Sarapan sehat ala Generali

Healthy Lifestyle 14 September 2019

Sarapan sehat terbukti penting secara klinis, karena sarapan yang baik memberikan energi penuh untuk bersiap menghadapi kegiatan sepanjang hari. Selain itu, sarapan dengan makanan sehat yang penuh vitamin, nutrisi dan mineral esensial bagi tubuh juga sangat penting.

Saat sarapan dengan makanan yang bergizi, tidak hanya tubuh yang diberi "bensin" bagus untuk aktivitas harian kita - riset pun menyatakan bahwa sarapan yang baik akan membantu meningkatkan fungsi otak, membuat mood jadi bagus, sehingga semakin mudah fokus untuk bekerja. Selain itu, sarapan sehat juga mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, mencegah obesitas dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Menu sarapan orang Indonesia memang lezat-lezat, tapi sayangnya, kebanyakan menu tersebut tinggi karbo dan gula, serta mengandung banyak lemak jenuh. Bukan berarti lantas tidak bisa menikmati sarapan tradisional seperti nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur maupun jajanan pasar dan gorengan, ya, sesekali kita masih boleh memanjakan diri dengan menu khas Indonesia yang selalu bikin kangen ini, tapi sebaiknya jangan terlalu sering - satu atau dua kali seminggu di saat weekend rasanya tidak apa-apa, tapi sebaiknya fokuskan untuk sarapan sehat di hari-hari kerja dimana konsentrasi tinggi dan energi yang cukup sangat diperlukan.

Apa saja sih, alternatif sarapan yang lebih sehat dengan nutrisi lengkap yang mudah disiapkan? Ini beberapa tips sarapan sehat ala Generali.

Karbo kompleks, protein, vitamin dan mineral

Sarapan dengan karbohidrat kompleks memberikan asupan energi stabil yang bertahan lama, ketimbang makanan penuh gula yang hanya akan menaikkan insulin sesaat dan membuat kita cepat merasa lapar kembali. Pilih sumber karbo kompleks seperti oat, biji-bijian, makanan dari gandum utuh, serta buah dan sayur, yang sekaligus mengandung banyak vitamin untuk memperkuat ketahanan tubuh.

Temani si karbo kompleks dengan sumber lemak baik, protein dan mineral esensial, seperti mentega, biji chia, telur, keju dan kacang-kacangan. Lengkapi dengan makanan probiotik yang memberikan bakteri baik bagi usus dan pencernaan, seperti susu kefir dan yoghurt.

Hindari terlalu banyak kopi saat bangun tidur

Cobalah untuk mengganti kopi dengan teh hijau atau smoothie buah, untuk menghindari terlalu banyak kafein yang masuk di pagi hari - waktu terbaik untuk ngopi bukan tepat saat bangun pagi, tapi kurang lebih jam 9:30-11:30 pagi, atau jam 1:30 hingga 5 sore, sebab, terlalu banyak mengonsumsi kafein di pagi hari bisa membuat kita merasa lebih lelah saat efek kafein memudar siang hari nanti.

Contoh menu sarapan sehat

Overnight oats: malam hari sebelum tidur, campur oat dengan susu almond di gelas yang memiliki tutup, beri topping biji chia, aduk rata, biarkan di kulkas semalaman. Esok pagi, kita bisa menikmatinya dengan tambahan buah-buahan segar (buah naga, mangga, jeruk, apel atau pir - silakan pilih buah apa saja yang disuka). Biji chia yang mengandung omega 3, antioksidan, zat besi dan kalsium, ditambah buah-buahan yang kaya serat, cocok dikombinasikan dengan oat yang merupakan karbo kompleks dan susu almond sebagai sumber lemak baiknya.

- Omelet bayam tomat keju: sumber protein, mineral, sekaligus vitamin A, K dan C, serta kalsium yang bisa memberi energi penuh sepanjang hari.

Smoothie buah dan sayur: praktis, cepat dibuat dan kaya vitamin penting. 5 resep smoothie buah ala Generali yang lezat, bisa dibaca di tautan berikut ini.

- Kefir atau yoghurt dengan madu: merawat sistem pencernaan dengan bakteri baik, sekaligus membuat kita selalu sehat dan awet muda, merupakan fungsi probiotik seperti kefir dan yoghurt. Tambah sajian kefir atau yoghurt dengan madu yang kaya antioksidan untuk sarapan pagi.

- Bubur kacang hijau: hidangan tradisional Indonesia ini, selain kaya akan vitamin B kompleks - termasuk asam folat yang membantu melancarkan produksi sel darah merah dan darah putih, juga banyak mengandung mineral penting seperti zat besi, magnesium dan komposisi karbohidrat kompleks di dalamnya memberikan serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama. Lengkapi dengan sedikit santan untuk sumber lemak baik.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Pentingnya tidur dengan cukup

Infografis: Tips penting jaga kesehatan gigimu

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi