Indera penglihatan salah satu yang terpenting bagi manusia. Kesehatan mata sebaiknya menjadi salah satu hal yang diberi perhatian lebih, sehingga indera penglihatan ini selalu dalam keadaan prima sampai di usia tua nanti.

Ini 7 cara merawat kesehatan mata.

1. Cukupi gizi mata dengan pola makan sehat dan nutrisi seimbang

Langkah terpenting menjaga kesehatan mata adalah dengan memberinya asupan gizi lengkap dengan pola makan yang baik dan seimbang.

Vitamin A yang terkandung pada wortel, Vitamin C dari buah jeruk dan sayuran berwarna merah, Vitamin E dari biji-bijian dan minyak ikan Omega-3 merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan mata.

2. Sering mencuci tangan

Cegah infeksi lewat bakteri dan kuman yang bisa terjadi pada mata dengan selalu rajin menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan sebelum mengucek-ngucek mata - terutama bila menggunakan lensa kontak.

3. Gunakan kacamata hitam

Lindungi mata dengan kacamata hitam yang menangkal sinar ultraviolet. Cari kacamata hitam berkualitas baik yang betul-betul menjamin perlindungan mata.

4. Batasi waktu penggunaan ponsel dan laptop

Layar ponsel dan laptop memancarkan sinar biru yang menembus retina dan bisa berdampak merusak penglihatan dalam jangka panjang.

Batasi waktu penggunaan ponsel dan laptop, istirahatkan mata dengan cukup dan ganti cahaya layar ke mode malam dengan sinar kuning bilamana memungkinkan.

5. Batasi jarak nonton TV dan hindari membaca di tempat gelap

Batasi jarak pandang saat menonton TV, paling tidak 1-2 meter dari layar. Hindari membaca di tempat gelap karena akan membuat otot mata bekerja ekstra keras yang tentunya tak baik dilakukan sepanjang waktu.

6. Hindari merokok dan cukup istirahat

Merokok biasanya lebih sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, pernapasan dan paru-paru. Jarang yang mengetahui bahwa merokok juga meningkatkan risiko kena katarak, kanker glaukoma dan penyakit-penyakit sehubungan dengan indera penglihatan lainnya. Stop merokok untuk lindungi kesehatan mata.

Selain itu, berhenti merokok juga akan membawa dampak positif perbaikan kualitas tidur yang artinya kita pun mencukupkan istirahat bagi mata.

7. Cek mata secara rutin dan pakai kacamata untuk perbaiki penglihatan

Kunjungi dokter mata untuk mengecek kondisi penglihatan secara rutin, sekali setiap tahunnya. Bila disarankan menggunakan kacamata untuk perbaiki penglihatan, jarak dekat ataupun jauh, selalu gunakan kacamata dan jangan sering mengabaikan tanda-tanda mata kelelahan.

 

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan bergizi, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Infografis: Tips penting jaga kesehatan gigimu

Pentingnya tidur dengan cukup

Apa itu mindfulness dan manfaatnya?

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!

Bagikan
suka artikel ini :