Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

Minggu, 14 Juli 2019
Amankan mobilmu dari pencurian dengan GPS

Mobil kita mungkin merupakan salah satu benda paling berharga secara finansial. Tak heran, penting rasanya untuk selalu menjaga agar mobil selalu aman. Jakarta merupakan salah satu kota sasaran empuk curanmor, dengan tak kurang dari 9 jumlah pencurian mobil tercatat setiap harinya.

Salah satu cara mengamankan mobil kita, sekaligus selalu dapat memantau lokasi keluarga yang sedang mengendarainya, adalah lewat perangkat GPS yang bisa kita instal di mobil. Penggunaan GPS kini semakin dinilai penting bagi para pemilik kendaraan, tak hanya bagi pengusaha rental mobil tapi juga bagi pemilik kendaraan pribadi. Apalagi dengan semakin liciknya pencuri kendaraan - kadang, aksesoris klasik seperti palang pengunci setir mobil pun tak cukup untuk menghindari pencuri beraksi.

Saat membeli GPS, bacalah ulasan mengenai tipe-tipe GPS terlebih dulu dan bila memungkinkan, mintalah saran kepada penjualnya. Beritahukan penjual tipe dan jenis kendaraan yang kamu miliki, contoh rute yang biasa kamu tempuh dan penggunaan apa saja yang biasa dilakukan oleh mobilmu (apakah hanya antar-jemput anak sekolah atau pasangan ke kantor, atau digunakan sekaligus sebagai taksi / sewa mobil online, dan lain-lain sebagainya), sehingga GPS yang kamu beli dipastikan cocok untuk kebutuhanmu.

Bila dulu harga GPS sangat mahal, sekarang ini banyak perangkat GPS yang harganya terjangkau, mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Beberapa contohnya adalah ET200 yang harganya di kisaran Rp 200-400 ribu, Mini GPS dengan kisaran harga Rp 100-200 ribu, hingga yang lebih canggih seperti Smart Bellamall dengan kisaran Rp 400-600 ribu, hingga merek populer Garmin Nuvi yang dilengkapi layar dan fitur lebih lengkap yang sebanding dengan harga lebih tinggi mulai dari Rp 600 ribu ke atas. Semua perangkat ini bisa didapatkan di toko online maupun di pusat-pusat aksesoris mobil di kotamu.

Selain fisik mobil, yang juga penting untuk diberi pelacak sekaligus pengamanan ekstra adalah kunci mobil. Selalu simpan kunci mobil dan duplikatnya di tempat yang aman, dan pasangi perangkat seperti iTag atau Trackr - bila kamu lupa dimana meletakkan kunci mobil, kamu bisa membuat perangkat tersebut berbunyi dengan nada dering keras sehingga mudah ditemukan. Psst, selain untuk kunci mobil, perangkat yang berfungsi dengan bluetooth ini bisa kamu gunakan untuk barang kecil apa saja yang berpotensi terselip dan susah dicari - seperti dompet, set kunci rumah atau bahkan ponselmu!

Perangkat GPS ini memungkinkan kita selalu dapat melacak keberadaan kendaraan kita setiap saat, lewat aplikasi ponsel atau website yang bersifat real-time. Selain memberikan ketenangan batin, rasa aman meninggalkan mobil terparkir pun bisa kita dapatkan.

 

Asuransi jiwa dapat membantumu untuk menikmati hidup tanpa harus kuatir apa yang akan terjadi pada orang-orang tercinta, bila sewaktu-waktu nasib berkehendak lain. Pilih iPlan, solusi proteksi jiwa lengkap dari Generali dengan manfaat pertanggungan kecelakaan.

 

Temukan artikel seputar perawatan mobil dan aman berkendara di jalan raya di sini:

Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Tips aman mudik dengan mobil: silaturahmi Lebaran lancar, semua tetap aman!

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

Cara praktis membersihkan mobil secara menyeluruh