Ginjal merupakan organ tubuh yang begitu vital fungsinya. Salah satu fungsi utama ginjal tersebut adalah menyaring racun dan sisa metabolisme yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh, untuk dibuang melalui urin. Sekarang, bayangkan jika organ tubuh berukuran kecil ini tidak bisa berfungsi dengan baik. Tentu saja racun di dalam tubuh akan menumpuk dan memicu gangguan kesehatan. 

Rusaknya organ ginjal yang kemudian menyebabkan penyakit ginjal, merupakan kondisi yang salah satunya disebabkan karena gaya hidup usia muda yang tidak sehat. Jadi, tidak hanya orang tua saja, orang yang usianya masih muda pun berisiko mengalami penyakit ginjal. Agar penyakit ginjal bisa dihindari, cari tahu penyebab penyakit ginjal tersebut di bawah ini. 

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Secara Berlebihan

Kebiasaan yang menurutmu sepele, seperti mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, ternyata bisa berakibat buruk bagi ginjalmu. Obat bebas seperti obat golongan NSAID dan analgesik mungkin bisa meredakan nyeri dan sakit yang kamu rasakan, namun obat-obatan tersebut bisa merusak ginjalmu, terutama sekali jika kamu sudah menderita sakit ginjal sebelumnya. 

Jika kamu terbiasa mengonsumsi obat pereda nyeri ini secara rutin, upayakan untuk mengurangi pengonsumsiannya agar ginjalmu bisa tetap prima kondisinya. Selain itu, jangan pernah mengonsumsi obat pereda nyeri tersebut melebihi dari dosis yang dianjurkan pada label obat tersebut. Cara inilah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga ginjalmu. 

2. Mengonsumsi Protein Berlebihan 

Protein memang merupakan nutrisi esensial bagi tubuh. Namun, lain cerita jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Asupan protein berlebihan yang diterima oleh tubuh akan membuat ginjal bekerja lebih keras dibanding biasanya, sehingga berisiko memicu terjadinya gangguan pada ginjal. Maka dari itu, sesuaikan protein yang dikonsumsi dengan asupan yang direkomendasikan. 

3. Penggunaan Garam Berlebihan 

Penyebab sakit ginjal selanjutnya adalah penggunaan garam yang berlebihan. Batasilah kadar garam yang dikonsumsi, karena pengonsumsian makanan yang tinggi sodiumnya akan bisa meningkatkan tekanan darah dan mempercepat terjadinya kerusakan pada ginjal. Kamu juga bisa mengalami batu ginjal, yang memicu rasa mual, nyeri teramat sangat, dan kesulitan buang air kecil.  

Alih-alih menggunakan garam saat memasak, kamu bisa pilih opsi lain seperti menggunakan tanaman herbal atau rempah lain yang bisa menggantikan fungsi garam. Jika sudah terbiasa, maka kamu akan bisa dengan mudah menghindari penggunaan garam yang berlebihan saat memasak nantinya. 

4. Tidak Mengonsumsi Air yang Cukup 

Minum air yang cukup tidak hanya bertujuan untuk menghidrasi tubuh saja, melainkan juga untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, maka ginjal akan terbantu dalam membersihkan tubuh dari sodium dan racun. Mengonsumsi air yang cukup juga merupakan cara untuk menghindari batu ginjal yang begitu menyakitkan. 

Agar risikomu menderita penyakit ginjal di usia muda tidak meningkat, biasakanlah untuk meminum air sebanyak 1½ hingga 2 liter per harinya. Banyaknya jumlah air yang direkomendasikan ini bisa saja berubah, sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan, apakah membuat cairan di tubuh jadi cepat terkuras atau tidak.  

5. Mengonsumsi Makanan Olahan 

Makanan olahan memang terkenal enak, namun dibalik itu ada potensi kerusakan ginjal yang membayanginya. Makanan olahan diketahui memiliki kandungan sodium dan fosfor yang begitu tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian, asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang yang tidak memiliki penyakit ginjal, akan berpengaruh buruk pada ginjal dan tulangnya. 

6. Begadang 

Hindarilah begadang jika kamu ingin ginjalmu terhindar dari kerusakan yang menyebabkan penyakit ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur, yang kemudian membantu koordinasi beban kerja ginjal selama 24 jam. Maka dari itu, pastikan kamu tidur yang cukup, setidaknya 7 hingga 8 jam sehari, agar ginjal bisa sehat dan kamu pun segar saat bangun tidur nanti. 

7. Merokok 

Merokok merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal ini. Tidak sedikit orang yang menderita penyakit ginjal di usia muda karena kebiasaan merokok. Merokok akan menyebabkan aliran darah ke ginjal jadi melambat, serta memperburuk kondisi tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2, yang mana keduanya merupakan penyebab utama penyakit ginjal. 

8. Minum Minuman Beralkohol 

Kebiasaan minum minuman beralkohol berpotensi meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit ginjal kronis. Maka dari itu, cobalah untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol ini mulai dari sekarang. Tidak hanya ginjal yang akan terjaga kesehatannya, namun juga organ penting tubuh lainnya juga akan tetap prima kondisinya. 

9. Minum Minuman Bersoda 

Selain minuman beralkohol, minuman bersoda juga disebut sebagai salah satu penyebab sakit ginjal. Jika kamu meminum 1 hingga 2 kemasan diet soda dalam sehari, maka kamu akan lebih berisiko menderita penyakit ginjal. Efek buruk yang ditimbulkan oleh minuman bersoda ini pada ginjal disebabkan karena kandungan pemanis yang dimilikinya. 

10. Olahraga Berlebihan

Olahraga itu penting, namun jangan sampai melakukannya secara berlebihan. Olahraga berlebihan atau dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan bisa memicu terjadinya rhabdomyolysis atau kondisi jaringan otot yang rusak menjadi hancur dalam waktu singkat. Zat sisanya nanti akan masuk ke dalam darah, yang kemudian melukai ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. 

Itulah tadi beberapa penyebab sakit ginjal pada usia muda yang sebisa mungkin harus kamu hindari. Jagalah ginjal dengan sebaik mungkin, mengingat fungsi ginjal yang sangat krusial bagi tubuh, salah satunya sebagai penyaring racun dalam tubuh. Ginjal yang sehat merupakan salah satu kunci sehatnya tubuh.

Tracking Hati-Hati, Ini Penyebab Sakit Ginjal pada Usia Muda!
Bagikan
suka artikel ini :