Tips khusus bumil: tidur lebih nyenyak supaya semakin sehat

Healthy Protection Jumat, 29 November 2019
Tips tidur nyenyak untuk ibu hamil

Saat sedang hamil, tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik sangat penting—baik untuk bumil maupun si calon bayi. Ini beberapa tips penting supaya tidur Moms bisa nyenyak saat sedang mengandung si kecil.

Makan yang tepat

Saat hamil, ukuran rahim yang semakin membesar seiring pertumbuhan si bayi di dalamnya, akan menekan kantung kemih sehingga Moms akan lebih sering buang air kecil. Supaya tidur nyenyak, perbanyak minum di pagi dan siang hari, dan kurangi minum terlalu banyak di atas jam 6 sore.

Pasti Moms tahu bila makan empat sehat lima sempurna semakin penting saat sedang hamil. Nah, kurangi makan yang terlalu banyak mengandung gula, pilih asupan yang lebih sehat dan bergizi seperti karbohidrat kompleks dari nasi merah, umbi-umbian, sayuran dan buah-buahan dengan lauk protein yang cukup. Asupan gizi yang baik membuat pencernaan pun jadi lebih baik, sehingga tidak kuatir masalah diare atau sakit perut di malam hari.

Bila Moms mengalami mual-mual, cobalah untuk makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, dan konsumsi makanan yang tidak tajam rasanya—seperti biskuit atau roti tawar, untuk menghindari rasa mual bertambah.

Tidur di ruangan sejuk

Saat sedang hamil, perubahan hormon membuat kita selalu merasa kegerahan. Jadi, sebaiknya Moms tidur dalam ruangan dengan pendingin AC kira-kira 18-20 derajat ya...supaya tidak kepanasan dan tidur lebih lelap. 

Pijat

Pijat refleksi selain bisa membuat lebih rileks, juga ternyata membuat tidur lebih nyenyak—khusus bumil, refleksi kaki juga bisa membuat peredaran darah lebih lancar sehingga bengkak yang umum terjadi saat hamil bisa diatasi.

Oh ya, batasi refleksi sekedar pada kaki dan pundak ya Moms, supaya lebih aman. Bila Moms ingin pijat seluruh badan, sebaiknya cari terapis yang berpengalaman menangani bumil, seperti Mom n Jo atau Kaizen Mobile Spa.

Ngantuk di siang hari? Tidur saja!

Di trimester pertama, hormon progesteron melonjak, sehingga Moms akan sering sekali merasa ngantuk di siang hari - dan sebaliknya, malah tidak ingin tidur saat malam tiba. Tidak apa-apa, saat ngantuk di siang hari, tidur saja, Moms, sehingga waktu tidur yang kurang di malam hari pun tercukupi dengan tidur siang. 

Tetap aktif

Moms jangan mager juga, ya. Olahraga ringan seperti jalan kaki 20 menit setiap hari sangat membantu peredaran darah semakin lancar dan membantu mengurangi kram kaki. Usahakan olahraganya di pagi hari ya Moms, jangan kesorean—karena nanti malah semakin sulit tidur.

Tidur dengan posisi yang tepat

Setelah menginjak usia kehamilan 20 minggu, para ahli menganjurkan untuk tidur bertopang pada tubuh sebelah kiri, supaya peredaran darah ke rahim dan ginjal lancar. Bila perlu, gunakan bantal untuk menyangga tubuh supaya posisi tidur lebih nyaman.

Latihan pernafasan

Sering-seringlah berlatih pernafasan - lewat video di YouTubeMoms bisa berlatih pernafasan dari rumah, kapan saja Moms ada waktu. Efek positif latihan pernafasan di antaranya selain membantu tidur lebih nyenyak, juga persiapan untuk menarik nafas saat mengejan dalam proses persalinan nanti.

Persiapkan segala sesuatu dengan cermat menyongsong kelahiran si buah hati

Salah satu penyebab stres yang lantas berpengaruh ke kualitas tidur seseorang adalah kekhawatiran mengenai berbagai hal.

Tak terkecuali, seorang ibu yang sedang mengandung buah hatinya kadang dapat merasa stres karena memikirkan banyak hal yang berhubungan dengan pemeriksaan kandungan, perkembangan janin dalam rahim, hingga persiapan persalinan dan mengasuh bayi yang baru lahir nanti.

Nah, salah satu penangkal stres yang cukup manjur, yang tentunya akan membuat Moms akan merasa lebih lega dan dapat tidur lebih nyenyak, adalah dengan melakukan persiapan cermat untuk segala sesuatunya, saat menunggu kelahiran si kecil.

Caranya? Persiapkan jaring proteksi bagi Moms dan si calon bayi lewat asuransi kehamilan dan persalinan yang mumpuni.

MAMA, program baru khusus bumil dari Generali Indonesia dan RS MMC Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal RS MMC Jakarta? Rumah sakit ini kondang dengan reputasinya yang luar biasa bagus. Terutama klinik maternity-nya yang bertabur dokter spesialis obstetri ginekologi yang juga rata-rata sangat terkenal. Selain melayani pemeriksaan kehamilan hingga proses persalinan, RS MMC Jakarta juga terkenal dengan klinik IVF alias program bayi tabungnya yang tingkat kesuksesannya di atas rata-rata. Berbagai seleb Indonesia pun dikabarkan melahirkan bayi mereka di rumah sakit di bilangan Karet Kuningan ini.

Generali Indonesia x RS MMC Jakarta - MAMA Program untuk Ibu Hamil

Nah, saat ini Generali Indonesia telah menjalin partnership dengan RS MMC Jakarta, dalam program yang diberi sebutan MAMA, An Ultimate Care and Protection.

Program ini mengajak setiap ibu hamil yang sedang menanti kelahiran buah hatinya untuk bergabung dan mendapatkan berbagai benefit menarik.

Beberapa benefit program MAMA by Generali Indonesia x RS MMC:

  • Jaminan mendapatkan kelas VIP saat bersalin nanti.
  • Paket bersalin lengkap seharga mulai dari Rp 25 juta rupiah (harga reguler paket bersalin RS MMC Jakarta biasanya dimulai dari Rp 45 juta rupiah, lho, itu artinya Moms akan mendapatkan diskon hampir 45 persen dari harga normal! Wow, luar biasa kan?)
  • Proteksi lengkap untuk Moms dan si calon buah hati.

Untuk info lebih lanjut, Moms bisa langsung datang ke RS MMC Jakarta, ya, di alamat di bawah ini.

RS MMC Jakarta
Metropolitan Medical Centre, Jl. HR Rasuna Said Kav. C-21
Karet Semanggi, Jakarta Selatan 12940.

Atau Moms bisa juga langsung menghubungi nomor telepon RS MMC Jakarta di nomor (021) 520-3435.

Selamat menjalani kehamilan dengan ceria dan bahagia, ya, Moms!

 

 

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!

Aman dan nyaman bermain bersama anak di bawah terik matahari