Carbo-loading dengan nutrisi SUPER untuk marathon

Kamis, 2 Agustus 2018
shutterstock_385633678(red).jpg

Semua pelari pasti tahu yang namanya "carbo-loading". "Carbo-loading", yang umumnya dilakukan 2-3 hari sebelum lomba lari marathon, adalah peningkatan asupan karbohidrat bagi para peserta marathon, guna meningkatkan kadar glikogen dalam otot, sehingga para pelari mendapat cukup tenaga saat berlari dan mampu menyelesaikan marathon hingga ke garis finish.

Sedangkan "superfood" adalah sebutan bagi makanan-makanan yang memiliki nutrisi lengkap (dan seringnya rendah kalori) yang sudah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mencegah masalah jantung. 

Nah, carbo-loading memang membutuhkan pelari untuk mengonsumsi makanan yang berkadar karbohidrat tinggi, tapi, jangan salah pilih makanan! Bila kamu akan berkompetisi dalam waktu dekat di lomba Surabaya Marathon Agustus mendatang ataupun Borobudur Marathon Cultural Run di November 2018, ikuti beberapa cara mudah ini untuk memasukkan superfood ke dalam asupan carbo-loading-mu sebelum marathon, supaya kamu mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dan siap untuk berlomba.

Awali harimu saat mulai carbo-loading, 2 hingga 3 hari sebelum marathon, dengan jus buah superfood. Buah pisang, bit merah dan anggur adalah tiga contoh dari berbagai buah dan sayuran yang punya status sebagai superfood - bahkan, satu cup anggur mengandung sangat banyak antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan otak, lho! Tapi, hindari seratnya dan hanya minum cairan jusnya saja ya, karena serat lebih lama dicerna oleh tubuh - sedangkan yang dibutuhkan oleh tubuhmu saat carbo-loading adalah karbohidrat yang cepat dicerna. Selain jus buah superfood, kamu juga bisa tambahkan yogurt, kismis dan sereal dalam bentuk bar ke dalam sarapanmu - semua makanan ini selain cocok untuk carbo-loading, juga merupakan superfood yang masing-masing mengandung vitamin dan mineral baik untuk tubuh.

Kemudian, perbanyak lemak baik yang mengandung Omega-3. Contoh mudah dari pola makan ini adalah diet ala Mediterania.  Dianggap sebagai salah satu gaya makan paling menyehatkan di dunia, diet Mediterania ini menganjurkan konsumsi berbagai superfood, termasuk di antaranya ikan laut, bawang putih dan minyak zaitun. Kamu bisa memasukkan elemen diet Mediterania yang sehat ke dalam makan siang dan makan malammu saat carbo-loading, dengan mengonsumsi ikan yang mengandung minyak sehat, seperti salmon, yang kaya vitamin D dan asam lemak Omega-3, dengan bumbu bawang putih dan minyak zaitun. Temani asupan protein untuk ekstra tenaga ini dengan karbohidrat yang lezat seperti pasta, nasi putih atau nasi merah - atau roti putih.

Bila kamu suka minum teh, ganti tehmu dengan teh hijau yang mengandung banyak antioksidan - dan untuk efek optimal, tambahkan madusuperfood yang memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti menjaga stamina dan daya tahan tubuh, serta membuat tidur jadi lebih nyenyak sehingga kamu mendapat cukup istirahat sebelum marathon.

Selain itu, ada hal penting bagi para penggemar coklat yang juga menggemari olahraga lari: kakao, bahan dasar coklat, juga termasuk superfood dengan manfaat antioksidan dan elemen kandungan nutrisi mood-booster. Penelitian membuktikan bahwa meminum susu coklat rendah lemak efektif untuk carbo-loading - selain itu, mengonsumsi beberapa potong coklat hitam yang mengandung lebih banyak kakao, selain lezat juga baik untuk kesehatan.

Yang terakhir, ingatlah bahwa carbo-loading memang berarti kamu bisa makan lebih banyak, tapi bukan berarti makan luar biasa berlebihan juga, ya. Tetap ikuti prinsip makan sehat, hindari lemak jenuh dan konsumsi terlalu banyak kafein, sehingga performa larimu akan optimal saat berkompetisi marathon di Hari H nanti.

Selamat menjalani carbo-loading!

Jangan lewatkan semua artikel menarik yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat saat perjalanan berikutnya menanti!

Masakan sahur dan buka puasa untuk seluruh keluarga yang mudah, sehat, lezat dan hemat