Aduh, mobil mogok di jalan! Ini hal yang sering terjadi dan biasanya mendadak, sehingga banyak dari kita tak punya persiapan. Saat kejadian mobil tiba-tiba mogok, di jalan raya maupun di jalan tol, ini beberapa langkah yang harus dilakukan supaya semua penumpang mobil tetap dalam keadaan aman sentosa.

Cari tempat yang aman

Bila mobil tiba-tiba saja mulai mengeluarkan bunyi-bunyian aneh, bergetar tak biasa atau berasap, sebaiknya langsung menepi, cari tempat yang aman di bagian bahu atau pinggir jalan. Jauhi lalu lintas yang padat. Hentikan mobil dan matikan mesin, lalu cobalah telepon patroli jalan raya / polantas dengan segera, untuk meminta bantuan.

Nyalakan lampu hazard

Saat sudah menepi dan mematikan mesin mobil, nyalakan lampu hazard darurat untuk menandakan mobil kita sedang bermasalah, sehingga pengemudi lainnya bisa melambatkan laju kendaraan dan menjaga jarak yang aman saat melewati mobil kita.

Beri tanda supaya mobil kita mudah terlihat

Untuk mencegah tabrakan dari arah belakang, beri tanda supaya mobil kita mudah terlihat. Nyalakan lampu di malam hari. Letakkan segitiga penanda darurat sekitar 5-10 meter di belakang mobilmu.

Keluar dari sisi mobil yang aman

Untuk melindungi semua penumpang dari lalu lintas, pastikan sudah berada di sisi mobil yang aman di sebelah bahu jalan, saat keluar dari mobil.

Jalan pelan-pelan di pinggir bahu jalan

Bila terpaksa harus berjalan untuk mencari bala bantuan, berjalanlah dengan pelan-pelan di bagian paling pinggir dari bahu jalan, jaga jarak sejauh mungkin dari lalu lalang kendaraan lainnya.

Kunci mobil dan bawa barang seperlunya terutama yang berharga

Saat meninggalkan mobil yang mogok di jalan raya, selalu pastikan semua pintu mobil sudah terkunci, jendela-jendela tertutup rapat.

Bawa barang seperlunya saja, tapi jangan tinggalkan barang-barang berharga seperti ponsel, laptop, perhiasan atau uang di dalam mobil karena bisa mengundang rampok untuk beraksi.

Cari letak lokasi mogok yang pasti 

Gunakan titik penanda di aplikasi Google Map atau fitur Share Location di Whatsapp untuk menandai dimana mobil mogok. Catat titik baik-baik dan cek apakah ada tanda lain yang bisa digunakan untuk mengenali lokasinya, seperti pom bensin atau restoran terdekat.

Langkah pengamanan saat mobil mogok di jalan

 

 

Temukan artikel seputar perawatan mobil dan aman berkendara di jalan raya di sini:

Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Tips aman mudik dengan mobil: silaturahmi Lebaran lancar, semua tetap aman!

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

Cara praktis membersihkan mobil secara menyeluruh

Tracking Mobil mogok di jalan? Ini langkah pengamanannya
Bagikan
suka artikel ini :