PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat saat ini telah resmi dicabut. Kasus COVID-19 di Indonesia telah menurun drastis dan pemerintah memutuskan untuk mengakhiri masa PPKM. Namun, bukan berarti kita bisa santai-santai dan tidak menjaga kesehatan dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar kamu bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit selama beraktivitas.

1. Jaga Kebersihan 

Pertama-tama kamu harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik. Pastikan kamu menjaga lingkungan rumah dan kantor tetap sehat. Selain itu, kamu juga harus berusaha menjaga kebersihan diri dengan mandi minimal 2 kali sehari. Jangan lupa untuk tetap rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di sela-sela beraktivitas. 

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah kunci penting agar kamu bisa tetap sehat. Jika lingkungan dan dirimu sendiri dalam kondisi bersih maka tidak akan mudah terinfeksi bakteri atau virus. Saat kasus COVID-19 sedang tinggi, masyarakat memang selalu diingatkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Pertahankan kebiasaan tersebut meskipun situasi pandemi semakin membaik. 

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Kamu juga harus menerapkan pola makan yang sehat. Selain kebersihan diri dan lingkungan, pola makan juga berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuhmu. Pastikan kamu makan makanan bergizi lengkap dan seimbang. Nutrisi yang cukup akan membantu tubuhmu tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. 

Hindari kebiasaan makan junk food yang tinggi lemak dan garam. Kamu juga disarankan untuk membatasi makanan yang mengandung gula. Perbanyak sayur dan buah setiap hari supaya kebutuhan vitamin tercukupi. Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen secara rutin. 

3. Minum Banyak Air Putih

Pastikan untuk minum banyak air putih agar tubuhmu terhindar dari dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi ternyata bisa membuat tubuhmu jadi lemah. Sistem imun juga tidak bisa bekerja efektif dalam melawan serangan penyakit. Oleh sebab itu pastikan kamu terbiasa minum banyak air putih setiap hari, sesuai kebutuhan tubuhmu. 

Setiap orang sebenarnya memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kebutuhan cairan mulai dari usia, berat badan, aktivitas, dan kondisi lain. Rata-rata memang orang dewasa membutuhkan air putih kurang lebih 2 liter per hari. Namun jumlah ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung kebutuhan masing-masing tubuh. 

4. Istirahat yang Cukup

Kamu juga harus membiasakan diri beristirahat yang cukup. Tidur tepat waktu dan bangun di saat yang tepat akan membuat tubuhmu jadi lebih sehat. Apalagi jika kamu punya aktivitas yang padat, jangan sampai lupa untuk beristirahat. Kurangi juga kebiasaan begadang kalau bisa hilangkan kebiasaan tersebut karena ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. 

Saat tubuhmu tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka imunitas tubuh bisa semakin lemah. Tubuhmu jadi kelelahan lalu imun melemah dan jadi lebih mudah terserang penyakit. Jadi perbaiki pola tidurmu mulai dari sekarang agar kamu lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Buatlah jadwal kegiatan yang efektif sehingga kamu bisa tetap istirahat meskipun banyak aktivitas. 

5. Kelola Stres dengan Baik

Kondisi mental dan pikiranmu juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Pastikan kamu melakukan manajemen stres sebaik mungkin. Jaga pola pikir tetap positif agar kamu tidak mudah stres. Saat pikiran stres, maka imun tubuh akan melemah dan penyakit mudah menyerang. Itulah mengapa sangat disarankan untuk lebih memperhatikan mental health-mu mulai dari sekarang.

Saat PPKM kemarin, banyak orang yang merasa stres karena harus menjalani masa isolasi atau karantina mandiri. Kondisi ini justru membuat mereka jadi lebih mudah terserang penyakit. Kamu harus banyak belajar dari situasi tersebut. Mulailah belajar mengelola stres dan tidak perlu overthinking. Berikan afirmasi positif setiap hari dan lakukan meditasi jika perlu. 

6. Rajin Olahraga

Salah satu cara terhindar penyakit adalah dengan rajin berolahraga. Sesibuk apapun aktivitasmu, kamu harus meluangkan waktu untuk olahraga. Lagipula ada banyak aktivitas olahraga menyenangkan yang tidak menyita banyak waktu. Kamu bahkan bisa memulainya dari rumah saja jika kamu malas keluar. Misalnya dengan melakukan yoga, treadmill di rumah, senam, dan lain sebagainya. 

Pilihlah aktivitas olahraga yang menyenangkan dan bisa membuat kamu semakin semangat. Jadikan olahraga ini sebagai sebuah rutinitas. Sebisa mungkin kamu harus konsisten melakukan aktivitas tersebut demi tubuh yang lebih sehat. Tidak hanya bisa membuat fisikmu jadi lebih sehat, aktivitas olahraga juga bisa menjaga kesehatan mentalmu dan menurunkan risiko stres. 

7. Miliki Asuransi Kesehatan

Jangan lupa, siapkan asuransi kesehatan untuk masa depan yang lebih baik. Asuransi kesehatan seringkali dianggap sebagai kebutuhan tersier yang tidak penting. Padahal adanya asuransi kesehatan bisa membantu memberikan jaminan kepadamu di masa depan. Ada yang bertanggung jawab terhadap kondisi kesehatanmu jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Asuransi seperti ini punya banyak keuntungan, salah satunya jika dilihat dari segi finansial. Pilihlah asuransi kesehatan yang benar-benar bisa diandalkan. Kamu bisa melihat spesifikasi produk asuransi yang akan dipakai dan perhatikan jumlah premi yang harus dibayarkan. Asuransi kesehatan nantinya akan menjadi solusi efektif saat sewaktu-waktu kamu butuh layanan kesehatan di rumah sakit atau rawat jalan. 

PPKM memang sudah berakhir, namun bukan berarti kamu harus berhenti menjaga kesehatan diri. Tetap terapkan pola hidup yang sehat dan jaga kebersihan diri serta lingkungan. Jangan lupa, gunakan asuransi kesehatan Generali untuk membantu mempersiapkan perawatan kesehatanmu di masa depan. Asuransi kesehatan ini akan memberi banyak kemudahan saat kamu jatuh sakit.

Tracking Meski PPKM Sudah Dicabut, Lakukan 7 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!
Bagikan
suka artikel ini :