Masakan sahur dan buka puasa untuk seluruh keluarga yang mudah, sehat, lezat dan hemat

Healthy Lifestyle Senin, 28 Mei 2018

Ramadhan adalah momen yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Rasanya begitu berkesan bila seluruh anggota keluarga semua duduk di satu meja, dengan masakan rumahan yang terasa begitu sedap karena dinikmati bersama-sama.

Menyiapkan hidangan dalam jumlah besar untuk santapan seluruh keluarga ketika sahur dan berbuka, mungkin dapat terasa begitu merepotkan, dengan segala kegiatan memasak yang makan waktu - selain itu, anggaran belanja pun bisa dengan cepat membengkak. Nah, kami punya tips bagaimana menyiapkan masakan sahur dan buka puasa untuk seluruh keluarga, yang selain mudah, tak makan banyak waktu, sehat, lezat bergizi dan juga tidak membuat anggaran belanja lantas jadi membengkak!

Pilihlah bahan makanan yang harganya ramah di kantong, namun dapat diolah sedemikian rupa agar rasanya tetap pas di mulut. Contohnya, salah satu sajian khas Nusantara yang juga identik dengan bulan puasa dan Lebaran, yaitu rendang daging sapi - tak perlu harus menggunakan daging sirloin atau has dalam yang harga per kilogramnya lebih mahal, kamu juga bisa gunakan bagian-bagian daging yang lebih murah seperti sandung lamur atau sengkel. Nah, proses memasak rendang yang lebih lama, akan membuat daging menjadi empuk dan lumer di mulut. Untuk lebih praktisnya lagi, sekarang kamu juga bisa membuat rendang dengan slow cooker - tinggal masukkan bahan-bahannya, pasang slow cooker di pagi hari, pada sore hari rendang sudah matang dan siap menemani nasi putih hangat untuk berbuka.

Malas cuci piring dan perabotan memasak? Cari resep masakan yang hanya membutuhkan satu panci saja! Selain praktis, kamu juga bisa langsung sajikan panci masakan langsung di atas meja. Contohnya, sop buntut, kari ayam dengan kentang, atau sayur lodeh. Bahan-bahannya mudah didapat, penuh gizi, dan memasaknya pun tidak ribet.

Perbanyak makan sayur. Harga daging memang lebih mahal, jadi, untuk lebih menghemat anggaran belanja, cobalah untuk memperbanyak makan sayur-sayuran. Bonusnya? Selain lebih hemat, dengan mengonsumsi hidangan berbahan dasar sayur, kamupun akan mendapat asupan serat lebih banyak, yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Sayur bayam bening dengan jagung, tumis kangkung telur puyuh dan oseng-oseng buncis-tempe juga merupakan beberapa resep mudah yang hanya menggunakan satu panci atau wajan saja.

Belanja buah-buahan lokal sesuai musim. Saat berpuasa, asupan vitamin dari buah-buahan juga sangat penting, agar stamina selalu prima ketika menahan lapar dan haus sampai bedug maghrib berbunyi. Supaya lebih hemat, pilihlah buah lokal yang sedang musimnya - selain harganya lebih bersahabat, buah lokal yang sedang musim pun biasanya lebih segar karena tak menempuh jarak jauh hingga sampai ke supermarket atau pasar dimana kamu membelinya.

Yang terakhir, selalu simpan stok bahan masakan yang murah meriah dan dapat dengan mudah diolah menjadi hidangan lezat yang praktis - misalnya, mie telur atau kwetiaw kering, ikan sarden dan tuna kalengan, bumbu nasi goreng atau bumbu ikan bakar - sehingga, bila tak sempat berbelanja, kamu sudah punya cadangan menu yang dapat dimasak dengan cepat.

Selamat bereksperimen di dapur!

 

Butuh perlindungan jiwa yang sesuai dengan ajaran Islami? iPlan Syariah solusinya! Klik tautan ini untuk tahu lebih banyak mengenai iPlan Syariah dari Generali Indonesia.

 

Jangan mati gaya saat sedang berpuasa, Generali Indonesia punya berbagai artikel menarik seputar gaya hidup sehat selama menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan. Baca semuanya, yuk!

Tetap olahraga saat puasa: maksimalkan manfaatnya, minimalisir lelah dan cedera!

Pilihan saat libur puasa dan Lebaran: hotel atau homestay?

Packing praktis untuk mudik Lebaran

Superfood edisi Ramadhan: puasa lancar dengan nutrisi super!