Meja kerja ergonomis untuk karyawan yang lebih sehat dan produktif

Healthy Lifestyle 10 Januari 2020

Satu hal yang sering luput dari perhatian tapi sebetulnya merupakan elemen penting di kantor adalah meja kerja yang tepat. Mengapa? Simpel alasannya: meja kerja adalah tempat dimana para karyawan akan duduk menghabiskan waktu paling tidak delapan jam setiap hari kerja - dan meja yang ergonomis membuat karyawan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mungkin timbul dalam jangka panjang.

Karena perusahaan bertanggungjawab menyediakan kondisi kerja yang kondusif, ideal dan mendukung karyawan agar dapat bekerja secara optimal, ini beberapa meja kerja ergonomis yang bisa jadi pilihan untuk kantor kita.

Berganti posisi duduk sekaligus berdiri

Duduk terlalu lama tidak baik bagi kesehatan. Tapi, berdiri sepanjang waktu juga bisa bikin encok! Jadi, solusinya adalah meja yang bisa dinaik-turunkan, sehingga kita bisa berganti-ganti posisi: duduk atau berdiri, sesuai keinginan. Contohnya adalah meja dari IKEA dan Amazon ini.

Alas laptop yang praktis

Inspirasi bisa datang kapan saja. Saat baru bangun tidur, atau saat bekerja di kafe. Apalagi, di zaman now banyak dari kita yang bekerja dari mana saja, tak melulu hanya dari kantor, kan?

Alas laptop praktis digunakan dan bisa membantu kita untuk bekerja dalam posisi ideal yang tidak membuat badan harus membungkuk dan melelahkan pinggang. Harganya pun cukup bersahabat. Beberapa contohnya adalah MOFT yang bisa dibawa kemana-mana, serta beberapa alas keluaran IKEA seperti BYLLAN atau BRADA yang bisa digunakan di sofa maupun sambil duduk-duduk santai di tempat tidur.

Mouse ergonomis

Menggunakan mouse selama berjam-jam memberikan tekanan terus-menerus pada pergelangan tangan dan bisa menyebabkan keseleo. Karenanya, investasilah dengan membeli mouse yang ergonomis dan tidak memberatkan kinerja tangan kita. Beberapa contoh dan review-nya bisa dibaca di tautan ini.

Penopang kaki

Saat duduk di meja kerja, penting untuk memperhatikan agar kaki tidak terus-terusan berada dalam posisi tergantung, karena bisa menyebabkan kaki bengkak, varises dan peredaran darah tak lancar. Coba gunakan pijakan kaki meja berbentuk ayunan kaki yang selain dinamis juga bisa mengistirahatkan kaki dalam posisi ideal, dan bisa digantung di meja kerja.

Selalu sehat dan fit bisa berperan besar atas kesuksesanmu di pekerjaan. Baca artikel-artikel kami mengenai gaya hidup sehat untuk tahu lebih banyak lagi!:

Video: Lagi liburan? Lupakan dulu pekerjaan! Ini alasan pentingnya

Musim Hujan? Siapa takut! Ini cara untuk tetap sehat dan fit

Video: Atasi kejenuhan di kantor dengan beberapa tips ampuh ini