Bulan suci Ramadhan, saat yang identik dengan sahur dan berbuka. Bagi yang bukan morning person alias sering sulit bangun pagi, saat-saat bangun sahur terkadang terasa susah dijalankan - banyak orang yang menunda-nunda sahur sehingga kelewat waktu imsak, dan akhirnya memutuskan untuk sekalian tidak sahur, padahal, seperti halnya sarapan, sahur adalah waktu makan yang sangat penting dan sebaiknya tidak dilewatkan, lho.

Mulai dari mitos mengenai "makan sahur bisa bikin gemuk" sampai "nggak perlu makan saat sahur, minum air saja sudah cukup", mari kita bahas mengapa sahur sangat penting saat sedang berpuasa.

Saat kita berpuasa, kita menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13,5 jam - mulai dari waktu imsak sekitar jam 4:30 pagi hingga waktu berbuka saat maghrib yang biasanya sekitar jam 6 sore. Nah, melewatkan sahur sebenarnya sama saja dengan melewatkan sarapan pagi, karena satu hal yang sangat sederhana: tubuh kita butuh energi. Sahur dengan makanan bergizi dapat menjaga agar tubuh kita tetap merasa segar sepanjang hari saat berpuasa, dengan memulihkan kadar glukosa dalam tubuh dan mengurangi kadar kortisol, yang berhubungan dengan kemampuan kita berkonsentrasi dan fokus saat bekerja.

Secara psikologis, memulai harimu dengan sahur yang lezat dan sehat pun dapat membuat kamu tak merasa lelah dan tersiksa karena kelaparan, sehingga efeknya, kamu pun tidak akan kalap saat berbuka nanti. Memprioritaskan makanan sehat saat sahur juga, seperti halnya sarapan sehat, dihubungkan dengan menjaga kestabilan berat badan, kesehatan jantung dan pembuluh darah dan mengurangi risiko obesitas. Sebaiknya, jangan sahur dengan makanan yang manis-manis saja (simpan yang manis-manis untuk berbuka, ya!), gabungkan sumber serat dari sayur dan buah, protein dari telur, tahu-tempe atau daging, dan sedikit karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum. Dengan gabungan nutrisi lengkap ini, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Untuk lebih praktisnya, kamu bisa siapkan makanan sehat yang saat ini sedang trend: overnight oats atau puding biji chia, yang bisa kamu siapkan di malam sebelumnya. Jadi, saat alarm weker berbunyi, kamu bisa langsung bangun dan menikmati sahur makanan bergizi tanpa harus melewati proses memasak terlebih dulu.

 

Butuh perlindungan jiwa yang sesuai dengan ajaran Islami? iPlan Syariah solusinya! Klik tautan ini untuk tahu lebih banyak mengenai iPlan Syariah dari Generali Indonesia.

 

Jangan mati gaya saat sedang berpuasa, Generali Indonesia punya berbagai artikel menarik seputar gaya hidup sehat selama menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan. Baca semuanya, yuk!

Tetap olahraga saat puasa: maksimalkan manfaatnya, minimalisir lelah dan cedera!

Masakan sahur dan buka puasa untuk seluruh keluarga yang mudah, sehat, lezat dan hemat

Pilihan saat libur puasa dan Lebaran: hotel atau homestay?

Packing praktis untuk mudik Lebaran

Superfood edisi Ramadhan: puasa lancar dengan nutrisi super!

Bagikan
suka artikel ini :