Penting! Ini cara mencegah paparan polusi udara

Healthy Protection 04 September 2019

Tak kasat mata tapi bisa sangat berbahaya, polusi udara adalah salah satu penyebab penyakit dan kematian yang menelan tak kurang dari 4,2 juta korban jiwa setiap tahunnya. Apalagi, baru-baru ini Jakarta menghadapi masalah besar mengenai polusi udara: ibukota negara kita menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi udara terparah di dunia.

Bagaimana cara mencegah paparan polusi udara? Tonton video persembahan dari Generali ini sampai selesai, untuk tahu langkah-langkah tepat menghindari polusi udara, si bahaya tak terlihat ini!

Apa yang termasuk polusi udara?

Polusi udara adalah gabungan dari gas dan partikel solid di udara, yang bisa termasuk di dalamnya: debu dan kotoran dari manusia dan hewan, bakteri dari pembusukan sampah, gas beracun dari pabrik dan emisi pembuangan kendaraan bermotor

Apa saja efek sampingnya?

Menghirup udara yang terpapar polusi dapat memberi pengaruh sangat buruk pada kesehatan, apalagi bila kita terpapar polusi tersebut dalam waktu lama karena bekerja di luar ruangan sepanjang hari, atau bila kita tinggal di kota besar yang tingkat polusinya tinggi seperti Jakarta.

Beberapa penyakit fatal yang terkait dengan polusi antara lain: kanker paru-paru dan berbagai penyakit paru-paru serta saluran pernafasan lainnya, penyakit jantung dan stroke, dengan jumlah 43% kematian sehubungan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara.

Bagaimana cara menghindari paparan polusi?

Hindari berada di luar ruangan dan di lalu lintas saat jam-jam dimana kemacetan mengalami puncaknya. Asap pembuangan knalpot kendaraan bermotor yang sangat berbahaya ini, jumlahnya tentu meningkat seiring dengan semakin banyaknya kendaraan yang berada di satu tempat yang sama - saat jam pulang kantor misalnya.

Bila kamu terpaksa berada di luar ruangan saat waktu-waktu puncak kemacetan lalu lintas, maka pastikan jendela mobil tertutup rapat dan selalu gunakan masker dengan standar internasional yang baik, paling tidak dengan perlindungan berstandar N95 atau bahkan lebih tinggi.

Kamu juga sebaiknya cek kondisi medis yang mungkin bisa membuatmu lebih terpengaruh paparan polusi, seperti asma, aritmia jantung, anemia, infeksi dan sensitif alergi, supaya kamu bisa melindungi dirimu sendiri dari paparan polusi dengan lebih tepat.

Selalu proaktif dan cepat tanggap juga sangat membantu - kamu bisa mengecek tingkat polusi udara di Jakarta setiap hari lewat situs Air Visual di tautan ini.

Yang terakhir, sebagai warga kota, sekecil apapun kontribusi yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi polusi, akan berarti bila semua orang turut berpartisipasi melakukannya. Contohnya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan lebih banyak menggunakan transportasi umum serta menghemat energi bilamana bisa. Yuk, mari pelan-pelan kita lawan polusi bersama-sama!

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Infografis: Yuk, cintai bumi kita dengan mengurangi pemakaian plastik

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi

Infografis: Tips penting jaga kesehatan gigimu