Hal-Hal Terunik & Menarik Yang HANYA Ada di Indonesia Saja!

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Selalu dipuja-puja bangsa

Disana, tempat lahir beta
Dibuai, dibesarkan bunda
Tempat berlindung dihari tua
Tempat akhir menutup mata

Tunjuk tangan kalau kamu barusan ikut menyenandungkan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki yang liriknya tertulis di atas barusan. Seberapa bangganya kamu terlahir sebagai orang Indonesia? Indonesia adalah negeri kepulauan di khatulistiwa yang begitu kaya akan sumber daya alam, tapi juga kaya akan budaya dan terkenal akan keramahan penduduknya.

Kalau kamu terlahir sebagai orang Indonesia, maka kamu harus bangga!

Selain sumber daya alam, budaya dan keramahan, Indonesia juga punya sejuta pesona sekaligus keunikan yang HANYA ADA di negeri kita. Apa saja hal terunik dan menarik yang cuma bisa ditemui di Indonesia?

Kali ini, Generali sajikan untukmu, 17 hal menarik dan terunik yang khas banget dengan negara kita tercinta, Indonesia. Yuk, baca sampai habis artikelnya, supaya kamu tambah bangga sudah terlahir jadi warga +62.

1. Hampir 25% garis pantai dunia, ada di Indonesia!

Ya, Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia, dengan wilayah perairan seluas 93 ribu kilometer persegi. Tugas Presiden dan Menteri Kelautan Indonesia cukup berat menjaga kedaulatan seluruh wilayah laut Nusantara. Tak heran, tindakan tegas Ibu Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia 2014-2019, kemudian jadi viral dengan kalimat ikoniknya: “Tenggelamkan!” untuk para kapal asing yang melakukan pelanggaran hukum di Indonesia.

2. Patung tertinggi ke-3 di dunia, ada di Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di Jimbaran, Bali, adalah patung tertinggi ketiga di dunia. Dengan ketinggian patung dan alasnya setinggi 121 meter, dan jangkauan rentang sayap garuda selebar 46 meter, patung ini beratnya mencapai 900 ton dan menelan biaya pembangunan sebesar kurang lebih Rp 450 miliar. Wow!

3. Pulau Komodo: satu-satunya relik peninggalan zaman purba yang masih hidup

Berasal dari 40 juta tahun lalu, kadal raksasa pemakan daging yang cukup ganas ini, bisa mencapai panjang 3 meter dan berat hingga 70 kilogram – meski rekor komodo terbesar yang ditemukan mencapai berat 166 kilogram. Kadal raksasa ini hidup dalam cagar alam terutama di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, namun juga ditemukan di Pulau Flores dan Gili Motang.

4. Hidup berdampingan dengan leluhur di Tana Toraja

Di Tana Toraja, untuk menghormati para leluhur yang sudah meninggal, setiap tiga tahun sekali dilakukan prosesi adat kematian yang dikenal dengan Ma’Nene. Ritual ini adalah pembersihan jasad para leluhur yang bahkan sudah meninggal ratusan tahun lalu! Ma’Nene dari bahasa Toraja artinya mengganti pakaian nenek moyang. Maka, saat ritual ini dilakukan, para keturunan yang masih hidup akan membersihkan jasad nenek moyang dengan menggantikan baju, untuk kemudian disemayamkan kembali di pekuburan keluarga.

5. Roti Buaya, seserahan pengantin Betawi

Kamu tinggal di Jakarta? Pernah diundang menghadiri acara perkawinan khas orang Betawi? Ada satu seserahan wajib saat acara pernikahan asli masyarakat suku Betawi, yaitu Roti Buaya. Roti berbentuk buaya ini cukup besar, sepanjang 50 cm hingga 1 meter, dibawa oleh pengantin pria saat acara pernikahan berlangsung.

Meski konotasi “buaya” sering mengacu pada istilah “buaya darat” alias laki-laki yang tidak setia, tapi ternyata konon masyarakat Betawi percaya bahwa buaya adalah hewan setia yang seumur hidup hanya kawin sekali saja, jadi justru berbanding terbalik dengan konotasi buruk masa kini. Diharapkan, kedua mempelai akan selalu setia satu sama lain dengan kehadiran Roti Buaya saat resepsi pernikahan.

6. Pawang hujan untuk setiap acara penting

Setiap ada acara penting yang diadakan di luar ruangan, maka jasa pawang hujan sudah dipastikan akan dibutuhkan. Ya, masyarakat Indonesia masih percaya bahwa kehadiran sang pawang hujan akan mencegah turunnya hujan yang mengganggu acara.

7. Rendang, makanan terenak di dunia, berasal dari Sumatera Barat

Siapa yang tak kenal rendang daging sapi khas Padang? Ternyata, rendang khas Indonesia dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia nomor 1, selama 8 tahun berturut-turut, dalam ranking “World’s 50 Most Delicious Foods” versi CNN International. Memang, nasi putih panas disantap bersama dengan rendang, onde mande lamak bana!

8. Batik, kerajinan kain khas Indonesia dari Jawa

Batik, dalam bahasa Jawa kuno, artinya “menghubungkan titik-titik menjadi gambar pada kain”. Membatik, dapat juga dimaknakan sebagai “menggambar” atau “menulis”. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada.

9. Musa Ingens, pohon pisang terbesar di dunia, hanya ada di Papua

Pohon pisang Musa Ingens yang berasal dari Papua dan hanya ada di Papua, bisa tumbuh mencapai tinggi 25 meter, dengan pelepah daunnya sepanjang 5 meter dan lebar daun 1 meter. Satu buah pisang Musa Ingens berukuran panjang sekitar 18 cm dan diameter 4 cm, dengan berat satu tandan bisa mencapai hingga 60 kilogram. Musa Ingens adalah pohon pisang raksasa terbesar di dunia.

10. Bekantan, hewan endemik Pulau Kalimantan

Bekantan, jenis monyet berhidung panjang dengan rambut warna coklat kemerahan, adalah hewan endemik yang hanya ada di Pulau Kalimantan. Primata ini hidup di hutan bakau, rawa-rawa dan hutan di tepi pantai. Satwa ini merupakan salah satu spesies langka yang harus ditingkatkan populasinya dan wajib dilindungi.

11. Nasi Kuning dan Nasi Tumpeng: hidangan wajib perayaan apapun!

Saat ulang tahun, acara kantor, acara selamatan, maupun perayaan dan kesempatan spesial dalam rangka apapun, nasi kuning yang dibentuk jadi tumpeng merupakan hidangan wajib, salah satu yang terfavorit di Indonesia. Comfort food citarasa Nusantara memang tak pernah salah di lidah!

12. Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia

Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, sekaligus menyandang rekor monumen umat Buddha yang terbesar di muka bumi. Dibangun pada abad kesembilan pada masa kekuasaan Dinasti Syailendra, Borobudur terletak di tengah-tengah Pulau Jawa.

13. Suku Bangsa terbanyak di dunia, ya di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa di Indonesia, dengan jumlah bahasa daerah yang terbanyak di dunia pula, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

14. Asal muasal manusia tertua di dalam sejarah dunia

Indonesia adalah tempat dimana fosil manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus Erectus, ditemukan pertama kali. Fosil manusia purba ini diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun lalu.

15. Negara Muslim terbesar di dunia: Indonesia

Indonesia adalah negara dengan Umat Muslim yang jumlahnya terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 88% dari penduduk Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memegang rekor memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia, serta setiap tahunnya memberangkatkan jamaah haji dengan jumlah terbesar di dunia pula.

16. Alam bawah laut yang terindah di dunia

Sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia pun memiliki alam bawah laut yang terindah di dunia. Terumbu Karang Indonesia terbesar di dunia, yaitu sebanyak 18% dari total keseluruhan di dunia. Indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia, yaitu 150 spesies. Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia.

17. Bunga terbesar di dunia, ada di Indonesia

Rafflesia Arnoldii yang tumbuh di hutan tropis pedalaman Pulau Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya sedang mekar maksimal, diameter Raflesia Arnoldii dapat mencapai hingga 1 meter. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara asal bunga raksasa lainnya, yaitu Titan Arum.

 

Bangga jadi orang Indonesia, itu pasti!

Nah, setelah membaca 17 hal terunik dan menarik yang cuma ada di Indonesia, rasanya semakin bangga ya, menjadi bagian dari penghuni Bumi Pertiwi.

Share artikel ini kepada teman-teman, keluarga dan orang terdekatmu!

 

 

Orang Indonesia yang pintar, pasti pilih BeSMART: solusi lengkap proteksi dan investasi

BeSMART adalah produk asuransi tradisional yang memberikan perlindungan berupa Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dunia hingga usia 100 tahun. BeSMART memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk memilih jangka waktu pembayaran premi serta memiliki berbagai jenis Manfaat Tambahan.

BeSMART punya beberapa keunggulan. Mulai dari Pengembalian Premi apabila Tertanggung hidup sampai berusia 81 hingga 90 tahun, beragam manfaat tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, dan Pilihan Masa Pembayaran Premi yang fleksibel.

BeSMART juga punya berbagai benefit ekstra, seperti Booster SA, manfaat tambahan yang memberikan Uang Pertanggungan lebih banyak. Kemudian, ada Critical Illness Benefit, manfaat ekstra perlindungan terhadap penyakit kritis, yang besarnya adalah 50 persen dari Uang Pertanggungan Manfaat Utama.

Let’s BeSMART and get your own protection today!

Bagikan
suka artikel ini :