Pentingnya ASI bagi kesehatan ibu dan bayi

Healthy Lifestyle Kamis, 26 Juli 2018
Manfaat ASI eksklusif untuk ibu dan bayi

Hi moms, banyak manfaat kesehatan dari air susu ibu alias ASI yang umum diketahui, termasuk di antaranya melindungi bayi dari infeksi dan berbagai penyakit, hingga berbagai risiko kesehatan di masa depan seperti kegemukan dan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, apa sajakah kebaikan dari menyusui, dan bagaimana sang ibu juga mendapat manfaatnya? Beberapa dampak positif dari menyusui bisa moms temukan di artikel ini.

Manfaat bagi sang ibu

Aktivitas menyusui turut berkontribusi untuk penyembuhan lebih cepat setelah persalinan, dengan memperbaiki kondisi fisik dan mental sang ibu. Secara fisik, menyusui bayi setelah melahirkan akan membantu rahim untuk mengecil kembali ke ukuran normal. Selain itu, menyusui juga membakar 300 hingga 500 kalori per hari lho, sama dengan berlari sejauh 8 kilometer! Dari segi psikis, menyusui pun membantu meningkatkan hormon oksitosin, si hormon "cinta" yang membuat sang ibu dapat merasa lebih nyaman dan membangun kedekatan antara ibu dan bayinya, lewat sentuhan kulit secara langsung.

Juga termasuk dari keuntungan jangka panjang bagi ibu menyusui: penurunan risiko diabetes, kanker rahim dan kanker payudara. Sebuah riset terkini juga menghubungkan pemberian ASIX (ASI eksklusif) selama 6 bulan pertama memperbaiki kesehatan kardiovaskuler sang ibu di masa depan. Dan, bonusnya, menyusui pun dapat berfungsi sebagai KB alami, karena menyusui secara eksklusif dapat membantu menghambat ovulasi secara alamiah yang menunda kehamilan!

Manfaat bagi si bayi

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi adalah salah satu manfaat terbaik dari pemberian ASIX - tapi, tidak hanya itu manfaatnya! Bayi yang disusui secara langsung juga mendapat benefit penurunan risiko asma, alergi dan obesitas - dan memperkuat rahang serta gigi. ASI juga bebas resiko konstipasi, dan sangat baik untuk menghindari penyakit kuning yang sering terjadi pada bayi.

Beberapa riset juga mengaitkan pemberian ASIX dengan skor IQ lebih tinggi, serta kemampuan kognitif dan membantu perkembangan sang anak, mencukupi kebutuhan nutrisi saat anak sedang dalam masa pertumbuhan.

ASI adalah asupan alamiah yang terbaik untuk bayi yang sehat. Secara psikologis, momen-momen menyusui pun terhubung dengan perkembangan rasa aman untuk sang bayi, serta menyuburkan kasih sayang dan kepercayaan antara ibu dan anak.

 

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat hingga cara untuk dapat tidur lebih nyenyak, semua ada disini!

Punya anak pertama kali di Tahun Babi Tanah? Simak tips seputar finansialnya!

Belajar membuat kue bersama anak: ini tipsnya!

Penting untuk kita orangtua: waspada benturan kepala pada anak

Aman dan nyaman bermain bersama anak di bawah terik matahari

Asupan gizi lengkap dan penuh nutrisi untuk ibu hamil