Asupan gizi lengkap dan penuh nutrisi untuk ibu hamil

Healthy Lifestyle Selasa, 5 Juni 2018
Asupan gizi lengkap bernutrisi untuk ibu hamil

Kamu positif hamil? Selamat! Sekarang waktunya untuk memastikan kamu dan jabang bayi dalam kandungan selalu sehat dengan asupan gizi lengkap dan penuh nutrisi, di saat yang sangat penting ini. Bagusnya, kamu tak perlu pantang atau menghindari semua makanan yang enak-enak, karena sebenarnya mudah sekali untuk makan sehat tapi tetap lezat saat sedang mengandung. Berikut ini beberapa jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil supaya tetap sehat dan cukup nutrisi.

Makanan yang kaya protein

Protein memang penting untuk semua orang, apalagi ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan 10 gram ekstra protein setiap harinya, supaya janin dapat tumbuh dengan baik dan kelak akan lahir dengan cukup berat badan. Selain itu, protein juga membantu badan tetap dalam kondisi fit. Jenis makanan yang mengandung banyak protein termasuk kacang-kacangan (kacang almond, kacang mede, kacang tanah), ikan, daging sapi dan ayam. Selalu pastikan ikan, daging dan ayam sudah dimasak dengan baik dan matang sepenuhnya untuk hindari bakteri salmonella dan keracunan makanan yang bisa sebabkan diare - hal-hal ini bisa berbahaya untuk wanita hamil.  Telur juga diperbolehkan untuk konsumsi ibu hamil, asalkan dimasak dengan matang.

Beberapa contoh masakan penuh gizi untuk ibu hamil: pindang ikan patin, soto ayam dengan telur rebus atau sop daging kacang merah.

Makanan dari olahan susu sapi

Makanan yang berasal dari susu sapi tak hanya kaya protein tapi juga mengandung banyak kalsium, fosfor, vitamin B, zat besi dan magnesium - semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang sehat di dalam rahim. Cobalah lengkapi sarapanmu dengan segelas susu atau semangkuk yoghurt (pilih yoghurt tanpa gula untuk opsi lebih sehat) dengan tambahan buah atau biji-bijian sehat seperti chia dan kacang almond. Bakteri baik di dalam yoghurt juga berfungsi membuat pencernaan semakin sehat, membantu mengurangi komplikasi seperti infeksi Miss V atau pre-eclampsia yang umum terjadi saat hamil dan melahirkan.

Lemak sehat

Wanita hamil sering disarankan untuk membatasi konsumsi makanan laut karena banyak mengandung merkuri. Tapi, tak semua makanan laut mengandung merkuri, lho! Selain itu, lemak sehat Omega 3 di dalam makanan laut juga penting untuk pertumbuhan otak dan kesehatan mata si jabang bayi dalam kandungan. Beberapa jenis ikan yang rendah merkuri dan aman dikonsumsi termasuk salmon, ikan teri dan ikan tenggiri. Konsumsi ikan salmon panggang dua-tiga kali seminggu dapat meningkatkan asupan Omega 3 ibu hamil, plus menambah kadar darah dan vitamin D di dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh dan massa tulang juga terbantu. 

Beta-karoten: si nutrisi ajaib

Selain vitamin D, kamupun dianjurkan menambahkan kadar beta-karoten selama kehamilan. Karena tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, dokter pun merekomendasikan peningkatan konsumsi sayur dan buah yang mengandung beta-karoten selama kehamilan, meski jangan sampai berlebihan, karena overdosis beta-karoten juga tidak baik untuk tubuh. Makanan yang mengandung beta-karoten adalah sayur dan buah yang berwarna kuning, jingga dan hijau, seperti wortel, paprika kuning dan jingga, ubi, brokoli, bayam, serta melon jingga. Konsumsi sayur dan buah setiap hari cukup untuk bantu tingkatkan asupan nutrisi ini.

Empat sehat, lima sempurna

Sejak kecil dulu, di sekolah kita selalu diajari pentingnya keseimbangan asupan gizi dan nutrisi - ini sangatlah penting, apalagi bila sedang mengandung. Terapkan filsafah empat sehat, lima sempurna setiap harinya, agar kamu dan bayi dalam kandungan mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup, yang juga bervariasi mulai dari vitamin dan mineral, serta serat-serat yang baik untuk tubuh. Sarapan dengan susu, telur dan yoghurt, buah-buahan dan kacang-kacangan, perbanyak konsumsi ikan, daging, ayam dan sayur untuk menemani karbo seperti nasi dan kentang saat makan siang dan malam.

Persiapkan masa depan

Kehamilan dan melahirkan adalah sebuah awal baru dalam kehidupan: dalam hidupmu selaku orangtua baru, dan hidup bayi yang akan tumbuh besar menjadi seorang anak. Persiapkan masa depan dari sekarang - hadiah terindah yang dapat kamu berikan untuk si calon anak adalah jaring keamanan untuk kesehatan, pendidikan dan masa depannya, bahkan dari sekarang, saat dia belum hadir ke dunia.

Selamat menikmati setiap tendangan dan gerakan si bayi, dan jangan lupa ikuti tips-tips dari kami agar kehamilanmu lancar sampai melahirkan nanti!

 

Untuk memberikan tambahan perlindungan yang bisa membuat kita sebagai orangtua selalu merasa aman setiap saat, moms bisa mulai berikan proteksi asuransi bagi si buah hati, lewat iPlan - solusi yang paling lengkap dari Generali.

 

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Tips Finansial Untuk Keluarga Saat Hadirnya Anak Pertama

Pentingnya ASI bagi kesehatan ibu dan bayi

Menenangkan bayi yang sedang tumbuh gigi

Penting untuk orangtua! Tips simpel untuk aman berkendaraan bersama bayi dan balita