Menghabiskan berjam-jam setiap minggunya untuk perjalanan antara rumah dan kantor adalah fakta bagi kebanyakan dari kita yang bekerja, dan seringnya melibatkan transportasi umum yang padat, kemacetan dan jadwal yang tak menentu.

Nah, dengan adanya riset terbaru yang menunjukkan bahwa stres berkomuter ke kantor dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk menimbulkan rasa cemas, menaikkan tekanan darah dan memicu depresi, maka, mencari cara untuk membuat saat berkomuter lebih nyaman sangat penting. Mulailah hari kerjamu dengan baik, dengan tips praktis untuk para komuter berikut ini. 

Selalu cari informasi terbaru

Unduh aplikasi seperti Waze dan Trafi, atau bagi yang tinggal di Jakarta & Bodetabek, bisa menggunakan KRL Access atau TransJakarta Busway Navigation - atau ikuti saja akun Twitter transportasi publik di kotamu. Dengan begitu, kamu bisa selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai situasi dan kondisi jalanan - dan bila ada kendala, kamupun bisa mengganti rute perjalanan tanpa terlambat tiba di kantor. Selalu berangkat sedikit lebih awal, sehingga bila ada masalah, kamu masih punya waktu cukup untuk ke kantor tanpa harus stres. 

Bawa peralatan lengkap

Macet dan masalah angkutan umum ini bisa membuat komuter menjadi satu hal yang tak menyenangkan, maka, selalu siap untuk segala situasi dengan membawa peralatan lengkap dalam tasmu, termasuk charger HP, baju hangat atau jaket bila harus naik bus yang AC-nya dingin, dan camilan sehat. Bila kamu suka mendengarkan musik, belilah headphone yang bagus untuk digunakan selama perjalanan.

Gunakan waktu berkomuter dengan efektif

Cobalah untuk menganggap waktumu di perjalanan antara rumah dan kantor sebagai kesempatan untuk mengerjakan sesuatu dengan efektif. Misalnya untuk bermeditasi dengan aplikasi seperti Headspace, belajar bahasa baru dengan DuoLingo, atau membaca buku yang sudah lama ingin kamu selesaikan. Kamu juga bisa menggunakan waktu komuter ini sebagai waktu bebas perangkat genggam, sebelum mulai bekerja.

Hindari stres dengan musik klasik

Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membuatmu merasa lebih rileks, lebih bahagia dan mengurangi stres. Maka, cobalah untuk mengunduh beberapa lagu klasik Mozart untuk didengarkan pada perjalanan ke kantor esok hari.

Tambahkan sedikit olahraga supaya sehat 

Gabungkan rutinitas berkomuter dan olahraga supaya hemat waktu di gym - apakah memungkinkan untuk berjalan, jogging atau naik sepeda dalam sebagian rute perjalanan dari rumah ke kantor? Bahkan, sengaja memarkir mobil agak lebih jauh dari kantor supaya kamu bisa berjalan lebih banyak ataupun naik tangga jembatan stasiun atau penyeberangan jalan termasuk olahraga. 

 

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan

Cara meminta kenaikan gaji di kantor

Tips tetap produktif saat bekerja dari luar kantor

Berganti bidang profesi di tengah karir

Temukan Mentor yang tepat untuk kelancaran karir dan bisnismu!

Tips makan lebih sehat di kantor (tanpa harus hindari acara makan-makan!)

Bagikan
suka artikel ini :