Semakin bertambah usia, risiko bahaya demensia, yang umum disebut "pikun" pun semakin meningkat. Tapi, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan memperlambat risiko demensia, terutama dengan melatih otak kita untuk selalu aktif sehingga pikiran tetap tajam.

Ini 5 aktivitas terbaik untuk melatih otak supaya selalu sehat, yang bisa kita share kepada orang-orang tercinta: keluarga dan sahabat yang sudah di atas 50 tahun.

1. Bermain Catur

Bermain catur membutuhkan konsentrasi tinggi, pemikiran strategi jitu dan taktik yang harus selalu diadaptasi sesuai gerakan lawan. Untuk menang dan mengalahkan raja musuh, otak kita dipaksa berpikir keras dan dengan demikian melatihnya untuk selalu aktif. Menurut sebuah riset dari lembaga penelitian di Amerika Serikat, orang yang sepanjang hidupnya sering melatih otak dengan permainan seperti catur, mengurangi risiko sebanyak 75% untuk mengalami demensia saat mulai menua.

2. Menulis

Menulis apapun, baik itu surat untuk keluarga tercinta, jurnal harian atau bahkan sekedar menuangkan pikiran, dalam medium digital seperti email dan ponsel maupun tradisional dengan kertas dan pena, membantu membuat otak selalu aktif dan sehat.

Nah, untuk pembaca yang masih muda dan punya orangtua atau keluarga manula, tips ini boleh dipraktekkan juga, lho. Rajin-rajinlah menulis surat ataupun mengetik kabar singkat, lewat email atau Whatsapp sekalipun ke keluarga kita yang sudah lanjut usia karena ini bisa banyak membantu manula lebih baik mengingat sekaligus melatih otak mereka.

3. Yoga

Yoga dan meditasi mempunyai benefit positif untuk keseimbangan sehat fisik dan psikis. Yoga juga sering digunakan sebagai terapi mengatasi stres dan melatih konsentrasi pernafasan, bergerak dan fokus bertahan di berbagai posenya. 

4. Mendengarkan musik

Musik adalah terapi bagi jiwa. Ratusan riset dan penelitian telah membuktikan hubungan antara musik dan ketenangan batin. Cari lagu-lagu favorit sepanjang masa dan dengarkan setiap hari supaya mood juga semakin bagus - atau sekaligus saja belajar instrumen musik bila memungkinkan!

5. Membaca

Membaca setiap hari, mulai dari berita di koran sampai dengan novel karya penulis favorit, merupakan aktivitas santai fisik tapi sangat melatih otak dan pikiran. Alternatifnya, bermain Scrabble dan teka-teki silang, yang juga bisa dilakukan bersama teman-teman terdekat. 

 

Saat usia bertambah, penting untuk jaga kesehatan. Karena itu, selalu ingat untuk menyediakan perlindungan untuk kita sendiri dan seluruh keluarga tercinta. 

Bagikan
suka artikel ini :