Cara praktis membersihkan mobil secara menyeluruh

Healthy Lifestyle Jumat, 17 Januari 2020
Tips membersihkan mobil secara menyeluruh

Bangga rasanya saat pertama kali membeli mobil sendiri, karena membeli kendaraan roda empat merupakan sebuah pencapaian. Nah, punya mobil berarti juga punya tanggungjawab ekstra, yaitu menjaga si roda empat agar selalu bersih, terlihat apik dan terawat dengan baik - agar kelak bila ingin dijual lagi atau ditukar tambah, harganya tetap prima. Selain itu, mobil yang terawat dengan baik pun lebih menjamin keamanan kita sebagai pengendara, baik dari segi pengemudi maupun penumpang.

Bagaimana caranya merawat mobil dengan baik? Ini beberapa tips simpelnya.

Ban mobil

Ban luar dan dalam sama pentingnya. Keduanya harus rajin-rajin dibersihkan supaya awet dan selalu dalam keadaan baik saat kendaraan digunakan. Saat membersihkan mobil secara menyeluruh, yang penting untuk dibersihkan pertama-tama adalah ban luar dan velg. Nah, bila servis dan cek ban dalam sebaiknya dilakukan di bengkel, membersihkan ban luar dan velg bisa dilakukan sendiri di rumah.

Untuk membersihkan ban luar, siapkan spons busa besar, sikat gigi bekas, dua ember air hangat dan cairan pembersih khusus untuk ban. Ada banyak merk pencuci ban - saran kami, pilihlah yang tidak bersifat asam karena cairan asam bersifat korosif dan dapat menyebabkan kerusakan pada ban dan velg.

Semprot satu-persatu ban dengan cairan pembersih khusus tersebut, biarkan selama beberapa menit, kemudian, gosok dengan spons dan gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau spons. Bilas dengan bersih dan keringkan ban satu per satu.

Jendela dan kaca spion

Untuk membersihkan jendela-jendela dan kaca spion mobil, yang dibutuhkan adalah cairan pembersih khusus kaca mobil dan handuk atau kain mikrofiber. Jangan gunakan produk pembersih rumah tangga karena bisa merusak lapisan kaca mobil dan karet pembatas jendela.

Cara membersihkan jendela dan kaca spion mudah saja - semprotkan cairan pembersih khusus, diamkan sejenak, lalu lap dengan gerakan memutar menggunakan kain kering yang bersih.

Jangan lupa bersihkan kaca spion dan terakhir, wiper kaca depan dan belakang juga harus dibersihkan menggunakan cairan dan teknik yang sama.

Membersihkan bagian luar mobil

Supaya cat dan bodi mobil selalu kinclong, gunakan shampoo khusus mobil - jangan gunakan sabun colek atau sabun cuci piring, apalagi deterjen pencuci baju - ini semua bisa mengikis lapisan cat mobil.

Campur shampoo khusus mobil dengan air hangat dan bersihkan seluruh bagian luar mobil dengan spons. 

Bagian dalam mobil, tempat duduk dan dasbor

Membersihkan bagian dalam mobil cukup mudah. Keluarkan karpet mobil, cuci bersih satu-satu dan keringkan di luar sebelum mengembalikannya ke dalam mobil. Buang semua sampah dari dalam mobil. Gunakan vacuum cleaner / pengisap debu untuk membersihkan tempat duduk beserta jok dan kantong di belakang kursi, serta lantai mobil.

Gunakan air hangat dan lap untuk membersihkan dasbor, setir mobil serta bagian dalam jendela-jendela. Keringkan dengan lap kering yang lembut. Biarkan mobil terbuka kurang lebih tiga puluh menit setelah dibersihkan, supaya seluruh bagian dalam punya waktu kering alami lewat angin dari luar.

Membersihkan mobil memang tidak mudah dan tidak sebentar, apalagi bila yang dilakukan adalah proses pembersihan secara menyeluruh. Jangan tunggu sampai mobil terlalu kotor sebelum membersihkannya - seminggu sekali rasanya waktu yang tepat untuk membersihkan mobil. Selalu sediakan tisu dan gel pembersih tangan di dalam mobil, pengharum mobil supaya aroma dalam mobil tetap segar, dan tong sampah kecil supaya sampah tidak berserakan.

 

Sedang berencana membeli mobil? Ukuran besar atau kecil? Model seperti apa yang pas untukmu? Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal penting seputar keamanan berkendara di jalan serta jenis-jenis mobil yang bisa kamu pilih, lewat berbagai tips di artikel-artikel kami:

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Penting untuk orangtua! Tips simpel untuk aman berkendaraan bersama bayi dan balita

Memilih ukuran mobil: kecil atau besar?

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu