Tips makan sehat untuk persiapan marathon

Minggu, 29 Juli 2018
Tips persiapan makan sebelum marathon

Saat ini, semakin banyak orang Indonesia yang menjadikan lari tak hanya sebagai olahraga, tapi juga sebagai hobi dan ajang berkompetisi. Berbagai marathon yang diadakan di berbagai kota besar di Indonesia pun turut mendorong meningkatnya jumlah partisipan pelari. Acara marathon yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di antaranya Surabaya Marathon pada 12 Agustus 2018 dan Borobudur Marathon Cultural Run pada 18 November 2018.

Idealnya, mempersiapkan diri untuk lari marathon dimulai dengan mengatur pola makan, minimal 4 hingga 8 minggu sebelum perlombaan. Tapi, bagi kita yang aktif bekerja di kantor, persiapan untuk lari marathon memang gampang-gampang susah. Meskipun niat baik untuk makan sehat sudah ada sejak berangkat kerja di pagi hari, kantor adalah salah satu tempat yang penuh godaan. Di antara beragam cemilan yang dibawa oleh para kolega, seribu satu jajanan enak di kantin hingga acara makan siang bersama, diet sehat untuk menghadapi marathon bisa terasa mustahil dijalankan. Nah, beberapa cara ini bisa kamu terapkan untuk makan lebih sehat di hari kerja, sekaligus mengoptimalkan persiapan menjelang marathon.

Tips ini berlaku untuk semua pelari, baik untuk kamu-kamu yang sudah sering marathon dan kamu yang masih pemula di kategori full atau half marathon atau yang akan berpartisipasi pada kategori 10K atau 5K.

Mulailah hari dengan hal yang positif, karena ini dapat membuat perbedaan besar - saat kita memulai hari dengan semangat posifif, akan terasa lebih mudah untuk menerapkan pola makan sehat yang dapat mempersiapkan tubuh menempuh jarak jauh. Positif di pagi hari dapat dimulai dengan sarapan sehat. Cari jenis sarapan sehat yang tinggi karbohidrat dan banyak air, misalnya overnight oats.

Di kantor, selalu pastikan kamu siap dengan stok snack sehat dan lezat, misalnya pisang atau kacang rebus, keripik sayuran buatan sendiri, atau berbagai jenis buah kering. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau lemak jenuh seperti gorengan - selain kurang sehat, juga bisa membuat kamu ngantuk, lemas dan semakin lapar. Saat ngemil, stop dulu semua pekerjaan dan fokus makan - ini berpengaruh agar kamu bisa merasa lebih kenyang.

Untuk makan siang, pilih jenis makanan yang mengandung banyak zat besi, vitamin C, Omega-3 dan protein, ditemani dengan karbohidrat kompleks. Misalnya, tumis sayuran hijau dan tahu-tempe, telur rebus, ayam bakar, kentang dan nasi merah, yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, ketimbang fast food yang tinggi lemak jenuh (dan, sesuai namanya, tidak hanya cepat saji, tapi juga cepat membuat kamu lapar kembali). Saat mempersiapkan diri menghadapi marathon, nutrisi yang tepat dalam jumlah cukup amatlah diperlukan tubuhmu.

Asupan air yang cukup bagi pelari juga sangat penting, apalagi saat marathon, karena itu, biasakan diri untuk minum lebih banyak setiap hari, setidaknya mulai 3-4 minggu sebelum Hari H. Jus buah segar yang kaya vitamin bisa jadi pilihan, selain air putih tentunya! Bawalah botol minum besar berisi air putih dari rumah, tandai target minum setiap jam di botolnya, atau gunakan aplikasi ponsel seperti Daily Water supaya tetap ingat untuk minum. Bila kamu adalah penggemar kopi, sekali-sekali, cobalah untuk menukar kopimu dengan secangkir teh hijau hangat - teh hijau banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan merupakan sumber kafein yang lebih sedikit. 

Yang terakhir, tetap selalu berpikir positif dan seimbang merupakan kunci dari gaya hidup sehat, jadi, jangan lupa untuk menikmati makanan enak sekali-sekali. Makan kue ultah teman kantor, ikut makan pizza atau donat tidak apa-apa - bila hanya dilakukan sesekali, nikmati saja! Dan jangan lupa untuk meningkatkan asupan karbohidrat (umum disebut carbo-loading oleh para pelari) 2-3 hari sebelum lomba dimulai. Selamat mencoba!

Saat ini, semakin banyak orang Indonesia yang menjadikan lari tak hanya sebagai olahraga, tapi juga sebagai hobi dan ajang berkompetisi. Berbagai marathon yang diadakan di berbagai kota besar di Indonesia pun turut mendorong meningkatnya jumlah partisipan pelari. Acara marathon yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di antaranya Surabaya Marathon pada 12 Agustus 2018 dan Borobudur Marathon Cultural Run pada 18 November 2018.

 

Runners! Jangan lewatkan semua artikel menarik seputar olahraga lari yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat!

Tips aman berlari saat musim hujan

Aplikasi terbaik untuk para pelari

Guide Generali untuk pelari yang akan ikut lomba maraton pertama kalinya

Makanan terbaik untuk pelari: sebelum dan sesudah latihan

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif