Pilihan saat libur puasa dan Lebaran: hotel atau homestay?

Healthy Lifestyle Kamis, 17 Mei 2018
shutterstock_778817515.jpg

Yuk, cari penginapan untuk staycation saat liburan puasa dan Idul Fitri

Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Tahun ini, libur sekolah anak-anak dan cuti bersama menjelang Idul Fitri jatuh pada saat yang bersamaan. Nah, mengingat saat-saat Lebaran nanti adalah waktu liburan high season, sebaiknya persiapkan dari sekarang rencananya, agar semua berjalan dengan lancar.

Semua orang tentunya ingin menikmati liburan yang menyenangkan. Saat ini, makin banyak situs yang menawarkan alternatif untuk menginap selain hotel (terutama berbagai hotel di Jakarta dan Bali), seperti Airbnb dan HomeAway, sehingga persaingan harga dan kelengkapan akomodasi saat liburan pun semakin luas. Menginap di apartemen di tengah kota atau di vila mewah di pinggir pantai bisa jadi pilihan yang harganya pun sangat bersahabat! Di sisi lain, menginap di hotel dengan segala kenyamanan yang ditawarkan, seperti room service 24 jam dan kebersihan kamar yang selalu terjaga, juga merupakan faktor penting yang menjanjikan liburan jadi menyenangkan.

Nah, sekarang pertanyaannya, mana yang harus kamu pilih? Hotel atau homestay? Gunakan tips berikut ini untuk memutuskan, akan menginap dimanakah kamu saat liburan tahun ini?

Ingin merasakan hidup seperti orang setempat?

Menyewa apartemen adalah salah satu cara mendapat pengalaman traveling yang orisinil, sekaligus merasakan bagaimana hidup seperti penduduk setempat. Tapi, sebelum menjatuhkan pilihan mau sewa rumah yang mana, cari tahu dulu - dimana sih letak lokasi apartemen atau vila yang kamu inginkan? Jauhkah dari kota atau pusat keramaian? 

Hotel-hotel biasanya menempati lokasi strategis, tapi, semakin strategis lokasinya, biasanya semakin mahal pula tarif menginap per malam. Cari tahu dulu tentang area dimana hotel berada.

Idealnya baik itu hotel maupun penginapan rental, carilah lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, supermarket dan restoran - bila kamu sedang malas memasak untuk berbuka atau butuh hiburan alias ngabuburit sebelum waktu berbuka puasa tiba, kamu dapat dengan mudah pulang-pergi dari lokasi penginapan atau hotelmu ke mal atau resto. Cek dulu lokasi yang pasti dengan bantuan peta Google dan bacalah dulu komen dan review dari orang-orang yang sebelumnya sudah pernah menginap di situ.

Kegiatan apa saja yang kamu rencanakan?

Setelah puas jalan-jalan seharian sekaligus ngabuburit, menikmati fasilitas hotel seperti pijat, terapi lulur dan spa, ataupun menikmati makanan buffet yang tersedia di restoran hotel untuk berbuka puasa, bisa jadi pilihan ideal. Sebaiknya, pilih hotel yang menawarkan kamar lebih luas dengan tempat tidur berukuran king size, dan cek dulu harga-harga servis ekstra yang ditawarkan, supaya tidak kaget saat harus membayar ketika check-out nanti.

Budget terbatas?

Bila budget-mu terbatas dan hanya cukup untuk hotel bintang satu atau dua, mungkin akan lebih menguntungkan secara fasilitas dan harga untuk memilih menginap lewat AirBnB. Selalu gunakan fungsi reservasi lewat situs langsung, supaya kamu aman dari penipuan dan baca seksama semua review sebelum memutuskan untuk reservasi. Mintalah detail harga dan pastikan harga yang kamu bayar sudah termasuk pajak dan biaya-biaya ekstra seperti ongkos membersihkan penginapan.

Menginap bersama siapa saja?

Apakah kamu membawa anak-anak atau hewan peliharaan saat menginap? Biasanya, hotel tidak akan mengizinkan tamu untuk membawa binatang peliharaan, dan membatasi usia maksimal anak yang bisa menginap sekamar dengan orangtuanya. Pastikan kamu sudah mengecek mengenai hal ini dulu sebelum reservasi kamar hotel.

Bila memilih penginapan AirBnB, carilah penginapan dengan jumlah kamar dan tempat tidur yang cukup untuk semua orang dan beritahukan host-mu dengan tepat, berapa jumlah total orang yang akan menginap, termasuk anak-anak yang akan ikut. Bila tidak, kamu mungkin dapat didenda atau diberi nilai atau review negatif oleh pemilik penginapan, yang bisa membuatmu kesulitan mencari penginapan lain di masa mendatang. 

Nggak mau ribet?

Kadang-kadang saat liburan, justru kamu nggak ingin ribet. Bila kenyamanan adalah faktor terpentig untukmu, hotel adalah pilihan yang bebas ribet - tak perlu memikirkan harus bebersih atau memasak sendiri. Mungkin worth it untuk membayar ekstra untuk reservasi kamar di hotel terbaik yang masuk di budget, sehingga kamu bisa bersantai dan menikmati liburan sepenuhnya!

 

Ikuti nalurimu untuk bertualang dengan berbagai tips brilian untuk keliling dunia dengan mudah dan praktis:

Tips liburan lancar akhir tahun

Cara memberi pengamanan ekstra pada bagasi saat bepergian

Bagaimana caranya untuk membuat klaim asuransi, bila sakit atau kecelakaan saat liburan atau selama perjalanan di luar negeri?

Aman dan nyaman di penerbangan jarak jauh