Tips awet muda: bukan dengan childfree maupun tetap single!

Beberapa waktu lalu, seorang seleb bercuit di Twitter, bahwa kunci utama ia tetap awet muda adalah dengan memutuskan tetap childfree alias tidak punya anak. Cuitan yang cukup kontroversial ini lantas viral di masyarakat, dan seleb lainnya kembali menanggapi dengan mengatakan bahwa kunci awet muda bukanlah childfree melainkan tetap melajang!

Ternyata, kedua pernyataan yang sama-sama kontroversial ini, keduanya sama: tidak sepenuhnya benar dan sangat relatif serta subyektif.

Jadi, apa sih kunci dari tetap awet muda? Tentu banyak faktor yang membuat seseorang awet muda. Mulai dari faktor internal seperti genetika dan keturunan, tapi juga faktor eksternal seperti lingkungan, serta faktor lain contohnya gaya hidup dan pola makan.

Yuk, kita bahas satu-satu apa saja kunci menjaga tubuh dan pikiran supaya selalu tetap awet muda, sehat dan bisa menikmati hidup lebih lama.

Makanan sehat adalah tips awet muda nomor satu

Kamu adalah apa yang kamu makan, demikian kata peribahasa. Yang nyatanya memang benar. Tubuh kita memerlukan gizi baik, nutrisi, vitamin dan mineral esensial untuk berfungsi optimal.

Menerapkan pola makan yang mengutamakan sayur dan buah-buahan, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan Omega 3, kemudian mengurangi makanan dengan tingkat kandungan lemak jenuh serta gula yang tinggi. Jalankan pola makan sehat ini sepanjang hidup, supaya tubuh juga selalu fit dan punya energi banyak untuk menangkal radikal bebas maupun gempuran bakteri dan virus jahat.

Olahraga secara teratur dengan tepat adalah tips awet muda selanjutnya

“Your body is your temple”, ungkapan filsuf Inggris, yang artinya tubuhmu adalah kuilmu. Artinya, kita harus menghargai tubuh dan memperlakukannya dengan hormat.

Olahraga secara teratur merupakan tips awet muda yang sudah pasti disarankan oleh banyak orang, tapi ada satu hal yang kami anjurkan di sini, yaitu olahraga dengan tepat sesuai porsi.

Jangan suka memforsir / memaksakan diri, olahraga ringan yang dilakukan secara konsisten jauh lebih baik ketimbang olahraga sesaat yang terlalu berat bagi tubuh.

Terus aktif bergerak sepanjang hari dan sepanjang hidup

Ada kalanya kita dilanda kemalasan yang luar biasa. Boleh sih sesekali mager. Tapi jangan keterusan, ya. Aktif bergerak sepanjang hari dan sepanjang hidup adalah kunci selanjutnya dari tips awet muda.

Orang yang aktif dan selalu punya banyak hal yang dikerjakan, terus menerus dituntut untuk aktualisasi diri dan karenanya tetap muda lebih lama!

Latih otak dan pikiran serta kreativitas, tips awet muda sepanjang masa!

Otak harus selalu dilatih dan diberi tantangan. Belajar bahasa baru, belajar masak atau mengerjakan prakarya adalah beberapa aktivitas yang membuat otakmu terus berfungsi aktif dan berkembang.

Karena ternyata, otak yang tidak dilatih juga bak pisau yang tidak diasah, ia akan mengalami ketumpulan.

Dukung juga kesehatan otakmu dengan memberinya asupan bergizi, seperti rutin meminum minyak ikan serta makan lemak sehat, contohnya ikan salmon dan buah alpukat.

Aktif bersosialisasi dan bertemu teman baru

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan sesama. Rajin bersosialisasi, aktif di perkumpulan arisan, ikut berbagai kelas olahraga, kelas dansa dan bermacam klub lainnya membuat kita harus selalu bertemu dan kenal dengan orang baru. Ini membuat kita juga selalu awet muda.

Berhenti merokok dan minum alkohol juga merupakan tips awet muda!

Efek buruk dari merokok jelas sudah tak perlu dijelaskan lagi. Merokok, nge-vape atau menghisap rokok elektronik sama saja, sebaiknya dihindari. Demikian juga dengan minum alkohol secara berlebihan juga harus dihentikan.

Melindungi kulit dari sinar paparan UV supaya kulit tetap kencang dan kenyal

Rajin pakai krim pelindung tabir surya! Karena kesehatan kulit itu teramat penting. Kurangi berjemur di pantai di siang hari, karena meski sinar matahari baik untuk tubuh dan memacu produksi vitamin D, tetap saja apapun yang berlebihan ya kurang bagus efek jangka panjangnya untuk kita.

Demikian pula dengan berjemur di pantai, kulit yang sering terbakar akan mengalami penuaan lebih dini. Bila harus aktivitas di bawah sinar matahari, lindungi tubuh dengan mengoleskan krim tabir surya dengan SPF minimal 50 – semakin tinggi sampai dengan SPF 110, lebih baik – untuk menjaga kulitmu dari paparan sinar ultraviolet. Plus, gunakan topi lebar untuk menutup muka supaya terlindung dari panas.

Menghindari dan meminimalisir stres, tips awet muda sekaligus tips sehat

Stres membuat tubuh inflamasi / terkena peradangan. Terus menerus stres, tubuh juga jadi tak sehat. Banyak pikiran, muka kusut kan?

Karena itu, hindari dan minimalisir stres adalah tips awet muda sekaligus tips sehat untuk kamu. Belajar relaksasi dan atur pernafasan supaya kamu bisa melakukan manajemen stres yang tepat.

Tidur dan istirahat dengan cukup

Movie marathon di rumah lewat Netflix atau main game di ponsel sampai dini hari? Duh, jangan sering-sering, ya. Waktu tidur dan istirahat dengan cukup sangat penting untuk menjaga vitalitas kamu dan membuat kamu awet muda selalu.

Cukupkan tidur dan istirahat dengan kualitas baik, supaya kamu selalu sehat dan awet muda lebih lama.

Bersyukur dan menerapkan attitude of gratitude, tips awet muda terakhir!

Ya, pada akhirnya, bersyukur dan menerapkan attitude of gratitude adalah tips terakhir yang bisa kami sampaikan.

Syukuri dan berterimakasihlah kepada alam semesta akan segala sesuatu yang kamu punyai, supaya jiwamu tenang dan kamu dapat selalu menjalani hidup dengan bahagia, awet muda, sehat dan puas dengan dirimu sendiri sampai tua nanti!

 

Yuk, jadi versi lebih baik dari dirimu sendiri bersama Generali Indonesia

Masa depan cerah, diawali dengan persiapan yang baik pula! Menjadi versi lebih baik dari dirimu sendiri diawali dari mengatur masa depan yang terarah sesuai tujuan hidupmu. Kebanyakan orang tidak paham betapa pentingnya sebuah perencanaan untuk hidup yang teratur dan strategi supaya hidup bisa terjamin, lancar secara finansial dan masa tua nanti tetap makmur dan mandiri tanpa bergantung pada siapapun.

Generali Indonesia akan selalu setia bersamamu setiap saat dan setiap waktu, dalam setiap milestone penting dalam hidupmu. Mari meniti hidup bersama kami – belajar, bertumbuh dan berkembang dengan gaya hidup sehat dan berbagai tips menarik seputar pengaturan keuangan, olahraga, pengasuhan anak dan tips praktis seputar rumah tangga, kantor maupun kehidupan sehari-hari. Jadilah versi lebih baik dari dirimu sendiri, yang selalu positif dan bahagia, bijaksana menyikapi segala hal yang terjadi dan tak lupa selalu punya persiapan matang menghadapi hidup yang tak pasti.

Bersama Generali Indonesia, setiap langkah kamu akan terjaga, karena kami ada untuk melindungi kamu. Baca artikel-artikel kami di rubrik Generali Healthy Living yang secara rutin ter-update:

Hati-Hati, Ini Penyebab Sakit Ginjal pada Usia Muda!

Pentingnya Self Care bagi Penderita GERD, Simak Caranya di Artikel Ini!

Ternyata, Kurang Tidur Bisa Pengaruhi 4 Sistem Ini Di Dalam Tubuh, Lho!

Olahraga + makan seimbang = tips sehat turunkan berat badan

5 Cara Mencintai Diri Sendiri atau Self Love

Sedang Alami Mid Life Crisis? Ini Cara Mengatasinya!

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Kenapa Kita Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Mulai Berolahraga?

Bagikan
suka artikel ini :