Aman dan nyaman bermain bersama anak di bawah terik matahari

Healthy Protection 30 Oktober 2019

Sinar matahari itu seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, kita butuh Vitamin D, si vitamin matahari yang punya berjuta manfaat, mulai dari mencegah kanker hingga bikin mood jadi bagus. Di sisi lain, terpapar terlalu banyak sinar matahari bisa menyebabkan kulit kering, terbakar sampai menimbulkan bahaya laten kanker kulit.

Karena Indonesia terletak tepat di garis khatulistiwa, maka pancaran sinar matahari memang paling kuat di negeri kita (dan semua negeri di sepanjang garis khatulistiwa tentunya), sepanjang tahun kita tak pernah kekurangan sinarnya. Nah, kunci dari mendapatkan manfaat sinar matahari sekaligus menjaga diri dari efek samping yang tidak diinginkan adalah dengan menggunakan krim sunblock atau tabir surya setiap hari, tidak hanya untuk kita sendiri, tapi juga dan terutama untuk anak-anak kita - sebab, kulit anak-anak bahkan lebih sensitif akan paparan sinar ultraviolet, lho.

Bagi anak-anak yang masih kecil dan pasti belum mengerti pentingnya melindungi kulit kita, mengaplikasikan krim tabir surya kadang sulit, apalagi ke anak-anak yang lincah dan aktif. Ini beberapa cara menyenangkan untuk membuat anak mau memakai krim tabir surya.

Game menggunakan krim sunblock

Supaya proses memakaikan krim tabir surya ke anak tidak terasa membosankan, ajak mereka untuk bermain saat mengaplikasikan krim. Oleskan banyak krim tabir surya ke seluruh kulit badan anak, kemudian setel alarm di ponsel, dan ajak mereka untuk berlomba meratakan krim tersebut dalam waktu 60 detik, misalnya. Pemenang yang paling cepat selesai meratakan krim di badan akan mendapat jatah es krim ekstra!

Selain itu, kita bisa mengajar anak untuk memakaikan krim sunblock ke boneka bayi yang terbuat dari plastik dan bisa terkena air - setelah selesai mengaplikasikan krim ke boneka bayi, ajak mereka untuk melakukan hal yang sama ke badan mereka sendiri.

Fashion show ala pantai

Selain kulit, mata juga perlu dilindungi dari paparan sinar UV. Termasuk mata anak-anak. Supaya anak betah menggunakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan dari pancaran sinar ultraviolet, ajak anak untuk mengadakan "fashion show ala pantai" - kumpulkan beberapa kacamata hitam, topi pantai yang lebar, baju renang dan sarung Bali, dan minta mereka untuk memperagakan beberapa jenis busana sambil berlenggak-lenggok bak di catwalk.

Ssst, ini bukan cuma untuk anak perempuan saja, lho, anak laki-laki pun bisa diajak bermain "fashion show ala pantai" dengan celana pendek, kemeja Hawaii dan tentunya kacamata hitam! 

Pilihan bahan dan warna baju

Ada baju khusus yang memberikan perlindungan ekstra dari paparan sinar UV, tapi biasanya baju ini dikhususkan sebagai bagian dari peralatan surfing atau untuk menyelam, dan umumnya berbahan tebal, cukup panas dan kurang nyaman dikenakan. Menggunakan pakaian dari bahan kaos atau katun ringan dengan warna-warna cerah sebetulnya aman-aman saja, asalkan tetap menggunakan sunblock di kulit - karena sinar matahari masih dapat menembus bahan baju yang tipis.

Selamat bermain di bawah matahari bersama anak-anak tersayang!

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Langkah Lindungi Anak Dari Bahaya Saat Bermain Internet