Tips liburan lancar akhir tahun

Healthy Wealth Jumat, 1 Desember 2017
Tips merencanakan liburan akhir tahun bebas ribet

Perjalanan liburan saat Natal dan Tahun baru yang tetap lancar tanpa kendala

Yang sudah pernah mengalaminya pasti tau...gimana ngga enaknya saat pesawat atau kereta api tiba-tiba di-delay atau bahkan di-cancel. Rencana traveling atau liburan pun langsung berantakan...aaargh!

Sayangnya, di periode high-season seperti hari raya atau menjelang akhir tahun, apalagi saat musim hujan melanda, kejadian delay dan cancel ini sering kejadian. Terutama delay jadwal penerbangan yang disebabkan cuaca buruk. Jadi, supaya liburan tetap jalan dan rencana liburan nggak berantakan, kami sudah mengumpulkan tips dan trik menyiasati masalah-masalah seperti ini, sehingga kamu bisa mencapai tujuan dengan selamat dan lancar.

Rencanakan dari jauh-jauh hari

Jangan rencanakan trip Natal dan Tahun Baru secara dadakan - booking tiket sebaiknya dilakukan paling tidak enam minggu sebelum berangkat. Selain harga tiket biasanya juga masih murah karena belum naik, rute perjalanan dan keberangkatan yang tersedia pun biasanya masih cukup banyak. Kalau booking jauh-jauh hari, biasanya kemungkinan tiket untuk di-cancel juga lebih sedikit. Sediakan back-up plan, coba untuk tidak bergantung hanya pada satu-dua rute perjalanan saja - rencanakan perjalanan yang santai, jadi kamu tidak terburu-buru, dan kalaupun sampai terjadi delay, kamu nggak akan stres-stres amat.

Tiket fleksibel

Memang seringnya, tiket yang paling murah itu yang nggak bisa diganti: no refund, no reschedule. Nah, bila perbedaannya tak terlalu jauh, mungkin kamu sebaiknya pesan tiket perjalanan yang fleksibel, yang memungkinkan kamu untuk ganti jadwal di hari yang sama, ganti rute, atau bahkan refund, kalau seandainya ada kejadian delay atau cancel tak terduga.

Terus cek jadwal online

Di jaman media sosial seperti sekarang ini, semua operator penerbangan maupun kereta api sudah punya Twitter, Facebook, customer service online ataupun aplikasi ponsel yang berguna untuk memantau jadwal keberangkatan. Teruslah cek secara rutin jadwal keberangkatanmu, mulai dari seminggu sebelum hari H. Biasanya, kalau ada masalah delay atau cancel karena cuaca buruk atau perbaikan alat, pihak maskapai akan menginfokannya secara online. Informasi paling update juga biasanya bisa didapat lewat CS via telpon atau di website maskapai. 

Terakhir...dibawa santai aja

Kadang-kadang, meskipun kamu sudah berusaha maksimal untuk merencakanan trip kamu, tetap saja ada kejadian tak terduga. Jadi, dibawa santai aja, stay updated, dan siapkan hiburan sebelum berangkat, misalnya game di smartphone atau iPad, atau bahkan, download playlist MP3 lagu-lagu favoritmu langsung di HP (jadi, kalau jaringan 3G / 4G ada trouble, no problem!), supaya kamu nggak bosan kalau harus menunggu. 

 

Untuk selalu lindungi diri dan keluarga saat traveling domestik ataupun keluar negeri, ada iPlan - solusi proteksi lengkap dari Generali dengan manfaat pertanggungan kecelakaan. Cek tautan ini untuk tahu lebih banyak mengenai iPlan.

 

Ikuti nalurimu untuk bertualang dengan berbagai tips brilian untuk keliling dunia dengan mudah dan praktis:

Cara memberi pengamanan ekstra pada bagasi saat bepergian

Bagaimana caranya untuk membuat klaim asuransi, bila sakit atau kecelakaan saat liburan atau selama perjalanan di luar negeri?

Aman dan nyaman di penerbangan jarak jauh