Suplemen terbaik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Safety Rabu, 28 September 2022
Suplemen terbaik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Suplemen terbaik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Sudah melewati usia 35 tahun? Ini saatnya mulai memperhatikan kesehatan dengan lebih seksama. Di atas usia 35, kamu pastinya sudah mulai merasakan hal-hal seperti: lebih cepat capek, tidak bisa terlalu banyak begadang seperti di usia 20an dulu, gampang kena pilek dan batuk – dan, satu problem kesehatan yang sering sekali terjadi pada orang usia 35-an ke atas adalah mulai punya darah tinggi serta kolesterol. Ayo, ngaku kalau hal ini semua betul-betul “kamu banget”!

Usia 35-an ke atas, mulai jaga pola makan dan punya pantangan

Saat berulangtahun ke-35, banyak dari kita lalu memutuskan untuk mulai memperhatikan apa yang kita makan. Pola makan yang teratur, tidak skip waktu makan, makan makanan yang bergizi, mengurangi makanan berlemak dan penuh gula.

Ini sudah sewajarnya dilakukan. Sebab, sejatinya tubuh manusia memang semakin banyak masalah saat semakin menua. Termasuk masalah jantung dan pembuluh darah.

Makin banyak orang kena sakit jantung di Indonesia

Ternyata, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Indonesia, setidaknya 1,5 persen dari masyarakat Indonesia menderita penyakit jantung. Didominasi oleh jantung koroner dengan prevalensi kasus tertinggi di daerah perkotaan, ternyata serangan jantung juga menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Faktor pemicu serangan jantung

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya serangan jantung. Mulai dari jenis kelamin (laki-laki ternyata lebih rentan terkena serangan jantung), usia, berat badan (orang dengan berat badan berlebih juga berpotensi lebih besar mengalami serangan jantung), riwayat penyakit dan herediter / keturunan dari keluarga, serta gaya hidup (merokok, minum alkohol, stres, sering begadang dan hidup sedentari / tidak pernah olahraga adalah beberapa hal yang tidak mendukung kesehatan jantung).

Hidup lebih sehat, untuk perbaiki kesehatan jantung

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, berhenti merokok dan minum alkohol, adalah dua usaha baik untuk perbaiki kesehatan jantung.

Selain itu, berolahraga secara rutin, meski dengan olahraga ringan seperti jalan santai, selama 20-30 menit minimal 3 kali seminggu, juga mendukung kesehatan – tak hanya kesehatan jantung, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manajemen stres yang baik juga berguna untuk kesehatan jantung – sebab, saat kita stres, hormon kortisol naik. Hormon ini membuat kita waswas, deg-degan dan jantung bekerja lebih cepat, tekanan darah naik. Karena di jaman now kita tidak bisa seratus persen menghindari stres, setidaknya belajar mengatasi atau meminimalisirnya, dengan bantuan latihan pernafasan dan mindfulness (selengkapnya mengenai mindfulness bisa dibaca di artikel Generali pada tautan ini).

Jantung sehat dengan suplemen nutrisi yang baik

Selain memperbaiki gaya hidup, kesehatan jantung juga harus didukung dengan nutrisi yang baik pula.

BIG NO untuk kesehatan jantung: makan makanan manis dengan kadar gula tinggi, makanan yang banyak diproses dan diberi pengawet, makanan dengan lemak jenuh seperti gorengan, makanan yang memicu kolesterol tinggi seperti daging kambing, jeroan – sebetulnya, semua makanan ini tetap boleh dikonsumsi, tapi dengan moderasi. Sesekali saja makan makanan-makanan tersebut, dan dalam jumlah yang masuk akal, tidak apa-apa. Asal jangan setiap hari, ya.

YES untuk kesehatan jantung: makan makanan segar yang minim proses pengolahan dan tidak mengandung pengawet, buah-buahan plus sayur-sayuran segar, makanan dengan lemak baik seperti berbagai ikan laut yang mengandung Omega 3.

Suplemen yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung

Apa saja vitamin dan mineral yang baik untuk jantung kita?

Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar, mendukung kinerja jantung. Semakin kita bertambah usia, kemampuan kita untuk menyerap Vitamin B12 semakin menurun, jadi asupannya pun harus ditambah.

Vitamin B12 bisa didapatkan lewat konsumsi: makanan yang mengandung Vitamin B12 dapat ditemukan secara alami dalam produk hewani, seperti ikan, daging, telur, dan produk susu.

Vitamin D

Vitamin D, si Vitamin Matahari, membantu melindungi kita dari segala macam penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut. Mulai dari mencegah diabetes hingga penyakit jantung, Vitamin D juga membantu kita mempertahankan massa otot.

Vitamin D kebanyakan didapat lewat sinar matahari, tapi juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi: ikan salmon, bayam, ikan tuna, daging merah, dan jamur.

Magnesium dan potassium

Peranan magnesium dan potassium adalah mengatur tekanan darah dan memperlancar fungsi-fungsi organ dalam tubuh.

Magnesium dan potassium didapatkan dengan mengonsumsi: pisang dan alpukat untuk potassium, sedangkan magnesium sebaiknya didapatkan dari konsumsi tablet suplemen, sebab magnesium alami lebih sulit untuk diserap tubuh ketimbang magnesium dalam tablet suplemen.

Omega 3

Omega 3, si lemak baik, punya sejuta manfaat untuk tubuh kita. Tak hanya mengurangi risiko kena penyakit jantung, Omega 3 juga mendorong kesehatan otak kita.

Omega 3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi: ikan laut seperti salmon, kemudian dari telur ayam. Bila kamu tidak terlalu suka makan ikan, ada kapsul suplemen Omega 3 yang tersedia di pasaran, yang umumnya dibuat dari minyak ikan salmon atau minyak ikan cod.

Probiotik

Flora usus yang seimbang, membantu kesehatan pencernaan dan membentengi kita dari berbagai penyakit lewat kekebalan tubuh yang paripurna. Penting untuk mengontrol mood, membantu keseimbangan berat badan dan berbagai fungsi lainnya, probiotik juga mendukung kesehatan jantung lewat penguatan sistem imun tubuh.

Asupan probiotik didapatkan dengan mengonsumsi: berbagai makanan yang difermentasi, seperti kimchi, asinan sayur, kombucha dan yoghurt.

Apakah kita butuh suplemen dalam bentuk tablet / kaplet?

Sebetulnya, saat kita makan seimbang – empat sehat lima sempurna – kita semestinya tidak terlalu membutuhkan suplemen dalam bentuk tablet / kaplet. Tapi, bagi orang dalam usia aktif yang sibuk, atau orang yang punya masalah penyerapan vitamin, suplemen dalam bentuk tablet / kaplet mungkin bisa membantu untuk menambah asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh ini.

Seperti apa contoh menu makanan yang mendukung kesehatan jantung?

Pola makan yang disebut dengan “Diet ala Mediterania / Mediterranean Diet” saat ini populer di seluruh dunia, karena diet ini disinyalir dapat menunjang kesehatan jantung.

Diet ini adalah diet yang mengutamakan makan makanan yang segar, ikan laut seperti salmon dan tuna, sayur berwarna-warni seperti tomat dan paprika, sayur selada dan buah zaitun / olive, baik itu dalam bentuk minyak maupun dalam bentuk buah olive yang sudah direndam dalam larutan garam.

Adaptasi Diet ala Mediterania ke Indonesia

Nah, diet ini bisa kita adaptasikan dengan “rasa Indonesia”.

Ganti ikan salmon yang harganya relatif mahal dengan ikan bandeng dan ikan mas – bahkan ikan lele – karena ternyata ikan khas Indonesia ini juga mengandung tak kalah banyak Omega 3, vitamin dan mineral di dalamnya.

Selang-seling penggunaan minyak zaitun dengan minyak kelapa murni asli Indonesia, yang juga punya khasiat menghadang bakteri, jamur dan virus – minyak kelapa murni merupakan penangkal infeksi alami.

Untuk sayurnya, sayur yang berwarna-warni seperti tomat dan paprika, bisa ditambah terong, lalu ditumis bersama rempah-rempah dan cabai untuk citarasa yang lebih Nusantara. Sedangkan sayur selada bisa dikonsumsi mentah saja, sebagai lalapan pelengkap.

Biasakan sarapan dengan yoghurt dan buah. Untuk makan siang dengan lauk ikan atau ayam dan sayuran, boleh ditambah sedikit karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum. Sedangkan di malam hari, hindari terlalu banyak makan karbohidrat, utamakan sayuran dan protein.

Kesehatan jantung ditingkatkan dalam jangka waktu panjang

Jangan berharap segala sesuatu yang instan, ya! Kesehatan jantung ditingkatkan dalam jangka waktu yang panjang dan butuh konsistensi. Tetap rajin berolahraga, terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik secara konsisten, maka dengan sendirinya kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan semakin baik.

Sehat + Makmur + Bahagia = BeSMART kuncinya!

Setelah membaca semua tips untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, sekarang saatnya persiapkan hal lain yang tak kalah penting: proteksi tambahan untuk masa depan yang cerah.

Siapa sih yang nggak mau tetap Sehat + Makmur + Bahagia? BeSMART kuncinya. BeSMART dukung kamu maju tanpa ragu. Produk asuransi tradisional dengan perlindungan menyeluruh, melindungi kamu dan sekeluarga tanpa kompromi.

BeSMART juga bisa dibuat semakin paripurna dengan rider asuransi tambahan, seperti Generali HealthCare Solution (GHS), yaitu manfaat penggantian rawat inap dan rawat jalan. Nah, kemudian, salah satu manfaat BeSMART yang juga sangat penting adalah "Critical Illness Benefit", yaitu Manfaat Tambahan yang memberikan manfaat perlindungan terhadap penyakit kritis seperti serangan jantung, stroke, kanker, dan sebagainya sesuai ketentuan dalam Polis.

Kamu bisa hubungi agen Generali terdekat di kotamu untuk tahu lebih lanjut mengenai bagaimana memulai program BeSMART-mu sendiri.