Pengaturan finansial yang tepat bagi pasangan muda atau kamu yang berencana menikah

Healthy Wealth 30 Desember 2018

Menikah, atau berencana menikah, tidak hanya langkah besar secara psikologis dan mental, tapi juga secara tanggungjawab finansial. Yang terpenting dalam pengaturan finansial pasangan adalah dua hal: Terbuka dan Teratur.

Samakan dulu visi dan misi

Duduklah bersama-sama dengan calon pasangan, kemudian bicarakan secara terbuka mengenai situasi keuangan masing-masing, dan bagaimana pengaturan yang ingin kalian terapkan saat sudah resmi menikah nanti. Jangan menutup-nutupi apapun - jelaskan secara jujur bagaimana kondisi keuangan saat ini, apa saja penghasilan kalian, apakah dari gaji atau investasi lainnya, dan apa cita-cita masing-masing seputar finansial.

Apakah kalian akan membuka akun bersama setelah menikah nanti, ataukah tetap memisahkan pendapatan dan pengeluaran masing-masing? Samakan visi dan misi kalian karena setelah menikah nanti, kalian akan menjadi satu tim dan satu keluarga, yang tentunya punya tanggungjawab bersama, bukan lagi seperti ketika masih lajang dulu.

Sepakati anggaran bulanan

Mengatur finansial dimulai dari kesepakatan mengenai anggaran. Karena kalian akan tinggal bersama setelah menikah nanti, kalian harus menyepakati siapa yang akan menanggung apa - bila kalian akan tinggal sendiri, baik itu milik kalian sendiri atau masih menyewa, setujui bersama anggaran bulanan untuk semua keperluan dan darimana saja pos pendapatan yang akan membiayai masing-masing komponen dari anggaran bulanan.

Carilah jalan tengah yang bijaksana dan tepat bagi semua pihak, dan sisihkan anggaran untuk simpanan jaga-jaga, karena sebagai pasangan muda, kalian juga harus memperhitungkan kemungkinan kamu sebagai istri bisa saja resign dari pekerjaan nantinya ketika akan program hamil dan melahirkan.

Menabung

Selain simpanan jaga-jaga, seperti semua pasangan muda, kalian juga tentunya punya cita-cita besar untuk masa depan, seperti membeli rumah, mobil, atau pergi berlibur bersama. Pos tabungan ini juga perlu untuk dipikirkan. Aturlah kontribusi dari masing-masing pihak, baik kamu maupun suami, berapa banyak yang bisa kalian sisihkan setiap bulannya.

Selain itu, setiap pengeluaran yang didanai dari rekening gabungan milik kalian berdua juga harus disetujui bersama - dan tentunya jangan lupa untuk mencatatnya sehingga kalian masing-masing selalu ingat untuk keperluan apa saja uang tersebut digunakan.

Ketatkan pengeluaran

Hal terbaik mengenai menikah adalah menyatukan pengeluaran. Ketatkan semua pos dimana kalian bisa menghemat, misalnya, untuk di rumah, cukup satu akun internet dan TV kabel saja - hemat budget makan mingguan dengan memasak alih-alih selalu makan di luar, dan belajarlah menjelajah pasar modern (atau tradisional) untuk mendapatkan bahan makanan yang lebih segar dengan harga lebih murah.

Meskipun sedang penghematan, tetap anggarkan satu hari dimana kalian bisa menikmati waktu berdua, jalan-jalan di mal misalnya, plus nonton di bioskop dan kencan di restoran - hiburan seperti ini penting supaya hubungan pernikahan tetap solid dan tidak jadi rutinitas yang membosankan.

Lindungi masa depan bersama

Satu hal yang perlu kalian pikirkan, adalah bagaimana melindungi masa depan bersama. Lewat produk asuransi iPlan dari Generali, investasi sekaligus proteksi masa depan seluruh keluarga pun dapat terlindungi. Mulai dari menjaga kesehatan hingga pertanggungan asuransi jiwa, iPlan memiliki berbagai manfaat yang penting bagi pasangan muda - apalagi dengan hadirnya si buah hati kelak!

Yang terakhir, komunikasi adalah kunci kesuksesan pernikahan, baik secara hubungan maupun secara finansial. Selalu bicarakan bersama segala keputusan yang melibatkan kedua pihak, besar ataupun kecil - bangun kepercayaan dan pupuk cinta kasih dengan komunikasi yang tepat, dengan sendirinya manajemen finansial pun akan dengan lebih mudah dijalankan.

Kamu sedang menabung untuk membeli rumah pertamakalinya, atau sedang belajar mengatur pengeluaran? Atur keuanganmu dengan pintar, pelajari bagaimana meningkatkan jumlah tabungan dengan manajemen uang dari ahlinya!

Budget minimalis untuk pernikahan yang tetap meriah dan maksimal berkesannya

Beli gadget terbaru, tak perlu super mahal