Tips orangtua bijak mempersiapkan finansial masa depan anak

Healthy Protection Senin, 22 Juni 2020
Tips orangtua bijak persiapkan finansial anak

Sebagai orangtua, tentunya kita sering sekali mengatakan ini pada diri sendiri: "Buat anak, apa sih yang enggak?"

Mempersiapkan masa depan anak termasuk menyisihkan beberapa pos dana untuk berbagai pengeluaran mereka kelak, mulai dari biaya pendidikan (karena sekolah dan kuliah anak tidak murah, lho!) hingga jika kelak mereka butuh bantuan untuk membeli rumah pertama mereka atau suntikan dana untuk membangun bisnis perdana mereka sendiri.

Menjadi orangtua yang bijak tak hanya sekedar menyisihkan uang untuk anak kita, tapi juga mengajari mereka untuk pintar mengatur keuangan. Karena sekedar memanjakan anak tanpa memikirkan bagaimana mengajari mereka agar mandiri dan kelak menjadi orang dewasa yang bertanggungjawab dan mampu menghidupi diri sendiri tanpa harus selalu bergantung pada orangtua adalah PR besar bagi moms and dads - yuk, baca artikel persembahan Generali Indonesia ini selengkapnya untuk tahu bagaimana cara terbaik mendidik anak seputar persiapan keuangan mereka nanti.

Tak ada kata terlalu cepat untuk mulai menabung

Semakin cepat dimulai, semakin baik! Cara termudah untuk membiasakan diri menabung adalah dengan memulai tabungan yang dikhususkan untuk keperluan si buah hati sejak dini. Ada banyak sekali jenis tabungan anak, termasuk di antaranya berbagai produk dengan return menarik dari Generali yang bisa dibaca di tautan ini - yang bahkan bisa dimulai pelan-pelan saat sebelum si kecil hadir ke dunia, sampai ia berusia dewasa kelak. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit!

Uang tabungan sebagai hadiah

Membeli mainan sebagai hadiah sah-sah saja, tapi alangkah lebih baiknya anak diberi hadiah uang yang bisa mereka tabung untuk membeli sesuatu. Alih-alih langsung membelikan mainan atau barang yang mereka inginkan, ajari anak bahwa untuk membeli sesuatu, prosesnya tidak instan - tapi dengan menabung, mereka bisa mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan. Dengan ini, anak pun akan belajar lebih menghargai barang hadiah karena mereka tahu harganya tidak murah dan mereka harus menahan diri selama beberapa waktu sambil menunggu tabungan berjumlah cukup untuk dibelanjakan seharga barang tersebut.

Beri uang jajan dengan jumlah wajar

Saat anak sudah berumur sekitar 6-7 tahun dan sudah mampu mengerti artinya uang, beri mereka uang jajan dalam jumlah wajar. Bimbing mereka menggunakan uang jajannya dengan bijaksana lewat pembuatan anggaran sederhana. Ajari mereka untuk memisahkan beberapa pos-pos pengeluaran, seperti sebagian untuk jajan di sekolah, sebagian lagi untuk ditabung - pendidikan manajemen finansial sejak dini ini berfungsi untuk membentuk karakter anak supaya setelah dewasa nanti, mereka juga sudah terbiasa mengatur keuangannya secara mandiri dan bertanggungjawab. 

Buka tabungan anak di bank

Salah satu yang sangat penting: membuka tabungan junior untuk anak kita. Daftarkan anak di bank terdekat dan instal aplikasi untuk mencatat pengeluaran di ponsel atau gadget mereka. Ini langkah yang krusial untuk membantu menumbuhkan rasa tanggungjawab di diri anak sehubungan penggunaan uang mereka sendiri. Tentu saja, moms and dads juga sebaiknya selalu gunakan aplikasi untuk memantau dan menentukan batas pengeluaran mereka, ya. 

Ajari dasar-dasar pengetahuan seputar keuangan

Sekolah tidak mengajarkan pengetahuan seputar keuangan dengan gamblang. Tugas orangtua di rumah untuk mendidik anak dasar-dasar pengetahuan keuangan, termasuk istilah-istilah di dalamnya. Misalnya, apa itu fungsi tabungan, mengapa kita mendapat bunga dari tabungan, bagaimana mekanisme cara kerja kartu kredit, bagaimana cara berinvestasi dan pentingnya memiliki asuransi serta dana tabungan pensiun untuk hari tua kelak.

Pengetahuan ini sangat penting ditanamkan sejak dini dan pengertian mengapa mengatur finansial dengan baik inipun akan membekas pada anak sepanjang hidup mereka.

Menabung untuk berbagai rencana masa depan

Bila ragu-ragu akan bagaimana cara untuk menabung demi merealisasikan berbagai rencana masa depan, jangan kuatir. Generali Indonesia punya program mutakhir yang bernama iPlan, dengan fitur ROBO ARMS untuk memastikan semua portfolio investasi terkendali dengan sempurna, minimal risiko dan maksimal buahnya.

Libatkan anak saat memulai investasi di iPlan, agar anak mengerti bahwa apapun yang terjadi suatu saat nanti, mereka akan selalu terlindungi.

Gunakan aplikasi Gen iClick

Nikmati kemudahan berasuransi dengan Generali iClick. Supaya lebih mudah mengontrol proteksi sekaligus investasi bersama Generali, unduh aplikasi Gen iClick di Playstore (untuk ponsel berbasis Android) maupun iTunes (untuk ponsel Apple iPhone / iOS). Inovasi iClick memudahkan para nasabah Generali untuk mengetahui berbagai perkembangan seputar polis asuransi yang dimiliki.

Selesaikan dan bayar lunas semua hutang

Kebanyakan berhutang bisa membuat kita dan keluarga berada dalam situasi sulit - bila sewaktu-waktu sakit, kecelakaan atau tidak lagi bekerja sehingga tidak punya penghasilan, pencicilan hutang pun akan semakin berat terasa. Karena itu, bebaskan diri dari jeratan hutang secepat mungkin. Jangan besar pasak dari tiang, mulai berhemat dan pastikan semua hutang terbayar lunas sehingga bisa leluasa menabung untuk masa depan.

Pastikan punya surat wasiat resmi di notaris

Kebanyakan orang Indonesia tak pernah berpikir untuk meninggalkan surat wasiat resmi di notaris. Ini sebetulnya penting, lho! Apalagi bila kita memiliki lebih dari satu anak, nah, untuk menghindari pertikaian yang mungkin terjadi karena masalah sengketa warisan, sebaiknya sebagai orangtua kita sudah mempersiapkan surat wasiat resmi di notaris sejak muda. Memang kita semua berharap akan selalu sehat dan panjang usia, tapi, umur adalah rahasia Tuhan yang tak bisa ditebak.

Jangan segan bicara mengenai uang dan finansial

Buah takkan jatuh terlalu jauh dari pohonnya. Anak-anak mencontoh sifat dan karakter orangtua mereka, sehingga menjadi teladan yang baik bagi buah hati dengan memberikan contoh perilaku bijaksana seputar masalah finansial adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh moms and dads semua.

Jangan segan untuk membicarakan mengenai masalah uang dan finansial dengan anak yang sudah beranjak besar, libatkan mereka dalam pembicaraan santai mengenai bagaimana cara moms and dads mendapatkan penghasilan, menabung dan berinvestasi selama ini.

Pendidikan terbaik berasal dari rumah, dari kasih sayang dan perhatian orangtua - dengan menerapkan keterbukaan dan kejujuran seputar keuangan, anak-anak pun akan secara otomatis diajar untuk menjadi orang dewasa dengan kemampuan pengaturan finansial yang baik dan sekaligus juga melatih kebiasaan sehat mereka untuk rajin menabung serta berinvestasi.

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Panduan aman berkendara dengan anak-anak 

Penting: ajari anak untuk selalu cintai alam dan bumi kita

Penting untuk kita orangtua: waspada benturan kepala pada anak

Tips mengajari anak mahir bersepeda