Tips packing ringan untuk menghemat biaya bagasi saat mudik Lebaran

Healthy Lifestyle Selasa, 12 Juni 2018

Mudik Lebaran? Wah, pasti nggak sabar rasanya ya, dengan seribu satu agenda kumpul-kumpul yang harus dihadiri di kampung halaman, mulai dari bukber bareng teman-teman lama menjelang Lebaran, lalu saat sholat Ied dan rangkaian acara halal-bihalal setelahnya. Karena semua acara inilah, kebanyakan orang cenderung overpacking ketika hendak mudik Lebaran, padahal, kebanyakan maskapai penerbangan ekonomis tidak menyertakan tambahan bagasi dalam harga tiket.

Berhubung harga tiket high season saat Lebaran tiba pun sudah cukup tinggi, simak beberapa tips dari kami supaya kamu tidak overpacking dan bisa menghemat biaya ekstra untuk bagasi, dengan memanfaatkan tas atau ransel jinjing yang langsung masuk kabin saja. Bonusnya, saat pesawat mendarat di tujuan, kamupun bisa langsung keluar dari bandara, tak perlu berlama-lama menunggu bagasi tiba.

Tips pertama yang sebaiknya kamu ikuti adalah: Bila kamu membawa cukup banyak barang, pilih ransel atau tas jinjing dengan ruang simpan yang fleksibel - atau yang punya banyak kantong dan selipan. Tapi, kalau ada barang pecah belah di dalam bawaanmu (seperti botol parfum atau kotak make up), sebaiknya gunakan koper yang memiliki rangka keras dari bahan alumunium atau metal.

Kedua, selektiflah dalam soal membawa pakaian, dan rencanakan apa saja yang akan kamu pakai. Padu-padankan warna-warna atasan dan bawahan yang netral, dan bermainlah dengan asesoris seperti pashmina atau kalung-gelang warna-warni sebagai tambahan. Selain itu, gunakan pakaian dan asesoris yang paling berat saat perjalanan - lebih praktis dan hemat tempat di tas. Seperti jaket dan sepatu boots misalnya, supaya nyaman dan tidak masuk angin dengan dinginnya AC dalam pesawat.

Kemudian, tak perlu membawa peralatan mandi – karena  dengan mudah didapatkan di mana saja. Bila kamu tetap harus membawa peralatan mandi sendiri, pilih travel size yang berukuran kecil atau produk gabungan, seperti sabun mandi cair yang juga merangkap shampoo. Dan bila kamu menginap di rumah saudara atau kerabat, kamu juga bisa tanyakan apakah kamu bisa meminjam handuk di sana - sebab, handuk termasuk salah satu barang yang memakan cukup banyak tempat.

Terakhir, minimalisir benda-benda ekstra yang akan menambah bagasi - alih-alih membawa novel atau buku yang tebal, unduh saja buku dalam bentuk elektronik ke ponselmu atau ke Kindle. Bawa earphoneyang kecil saja, dan peralatan make up yang minimalis dan praktis.

Selamat mencoba tips packing praktis ini saat mudik Lebaran nanti!

 

Butuh perlindungan jiwa yang sesuai dengan ajaran Islami? iPlan Syariah solusinya! Klik tautan ini untuk tahu lebih banyak mengenai iPlan Syariah dari Generali Indonesia.

 

Jangan mati gaya saat sedang berpuasa, Generali Indonesia punya berbagai artikel menarik seputar gaya hidup sehat selama menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan. Baca semuanya, yuk!

Tetap olahraga saat puasa: maksimalkan manfaatnya, minimalisir lelah dan cedera!

Masakan sahur dan buka puasa untuk seluruh keluarga yang mudah, sehat, lezat dan hemat

Pilihan saat libur puasa dan Lebaran: hotel atau homestay?

Packing praktis untuk mudik Lebaran

Superfood edisi Ramadhan: puasa lancar dengan nutrisi super!