Tips praktis untuk membereskan rumah: bersihnya maksimal, capeknya minimal!

Healthy Protection 08 November 2019

Berbenah rumah sekaligus membersihkan semua bagiannya memang salah satu pekerjaan yang kurang menyenangkan, apalagi kalau harus dilakukan saat weekend. Supaya acara bersih-bersihnya berlangsung cepat, efisien dan maksimal, ikuti beberapa tips dari kami berikut ini.

Membersihkan dapur

Soda kue dan air hangat adalah senjata ampuh untuk membersihkan kotoran di dapur. Campurkan soda kue dengan air hangat untuk membersihkan berbagai permukaan mulai dari microwave, kompor sampai meja dapur. Campuran soda kue dengan air juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian bawah panci dan penggorengan yang kotor—rendam saja panci dan penggorengan dalam air yang sudah dicampur soda kue, biarkan selama setengah jam, jelaga dan noda-noda bisa langsung hilang sekali gosok.

Selain itu, soda kue juga bisa jadi penghilang bau di kulkas dan di tempat cuci piring—taburkan sejumput baking soda ke permukaan yang berbau tak sedap, diamkan sejenak, baru dilap bersih—atau tuang ke dalam lubang pembuangan air untuk memberantas sumbatan.

Campuran sakti ini juga berfungsi untuk membersihkan lantai ubin dan tegel—basahi lantai dengan campuran soda kue dan air hangat, diamkan sejenak—setelah itu, kamu bisa bersihkan semua kotoran yang menempel di lantai dengan mudah, menggunakan spons cuci piring dan kain pel.

Membersihkan ruang duduk

Remajakan kembali sofa yang warnanya sudah kusam lewat sikat gosok. Gosok sofa dengan sikat sebelum membersihkannya dengan pengisap debu, supaya semua kotoran ikut hilang tersedot dan warna sofa kembali cerah maksimal. Lakukan ini seminggu sekali.

Hilangkan bekas minyak dan lemak dengan garam—taburi noda bekas minyak atau lemak dengan garam, biarkan selama setengah jam, kemudian lap bersih.

Kembali gunakan si benda ajaib alias soda kue untuk menghilangkan bau tak sedap di karpet dan bantal dudukan sofa—taburi dengan soda kue, biarkan selama 30 menit sebelum dilap bersih.

Membersihkan kamar mandi

Lagi-lagi, soda kue bisa jadi solusi alamiah yang bebas bahan kimia beracun untuk menanggulangi kelembaban di kamar mandi. Campur soda kue dan cuka sampai membentuk pasta kental, ratakan pada permukaan yang berjamur atau berlumut di setiap sudut kamar mandi, biarkan selama setengah jam lalu gosok bersih dengan sikat gigi supaya bisa menjangkau sudut-sudut kecil.

Campurkan cuka dan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan noda bekas air pada keran dan kepala shower - basahi permukaan yang hendak dibersihkan dengan campuran cuka dan air jeruk nipis, biarkan selama paling tidak satu jam sebelum membilasnya dengan bersih, supaya kadar keasaman cuka dan jeruk nipis punya waktu cukup untuk membersihkan noda bekas air secara total.

Selain mudah didapat, tak sulit diterapkan dan relatif murah, bahan-bahan pembersih ini juga lebih natural dan ramah lingkungan. Yuk, mulai bersihkan rumah dengan tips ini, weekend mendatang!

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini:

8 hal yang dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran kecil di rumah

Hindari kecelakaan saat merakit mebel di rumah

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita