Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Healthy Protection 07 Juli 2019

Kebanyakan orang kurang memperhatikan perawatan ban mobil, padahal kelima ban (empat yang digunakan dan satu ban cadangan) merupakan elemen penting yang berpengaruh pada keselamatan saat mengendarai mobil pribadi.

Ini beberapa cara sederhana untuk merawat ban mobil supaya selalu dalam kondisi optimal, aman dan awet digunakan. Tips ini berlaku untuk semua orang, tidak hanya pria saja tapi juga wanita modern masa kini, yang kemana-mana selalu menyetir mobilnya sendiri (psst, siapa bilang wanita tidak bisa merawat mobil dan bannya dengan mandiri?).

Cek tekanan angin pada ban

Menjaga agar semua ban mobil selalu cukup tekanan angin sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara dan menghemat bensin. Sebaiknya, tekanan angin harus berada di level tengah rata-rata - jangan terlalu keras karena akan membuat ban cepat aus, dan jangan terlalu rendah karena bisa membuat tarikan mesin lebih berat sehingga boros bahan bakar serta sulit dikontrol (terutama sangat berbahaya saat musim hujan dengan kondisi jalanan yang licin). 

Spooring & balancing

Spooring adalah proses yang dilakukan pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil, sedangkan balancing adalah proses penyesuaian untuk menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri-kanan roda. Biasanya, kedua proses ini perlu dilakukan secara berkala, setiap pemakaian mobil telah mencapai jumlah kilometer tertentu atau segera setelah mengganti ban atau velg dengan yang baru. Lakukan proses spooring & balancing mobil di bengkel terpercaya.

Inspeksi mata

Dua minggu atau sebulan sekali, lakukan inspeksi visual pada kesemua ban mobil untuk memastikan tidak ada keretakan atau kebocoran, atau ausnya jahitan.

Kebanyakan ban mobil perlu diganti setiap 3 sampai 5 tahun, tergantung frekuensi pemakaian dan jenis medan jalanan yang ditempuh. Ada indikator yang menandakan ban sudah aus dan perlu diganti, yang disebut dengan TWI (Tread Wear Indicator). TWI terdapat pada tapak ban dan berbentuk tanda segitiga. Saat telapak ban sudah menyentuh segitiga TWI, itu artinya ban mobil sudah harus diganti dengan yang baru.

Rajin mencuci mobil termasuk bannya

Rajin-rajinlah mencuci mobil secara menyeluruh, termasuk membersihkan ban mobil minimal seminggu sekali. Saat mencuci ban mobil, perhatikan sekalian apakah ada kotoran atau batu kerikil yang masuk ke bagian dalam ban dan harus dibersihkan.

Yang terakhir, selalu pastikan ban cadangan di dalam mobil juga selalu dalam keadaan baik dan siap digunakan bila sewaktu-waktu diperlukan.

Sedang berencana membeli mobil? Ukuran besar atau kecil? Model seperti apa yang pas untukmu? Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal penting seputar keamanan berkendara di jalan serta jenis-jenis mobil yang bisa kamu pilih, lewat berbagai tips di artikel-artikel kami:

Penting untuk orangtua! Tips simpel untuk aman berkendaraan bersama bayi dan balita

Cara klaim asuransi ketika sakit atau kecelakaan saat sedang liburan di luar negeri