Hindari pusing dan mual saat bepergian dengan 8 tips ini

Healthy Lifestyle 04 September 2018

Sakit kepala, pusing dan mual saat dalam perjalanan? Ini tips mengatasinya

Sering pusing dan mual saat dalam perjalanan karena tak tahan goncangan kendaraan? Mau jalan-jalan malah sakit, aduh, jadi nggak nyaman rasanya.

Tak usah kuatir, jutaan orang di seluruh dunia juga mengalaminya, kok. Hindari pusing dan mual saat bepergian dengan 8 tips simpel ini.  

1. Selalu memandang ke arah depan

Pusatkan pandanganmu pada satu titik di depan. Saat kamu merasa benar-benar mual atau pusing, pejamkan mata dan bernafaslah pelan-pelan selama beberapa menit.

2. Sering-sering menghirup udara segar

Bila kamu bepergian dengan mobil, berhentilah setiap beberapa jam untuk sekedar keluar dan menghirup udara segar. Saat bepergian dengan bus dan kereta, buka jendela bila memungkinkan, atau nyalakan AC dengan suhu dingin maksimal. 

3. Konsumsi jahe

Jahe merupakan salah satu penangkal mual alami yang bisa mencegah sakit. Bila kamu tak suka rasa jahe mentah, permen rasa jahe atau air rebusan jahe dapat membantu meredakan rasa mual. Kamu bisa tambahkan madu ke air rebusan jahe supaya rasanya lebih manis dan enak diminum. 

4. Minum air putih

Dehidrasi juga bisa membuat rasa mual semakin parah. Bawa selalu botol minum air putih untuk mencegah dehidrasi saat bepergian. Minum seteguk air putih setiap tiga puluh menit atau satu jam supaya tidak mual, tapi, jangan minum sekaligus sebotol ya, karena minum banyak air sekaligus malah bisa membuat rasa mual kembali hadir.

5. Alihkan perhatianmu

Membaca atau nonton film bisa bikin kepala tambah pusing dan rasa mual semakin menjadi-jadi. Ajak teman seperjalanan untuk mengobrol agar perhatianmu tetap teralihkan, sehingga rasa pusing dan mual pun terlupakan!

6. Aplikasi anti mabuk kendaraan

Para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi ini untuk meminimalisir rasa pusing, dengan menggunakan gabungan terapi gambar dan suara. Canggih, ya? Untuk kamu yang menggunakan iPhone, aplikasi ini juga terbukti dapat mengatasi mabuk kendaraan.  

7. Tidur

Tidur adalah salah satu tips termudah untuk mengatasi mabuk kendaraan. Bila kamu bepergian di malam hari, mungkin akan lebih mudah untuk tidur, tapi, bila perjalanan ditempuh pada siang hari, cobalah untuk bangun lebih pagi atau tidur lebih sedikit di malam sebelumnya agar kamu dapat "menyimpan" rasa ngantuk dan dengan mudah akan tertidur saat dalam perjalanan.

8. Makan yang ringan-ringan saja

Hindari perut kosong - perut yang tak diisi akan semakin memperparah rasa pusing dan mual. Siapkan camilan ringan untuk dimakan saat perjalanan, seperti biskuit, roti atau kue-kue kecil, kacang, anggur atau apel. Juga, jangan mengisi perut terlalu penuh sebelum perjalanan, demikian pula makanan yang terlalu manis dan terlalu pedas sebaiknya dihindari.

Ikuti tips kami seputar bepergian dengan mobil bersama anak-anak untuk memastikan perjalananmu selalu menyenangkan, saat musim liburan tiba.

 

Ikuti nalurimu untuk bertualang dengan berbagai tips brilian untuk keliling dunia dengan mudah dan praktis:

Tips liburan lancar akhir tahun

Cara memberi pengamanan ekstra pada bagasi saat bepergian

Bagaimana caranya untuk membuat klaim asuransi, bila sakit atau kecelakaan saat liburan atau selama perjalanan di luar negeri?

Aman dan nyaman di penerbangan jarak jauh