Kiat jitu menyewa tempat tinggal terbaik

Healthy Wealth 20 November 2018

Berburu tempat tinggal untuk disewa di perkotaan yang dekat dengan kantor merupakan salah satu hal terpenting yang tak boleh ditunda-tunda. Berikut ini beberapa kiat jitu untuk mencari tempat tinggal yang terbaik sesuai dengan keinginanmu.

Siapkan hal-hal penting terlebih dulu

Sebelum mulai mencari tempat tinggal untuk disewa, siapkan terlebih dulu hal-hal penting yang dibutuhkan untuk proses sewa-menyewa, misalnya identitas pribadi seperti fotokopi KTP dan kartu keluarga serta dokumen pendukung seperti surat keterangan bekerja dan slip gaji dari perusahaan. Ini penting untuk mempermudah pencarian dan proses sewa-menyewa - saat ada yang cocok, kamu tinggal berikan semua dokumen ini ke agen atau pemilik.

Atur anggaran

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen penting, tentukan anggaranmu. Ke dalam anggaran, selain uang sewa, uang garansi atau deposit, jasa agen dan biaya pindahan, masukkan juga pos untuk pengeluaran tak terduga. Dengan persiapan ini, kamu akan meminimalisir kemungkinan biaya membengkak di luar perkiraan.

Cari informasi lewat internet

Jangan terburu-buru memilih tempat tinggal untuk disewa sebelum melakukan riset dan perbandingan, karena saat berburu tempat tinggal, riset itu penting. Dengan menggunakan internet, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai hunian disewakan di daerah tempat tinggal yang kamu inginkan. Bandingkan harga, lokasi dan kondisi tempat tinggal, juga tipe hunian, seperti apartemen, rumah atau kos eksekutif.

Carilah hunian yang sesuai dengan anggaran - dan bila memungkinkan, cari yang masih dalam kondisi bagus, tidak memerlukan renovasi dan dekat dengan kantor serta fasilitas umum seperti supermarket, gym dan tempat hiburan. Selain itu, jalur transportasi juga penting - apalagi bila kamu belum memiliki kendaraan pribadi, maka jangkauan bus, angkot atau taksi dan ojek online ke daerah hunian penting untuk dipertimbangkan.

Bila kamu masih belum berkeluarga atau merupakan pasangan menikah yang belum memiliki buah hati, kos eksekutif atau apartemen satu kamar atau studio bisa jadi pilihan yang tepat, karena biasanya sudah termasuk perabotan. Sebaliknya, bila kamu sudah berkeluarga dengan anak, apartemen dengan minimal 2 kamar atau rumah rasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

Buat daftar pertanyaan seputar sewa-menyewa

Sebelum mengunjungi calon tempat tinggal idaman, buat dulu daftar pertanyaan yang penting. Contohnya, bagaimana sistem pembayaran? Apakah harus membayar setahun penuh atau bisakah membayar secara bulanan? Berapa watt daya listrik dan apa saja tanggungan bulanan yang harus dibayar? Apakah ada anggaran keamanan atau kebersihan yang harus dikeluarkan setiap bulannya? Berapa uang deposit yang harus dibayarkan? Apakah diizinkan membawa hewan peliharaan? Membuat daftar pertanyaan seputar proses sewa-menyewa bisa membuatmu lebih fokus dan yakin bahwa sang hunian adalah pilihan tempat tinggal terbaik untukmu.

Jangan lupa, baca dengan seksama draft surat kontrak sewa-menyewa, sebelum membayar uang tanda jadi atau menandatangani persetujuan apapun.

Selamat berburu tempat tinggal!

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini:

Praktis & hemat: tips renovasi rumah sendiri 

Tips untuk memulai hari dengan lebih enerjik