Akhir-akhir ini, kamu mungkin kerap melihat dan mendengar tentang ChatGPT di dunia maya. ChatGPT ini sendiri merujuk pada model bahasa AI (Artificial Intelligence) yang dikembangkan oleh OpenAI, di mana ChatGPT bisa menghasilkan teks atau melakukan interaksi serupa dengan yang dilakukan oleh manusia, berdasarkan input yang diberikan padanya. 

Kehadiran ChatGPT ini sendiri dianggap akan memengaruhi ragam industri yang ada saat ini, termasuk industri asuransi dan kesehatan. Masa depan industri dan kesehatan pun akan jadi berbeda dengan kehadiran ChatGPT ini.

Dalam industri asuransi, ChatGPT telah digunakan dalam lingkungan langsung atau pilot untuk otomatisasi dan streamline layanan pelanggan, underwriting, pengolahan klaim, dan bahkan pengolahan risiko. Simak berikut ini bagaimana efek dari kehadiran ChatGPT tersebut bagi industri asuransi dan kesehatan. 

Baca Juga : Teknologi terkini agar selalu aman berkendara

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan 

Penggunaan ChatGPT dalam pengalaman pelanggan di industri asuransi dan kesehatan cenderung bersifat positif. Bagaimana tidak, ChatGPT akan memungkinkan meningkatnya engagement dengan pelanggan, karena chatbot yang dihadirkan oleh ChatGPT akan bisa menjawab deretan pertanyaan dari pelanggan, kapan saja pelanggan membutuhkannya. 

Pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya umum, tidak perlu lagi harus dihadapi oleh customer service karena ChatGPT bisa dengan mudah melakukannya. Dengan begini, customer service bisa dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan yang memang fokus pada permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan, terkait dengan produk atau layanan industri asuransi dan kesehatan tersebut.

Bagaimana bisa ChatGPT melakukan hal tersebut? Tentu saja karena sudah diprogram dan diformulasi dengan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pelanggan sebelumnya. Kamu sendiri mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan chatbot yang menjawab pertanyaanmu, saat sedang menggunakan aplikasi tertentu. 

Dengan perkembangan teknologi seperti ChatGPT, industri asuransi dan kesehatan di Indonesia dapat melihat peningkatan efisiensi, akses yang lebih baik ke layanan, dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang produk dan layanan yang tersedia. Selain itu, implementasi sukses ChatGPT dalam kedua industri ini juga menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Membantu Proses Underwriting dan Claims Handling 

Underwriting dan claims handling merupakan 2 proses yang sangat penting sifatnya dalam asuransi. Underwriting merujuk pada penilaian risiko yang dapat diterima oleh perusahaan asuransi dan menentukan besaran premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis. Sedangkan claims handling merupakan penanganan atas klaim yang diajukan oleh pemegang polis. 

Lantas, bagaimana ChatGPT dapat membantu dalam proses underwriting dan claims handling ini? ChatGPT akan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dari pemegang polis untuk kebutuhan underwriting dan klaim, tanpa melibatkan agen asuransi secara langsung. ChatGPT akan mengirimkan informasi ke stakeholder, untuk melakukan evaluasi dan memutuskan jumlah ganti rugi.  

Selain mengumpulkan informasi dari pemegang polis, ChatGPT juga akan mengirim pengingat atau notifikasi secara otomatis pada pemegang polis terkait status klaim yang diajukannya. Keberadaan ChatGPT akan membuat proses underwriting dan klaim jadi lebih mudah, karena pemegang polis tidak harus selalu menunggu dan mengikuti arahan dari agen asuransi. 

Baca Juga : Bebas incaran hacker: ini caranya menggunakan teknologi smart home yang tetap aman!

Menurunkan Biaya 

Terdapat potensi ChatGPT dalam meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya di industri asuransi dan kesehatan. Kehadiran ChatGPT bisa menjawab banyak pertanyaan dari pelanggan dan mengumpulkan data pelanggan dengan cepat. Alhasil, industri asuransi dan kesehatan bisa meningkatkan layanan pelanggannya, tanpa harus mempekerjakan agen customer service yang banyak.  

Jika tidak banyak agen costumer service yang dibutuhkan, tentu saja akan bisa memangkas anggaran untuk membayarkan gaji customer service tersebut. Industri asuransi dan kesehatan bisa menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan lain, demi mengembangkan industri tersebut ke depannya. 

Meningkatkan Pengambilan Keputusan 

ChatGPT bermanfaat untuk meningkatkan pengambilan keputusan di industri asuransi dan kesehatan. Calon pelanggan kerap kali mengalami kesulitan dalam menentukan produk asuransi apa yang sesuai dengannya. Pada kondisi ini, ChatGPT akan memberikan saran pada calon pelanggan mengenai produk yang cocok untuknya, berdasarkan informasi yang diberikan calon pelanggan. 

Integrasi dengan Teknologi Lain untuk Meningkatkan Layanan 

ChatGPT bisa diintegrasikan dengan teknologi lain, dengan tujuan untuk meningkatkan layanan di industri asuransi dan kesehatan. Contoh simpelnya saja, ChatGPT bisa diintegrasikan ke situs resmi perusahaan asuransi atau diintegrasikan dengan platform atau aplikasi perpesanan seperti Whatsapp, dalam rangka melayani pelanggan dan calon pelanggan industri asuransi dan kesehatan. 

Meningkatkan Aksesibilitas dan Inklusi 

Kehadiran ChatGPT dalam industri asuransi dan kesehatan akan bisa membantu meningkatkan aksesibilitas dan inklusi di industri tersebut. Akses yang sangat mudah untuk mengetahui produk asuransi yang tersedia dan sesuai dengan calon pelanggan tersebut, bisa dihadirkan oleh ChatGPT.

Calon pelanggan tidak perlu harus menghubungi agen asuransi terlebih dahulu, karena ChatGPT yang menjadi penyedia layanan paling depan untuk masyarakat. Akses atas informasi produk asuransi akan sepenuhnya dihadirkan oleh ChatGPT. Alhasil, calon pelanggan akan merasa terbantu dan mudah menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.   

Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Komunikasi 

Sibuknya layanan pelanggan manual yang dihadirkan oleh industri asuransi, kerap kali membuat pelanggan menjadi merasa tidak dihargai dan harus menunggu lama untuk bisa menyelesaikan masalahnya. Nah, hal seperti ini tidak akan terjadi lagi dengan hadirnya ChatGPT. ChatGPT secara otomatis akan menjawab pertanyaan dari pelanggan, sehingga pelanggan jadi merasa dihargai.

ChatGPT telah digunakan dalam layanan kesehatan untuk memfasilitasi komunikasi antara pasien, penyedia asuransi, dan profesional kesehatan, serta membantu personel kesehatan dalam tugas-tugas rutin seperti generasi laporan dan transkripsi

Baca Juga : Jaga kesehatan mental dengan bantuan teknologi terkini

Pastikan Biaya Pendidikan Anak Terpenuhi dengan Asuransi Pendidikan Generali 

Semakin mahalnya biaya pendidikan, membuat kamu sebagai orang tua harus memutar otak untuk memastikan kebutuhan anak akan pendidikan bisa terpenuhi hingga jenjang yang paling tinggi. Salah satu cara untuk membantu mewujudkan hal tersebut adalah dengan memilih asuransi pendidikan Cemerlang Scholar yang dihadirkan oleh Generali. 

Cemerlang Scholar merupakan asuransi pendidikan yang bisa memberi kepastian perlindungan dengan 110 persen premi kembali untuk manfaat beasiswa si buah hati. Dengan adanya jaminan biaya pendidikan ini, kamu akan bisa memastikan si buah hati mendapat akses pendidikan hingga dia dewasa nanti. Preminya pun terjangkau, yakni mulai dari Rp108.000 saja per bulan.

Kehadiran ChatGPT digadang-gadang akan membawa perubahan pada banyak industri, termasuk industri asuransi dan kesehatan. ChatGPT akan bisa membantu meningkatkan layanan pelanggan, mengurangi biaya, hingga mempermudah proses underwriting dan klaim di asuransi. Bagaimana, sudah siap menyambut masa depan baru industri asuransi dan kesehatan dengan ChatGPT?   

Sumber

  • Naveen. (2022, Oktober 19). How Chatbots For Insurance Are Being Used In 2022. Kommunicate. Diakses pada tanggal 4 Februari 2023 melalui https://www.kommunicate.io/blog/chatbots-for-insurance/
  • Alagh, Harshika. (2022, April 26). 7 Use Cases Of Chatbots In The Insurance Industry. Yellow.ai. Diakses pada tanggal 4 Februari 2023 melalui https://yellow.ai/chatbots/use-cases-of-chatbots-in-insurance-sector/
  • Silva, Christianna. (2023, Februari 01). Everything you need to know about ChatGPT. Mashable. Diakses pada tanggal 4 Februari 2023 melalui https://mashable.com/article/what-is-chatgpt
  • ScienceDirect. (2023, Februari 01).  ChatGPT for healthcare services: An emerging stage for an innovative perspective. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2023 melalui https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2772485923000224​​.
Tracking Inilah Masa Depan Industri Asuransi dan Kesehatan dengan ChatGPT
Bagikan
suka artikel ini :