Hunian mungil kian terasa lapang dengan tips-tips menarik berikut ini!

Healthy Lifestyle 04 April 2019

Banyak benefit yang didapat saat membeli rumah berukuran mungil atau apartemen minimalis: lebih sedikit mebel yang harus dibeli, lebih sedikit ruangan yang harus dibersihkan dan lebih hemat biaya listrik dan perawatan. Ini beberapa tips supaya hunian mungil terasa lega dan semakin asri: 

1. Mebel yang bisa dilipat

Lengkapi ruangan di dalam tempat tinggalmu dengan kursi, meja dan lemari yang bisa dilipat, sehingga tak menghalangi jalan saat sedang tidak digunakan.

2. Mebel multiguna

Meja makan sekaligus meja kerja, tempat tidur yang bagian bawahnya memiliki rak penyimpanan, atau lemari buku sekaligus rak TV, saat ini banyak mebel multiguna yang bisa menghemat ruang dan lebih fungsional.

3. Rak gantung

Rak gantung adalah solusi praktis karena tidak memakan ruang di lantai. Kamu bisa mengatur ketinggian rak dan lebarnya, supaya ruangan mungil pun terlihat lebih lapang. 

4. Investasi di kitchen set

Memiliki dapur yang fungsional dalam satuan set yang dibuat khusus sesuai ukuran dapurmu, akan lebih menghemat ruang ketimbang membeli barang-barang dapur dalam satuan. Memang harga kitchen set lengkap lazimnya lebih mahal, tapi ini merupakan investasi penting untuk menyiasati penggunaan ruang maksimal bagi huniah berukuran mungil. 

5. Pintu geser

Gunakan pintu geser yang praktis dan tidak memakan banyak tempat untuk buka-tutupnya, ketimbang pintu konvensional. Prinsip ini banyak diterapkan terutama di kota-kota besar Jepang, dengan minimalnya ruang tinggal yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

6. Ruang bertingkat

Bila kebetulan langit-langit rumah cukup tinggi, manfaatkan bagian atas untuk membuat loft alias mezzanine - terbuka atau tertutup, ruang tambahan vertikal ini bisa kamu gunakan untuk kamar tidur tambahan atau ruang kerja.

7. Gunakan media digital

Media fisik seperti buku, CD, DVD dan album foto konvensional akan menyita semakin banyak tempat seiring bertambahnya koleksi. Tukar media fisik dengan media digital: simpan data seperti foto dan musik di harddisk eksternal dan gunakan buku elektronik supaya ruang di rumah tidak terbuang untuk menyimpan koleksi media.

8. Terapkan prinsip Marie Kondo

Yang saat ini sedang nge-trend di seluruh dunia: si guru besar pengaturan rumah dan barang, Marie Kondo! Tips singkat KonMarie yang bisa kamu terapkan untuk si hunian mungil adalah:
- Atur barang-barang serapi mungkin supaya energi baik selalu mengalir
- Usahakan semua barang selalu pada tempatnya dan atur berdasarkan jenis dan warnanya
- Less is more! Jangan menumpuk barang, rajin-rajinlah memilah-milah baju, sepatu, tas dan asesoris yang sudah tidak dipakai lagi, hanya simpan barang-barang yang membuat kamu happy!

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini:

Trend dekorasi rumah dan interior di 2019

Inilah Sistem Keamanan Rumah tercanggih masa kini