5 Cara Mencintai Diri Sendiri atau Self Love

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
5 Cara Mencintai Diri Sendiri atau Self Love.jpg

Istilah self love begitu populer dan banyak diperbincangkan masyarakat di kehidupan modern seperti sekarang. Pasalnya mencintai diri sendiri merupakan salah satu aspek penting terkait kesehatan, baik fisik maupun mental.  

Mencintai diri sendiri berarti Kamu menyayangi dan menerima segala hal yang ada pada dirimu. Seseorang yang bisa menerima kelebihan dan kekurangan pada dirinya akan lebih mudah untuk mengontrol emosi, saat sedang sedih, marah, dan kecewa. Berikut beberapa cara mencintai diri sendiri yang dapat Kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Sering kali Kita dibuat sibuk untuk mencintai orang-orang terdekat Kita dan melupakan bahwa Kita sendiri juga butuh cinta. Bukan dari orang lain, tetapi cinta dari dan untuk diri Kita sendiri. Mulailah mencintai diri sendiri, berhenti memandang buruk diri sendiri, dan coba memprioritaskan diri sendiri.

Ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan untuk mencintai diri sendiri. Jika berlebihan, seseorang akan cenderung memiliki sifat narsisisme dan menganggap dirinya lah yang paling benar. Berikut beberapa langkah yang bisa Kamu terapkan untuk mulai mencintai diri sendiri.

1. Mengenali dan menerima diri sendiri

Langkah awal untuk mencintai diri sendiri adalah belajar mengenal diri sendiri dan berdamai dengan kondisimu saat ini. Belajar untuk menerima apapun kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Kamu.

Mulai mencintai diri sendiri dengan memaafkan masa lalu yang sudah terjadi. Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk maju hanya karena pengalaman masa lalu yang pernah dialami. Fokuslah pada diri Kamu saat ini.

Sekali-kali Kamu bisa bercermin dan berbicara pada diri sendiri sebagai terapi. Katakan bahwa Kamu itu berharga dan kehidupan Kamu itu adalah hal penting. Jika Kamu mulai bisa menerima diri sendiri, pikiran akan lebih positif dan mengurangi stres atau depresi.

2. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Sekarang ini mungkin sangat mudah untuk Kamu melihat kehidupan orang lain melalui media sosial. Namun dibalik itu semua, ada dampak negatif yang bisa muncul yaitu sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain di media sosial.

Kurangi bermain media sosial yang membuat Kamu minder atau insecure. Terima bahwa setiap orang itu unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbanyaklah sosialisasi dengan teman atau keluarga di kehidupan nyata. Jangan fokus dengan dunia maya yang tidak selalu sama dengan dunia nyata.

Gunakan internet dengan bijak dan untuk sebatas memotivasi diri sendiri. Jangan sampai Kamu tertipu dengan kesempurnaan palsu yang ada di media sosial. Stop membandingkannya dengan kehidupan Kamu yang hanya akan menambah stres.

3. Memprioritaskan diri sendiri

Tidak bisa dipungkiri jika kebanyakan dari Kita memang sering terpengaruh dengan pendapat orang lain. Melakukan sesuatu hal karena anggapan orang lain hal tersebut bagus dan terbaik. Jika Kamu terus-terusan melakukan sesuatu hanya untuk menanggapi omongan orang lain, lama kelamaan Kamu akan lelah.

Mulailah mencintai diri sendiri dengan memprioritaskan diri sendiri bukan pendapat orang tua, teman, atau tetangga. Jangan terlalu mengkhawatirkan tentang pendapat orang lain yang menghalangi Kamu melakukan atau memutuskan suatu hal. Ikuti kata hati Kamu dan jika benar-benar Kamu inginkan, maka lakukanlah.

Belajar mencintai diri sendiri dapat membuat Kamu lebih mudah untuk mengembangkan harga diri yang sehat. Saat kita dapat mengembangkan harga diri yang positif, maka akan lebih mudah untuk terhindar dari kecemasan berlebih. Hal ini tentunya berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikis.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Mencintai diri sendiri tidak terbatas pada kebutuhan psikologi semata, tetapi juga kebutuhan fisik atau tubuh. Cara mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaga pola hidup yang sehat.

Rajin berolahraga, minum air putih yang cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi adalah beberapa cara untuk memberikan cinta pada diri sendiri. Tubuh yang sehat tentu akan menjadi hadiah terbaik dan tidak ternilai untuk Kamu.

Jika Kita mencintai diri sendiri, berarti Kita juga harus mengembangkan gaya hidup sehat. Manfaatnya akan sangat terasa pada tubuh termasuk tingkat stres yang berkurang. Tubuh akan lebih glowing dan dapat memancarkan aura positif dari dalam diri Kamu.

5. Melakukan ritual

Mencintai diri sendiri ada ritualnya loh. Kamu bisa melakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan sebagai ritual untuk membahagiakan diri sendiri. Tidak harus hal-hal besar, tetapi aktivitas kecil seperti merawat tubuh dengan skin care favorit, membaca buku, atau menonton film.

Manfaat melakukan ritual ini antara lain Kamu bisa mendapatkan kepuasan hidup, menerima situasi hidup diri sendiri, dan bertanggung jawab atas keputusan atau tindakan Kita sendiri. Kamu perlu bersenang-senang dan mungkin sekali-kali menertawakan keapesan hidup Kamu.

Saat Kamu mendapatkan keberhasilan, rayakanlah walaupun hanya kesuksesan kecil. Cara ini akan membuat seseorang merasa lebih berharga dan termotivasi.

Itulah beberapa cara memulai mencintai diri sendiri dari hal-hal kecil. Pada intinya self love adalah mencintai diri sendiri dengan menerima segala hal, entah itu kelebihan atau kekurangan. Manfaat mencintai diri sendiri adalah pikiran menjadi tenang dan selalu positif sehingga tubuh pun akan lebih sehat.