. Minta kontak para saksi mata karena mungkin akan dibutuhkan oleh pihak asuransi untuk konfirmasi kejadian. Simpan semua bon pembayaran apapun termasuk rumah sakit dan obat-obatan.

Kehilangan barang berharga dan kejahatan apapun harus dilaporkan ke polisi dalam waktu 24 jam setelah kejadian, dan bila ini tidak memungkinkan, beritahukan kepada otoritas setempat yang berwenang. Meski polisi biasanya tak bisa membantu menemukan barang yang hilang, pihak asuransi pasti akan membutuhkan laporan dari mereka untuk memproses klaim.

Bila kamu membutuhkan perawatan medis, bila memungkinkan, hubungi pihak asuransi atau agenmu SEBELUM kamu masuk perawatan. Setiap polis memiliki kebijakan pertanggungjawaban dan limit maksimal yang di-cover, inilah sebab mengapa sangat penting untuk mengecek terlebih dulu apa saja yang ditanggung asuransi dan dapat diklaim, sebelum kamu menjalani seluruh rangkaian perawatan medis tersebut.

Mengisi formulir klaim

Sesegera mungkin setelah kejadian, telepon atau email pihak asuransimu untuk mengecek apa saja dokumen dan bukti pelengkap yang diperlukan untuk mengurus klaim pertanggungjawaban. Biasanya, ada batas waktu maksimal untuk menghubungi pihak asuransi, jadi, penting untuk diingat bahwa harus secepatnya memberikan informasi. 

Setelah kamu menghubungi agen asuransimu, kamu perlu menyiapkan informasi detail mengenai kronologis kejadian - kemudian, biasanya pihak asuransi akan memberikan formulir yang perlu kamu isi. Isilah selengkap-lengkapnya dan sertakan semua bukti yang kamu punya, supaya proses klaim bisa berjalan lebih cepat dan lancar.

Proses penggantian klaim

Proses penggantian klaim dan pembayaran pertanggungjawaban polis biasanya baru dapat berjalan setelah formulir diisi dan seluruh dokumen pelengkap sudah resmi diterima oleh pihak asuransi. Penetapan keputusan klaim akan dilakukan selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari kerja setelah dokumen persyaratan permintaan pembayaran Manfaat Asuransi diterima oleh pihak Asuransi dengan lengkap dan benar. Kemudian Manfaat Asuransi selanjutnya akan dibayarkan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja setelah permintaan pembayaran Manfaat Asuransi disetujui oleh Penanggung.

Pilih asuransi yang tepat

Banyak sekali jenis asuransi dan polis yang ada di Indonesia, tapi, penting untuk tahu dengan seksama apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan saat membeli polis tersebut, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu - jangan hanya tergiur harga termurah, ya!

Nah, salah satu produk dari Generali yaitu iPrime, tak hanya memberikan manfaat pertanggungan kesehatan, tapi juga saat terjadi kecelakaan bahkan bila sampai timbul kematian. Apa saja sih benefit iPrime? Kamu bisa klik link ini untuk mengetahui manfaatnya, atau kamu juga dapat menghubungi agen Generali untuk berkonsultasi secara langsung mengenai benefit dan keunggulan dari iPrime.

Selamat pergi berlibur, dan jangan kuatir, karena Generali akan selalu menemani langkahmu!

Yuk, berlibur dengan tenang dan selalu aman bepergian kemana saja, dengan artikel-artikel menarik seputar traveling dari Generali:

Tips liburan lancar di akhir tahun

Aman dan nyaman di penerbangan jauh

Tips agar anak tak rewel saat di perjalanan