Tidur lebih nyenyak dengan 8 tips terbaik dari Generali!

Tidur dengan cukup ternyata punya peran penting dalam mempertahankan kesehatan seseorang, lho! Ketika disangkutpautkan dengan kesehatan, tidur yang nyenyak ternyata sama pentingnya dengan rajin berolahraga dan konsumsi diet yang seimbang. Hidup di Indonesia apalagi di kota-kota besar negara kita, kini semakin identik dengan kurangnya tidur.

Penyebab orang Indonesia kurang tidur

Ini beberapa penyebab orang Indonesia masa kini jadi makin kurang tidur, berdasarkan survei yang dilakukan Honestdocs maupun beberapa situs kesehatan lainnya:

  1. Begadang untuk kerja atau belajar
    Sekarang, kita semakin dituntut untuk punya performa bagus bahkan luar biasa bagus, baik di sekolah, kuliah atau tempat kerja. Ini memicu orang jadi kebiasaan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau belajar di rumah sampai larut malam.

  2. Keseringan main HP atau cari hobi dan hiburan digital
    Yuk, pengakuan dulu yuk! Siapa yang suka main HP untuk sekedar ngobrol di WhatsApp, scroll video atau artikel di linimasa Facebook, atau nonton drakor berjam-jam sampai lewat tengah malam? Pasti banyak yang acung tangan!

  3. Polusi Suara
    Polusi tak hanya berkaitan dengan air dan udara saja, tapi ada juga yang namanya polusi suara. Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup, termasuk manusia. Di daerah perkotaan terutama, polusi suara ditimbulkan banyak hal: mulai dari konstruksi bangunan berlangsung, suara kendaraan umum sampai suara pengumuman toa dari RT / RW setempat. Polusi suara jadi salah satu faktor penyebab kualitas tidur orang Indonesia jadi tak maksimal.

  4. Menderita insomnia
    Ternyata banyak juga orang yang menderita insomnia, lho! Insomnia bisa disebabkan banyak hal termasuk depresi, karena itu, bila insomnia ini terjadi pada kamu lebih dari 3 bulan, sudah saatnya cari bantuan tenaga kesehatan, ya.

  5. Mengurus orangtua atau anak
    Di Indonesia, marak yang namanya sandwich generation. Generasi yang mengurus keluarga ke atas dan ke bawah sekaligus. Generasi roti lapis ini punya anak usia kecil (bayi atau balita) yang masih sering bangun malam, plus mungkin juga punya orangtua lansia yang butuh dibantu untuk sekedar ke kamar mandi saat malam hari. Berkuranglah otomatis waktu tidur mereka.

  6. Kelamaan di jalan
    Ini terutama untuk warga kota-kota besar, terutama Jabodetabek.  Kerja di pusat kota, rumah di pinggir kota / kota satelit. Waktu berkomuter sampai 2 hingga 3 jam di jalan, ditambah lembur di kantor, tak jarang orang Indonesia yang baru sampai rumah dinihari saking macetnya lalu lintas. Saat waktu menipis, jam tidur yang dikorbankan.

Akibat dari kurang tidur dengan optimal

Akibatnya, banyak! Mulai dari:

  • Mood swings / perubahan mood yang berganti cepat dari marah ke kesal, ke sedih, ke marah lagi dan sebaliknya
  • Sistem imun menurun jadi rentan terkena penyakit
  • Tidak bisa konsentrasi mengerjakan pekerjaan, sulit fokus pada keadaan sekarang
  • Performa di tempat kerja atau sekolah / kuliah menurun
  • Darah tinggi dan kolesterol
  • Depresi
  • Tambah gemuk
  • Dan lain-lain sebagainya

8 Tips tidur lebih nyenyak dan optimal supaya segar setiap hari

1. Kamar harus super nyaman bikin mager

Kamar adalah tempat dimana kamu melakukan aktivitas perbaikan tubuh dan regenerasi sel, yaitu saat tidur. Jadi, kamarmu harus super nyaman, bebas bising / suara yang mengganggu, cukup gelap supaya kamu bisa tidur nyenyak dan cukup adem supaya kamu tidak kepanasan.

2. Ponsel / tablet pad / laptop dilarang masuk kamar tidur

Nahh ini dia yang pentiiiiiing sekali diterapkan. Buat aturan sendiri dan coba disiplin: ponsel, tablet padmu, laptop semua dilarang masuk kamar tidur, ya! Setel dalam mode silent dan simpan di luar ruangan supaya tidak mengganggu waktu tidur.

Gimana dengan alarm? Beli jam beker tradisional, dong!

3. Jangan makan yang pedas / asam / berlemak / terlalu manis sebelum tidur

Hindari makan makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak dan terlalu manis sebelum tidur, untuk menghindari sakit perut / asam lambung / merasa begah.

Idealnya, makan malam harus ringan-ringan saja seperti salad atau buah, dan dalam porsi sedikit sehingga mudah dicerna. Plus, makanlah minimal 3 jam sebelum waktu tidur, supaya tubuhmu punya cukup waktu mencerna makanan.

4. Rajin olahraga 

Lho, apa hubungannya? Pasti itu pertanyaanmu. Ada dooong hubungannya! Rajin olahraga membuat peredaran darah lancar, dan membuat kamu juga capek yang positif sehingga tidur lebih nyenyak. Pastikan kamu tidak berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur.

5. Disiplin dengan waktu kerja dan kewajiban di kantor / sekolah / tempat kuliah

OK, kerja lembur sesekali boleh. Begadang untuk belajar sebelum ujian juga sah-sah saja. Tapi, melakukan begadang terus-menerus jelas tidak baik untuk kesehatanmu!

Disiplinlah dengan waktu kerja: saat jam kerja atau jam belajar, gunakan dengan fokus dan konsentrasi penuh, jangan malah main HP dan lantas pekerjaan / proses belajar tertunda karena kamu terlalu terdistraksi, sehingga harus lembur sampai larut malam.

Terapkan disiplin pribadi untuk menggunakan waktu pada tempatnya dan sesuai kegunaannya setiap hari.

6. Berhenti merokok

Rokok mengandung nikotin, dan nikotin membuat sistem saraf lebih terjaga dan alert. Hal ini membuat kita sulit merasa rileks menuju ngantuk. Jadi, bila kamu masih merokok, yuk, tekadkan diri untuk berhenti.

7. Ngopinya juga boleh dikurangi, ya!

Kultur minum kopi semakin marak di Indonesia di masa kini. Coffee shop juga semakin merambah ke seluruh penjuru negeri kita. Efeknya? Jadi makin banyak orang minum kopi tanpa memikirkan efek kafein pada tubuh. Semakin banyak orang Indonesia kena insomnia juga, deh.

Yuk, belajar mengonsumsi kopi dengan moderasi. Minum kopi secukupnya dan di pagi hari sampai sore hari saja, jangan sampai malam-malam masih ngopi, ya!

Kafein bikin kita jadi tidak ngantuk, karena itu hindari ngopi di atas jam 5-6 sore.

8. Jangan malas mandi!

Mandi bikin kita jadi segar. Mandi juga membuat kita lebih rileks dan menjadikan kondisi fisik dan mental lebih ideal untuk tidur lebih nyenyak.

Pulang kerja atau kuliah, jangan malas mandi! Kalau bisa, mandilah dengan air panas supaya lebih rileks. Kalau tidak ada air panas, air dingin pun jadi, yang penting, dengan kondisi badan yang bersih dan nyaman, tidur nyenyak pun lebih mudah.

Bagaimana, siap untuk mencoba tips-tips di atas?

 

BeSMART untuk hidup yang tenang dan bahagia

Sehat dan hidup bahagia, impian semua orang. Dua hal penting ini bisa kamu capai lewat persiapan matang dan perencanaan yang tepat.

Apa syaratnya? Syaratnya adalah kamu harus punya perlindungan plus plus, perlindungan sekaligus pertanggungan untuk proteksi kamu dari segala kemungkinan hidup yang serba tak pasti. Nah, untuk perlindungan sekaligus pertanggungan, BeSMART bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu.

BeSMART dukung kamu maju tanpa ragu. Produk asuransi tradisional digabung dengan perlindungan berupa Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dunia hingga usia 100 tahun. BeSMART memberikan fleksibilitas bagi kamu untuk memilih jangka waktu pembayaran premi serta memiliki berbagai jenis Manfaat Tambahan.

Salah satu manfaat BeSMART adalah "Critical Illness Benefit", yaitu Manfaat Tambahan yang memberikan manfaat perlindungan terhadap penyakit kritis sebesar 50% Uang Pertanggungan Manfaat Utama. BeSMART juga bisa dibuat semakin paripurna dengan rider asuransi tambahan, seperti Generali HealthCare Solution (GHS), yaitu manfaat penggantian rawat inap dan rawat jalan.

Kamu bisa hubungi agen Generali terdekat di kotamu untuk tahu lebih lanjut mengenai bagaimana memulai program BeSMART-mu sendiri.

Bagikan
suka artikel ini :