Asuransi Unit Link: Pilihan Tepat Dengan 2 Manfaat

Healthy Protection Selasa, 31 Mei 2022
Asuransi Unit Link- Pilihan Tepat Dengan 2 Manfaat

Awal tahun 2020 khususnya Sejak hadirnya pandemi COVID-19 di Indonesia merubah banyak hal, mulai dari kebiasaan masyarakat melakukan aktivitasnya, budaya kerja di setiap perusahaan, hingga digitalisasi yang lebih teraktualisasi. Memang, banyak yang merindukan kehidupannya yang terasa baik-baik saja hingga tahun 2019, namun ternyata adanya perubahan yang seakan memaksa ini memberikan dampak yang positif juga bagi kita sebagai individu, khususnya akan literasi kesehatan maupun literasi keuangan.

Hal tersebut ditunjukan oleh meningkatnya kesadaran jumlah masyarakat yang mulai mempelajari hingga menggunakan produk kesehatan demi menjaga keluarganya agar terhindar dari paparan virus COVID-19 juga meningkatnya pemilik produk asuransi oleh individu juga keluarga demi mengamankan masa tua, juga mendapatkan proteksi untuk kehidupan keluarganya.

Akhir-akhir ini, ada bentuk asuransi yang sedang ramai diperbincangkan, asuransi unit link kian populer di kalangan masyarakat, begini penjelasannya.

Pahami Apa Itu Asuransi Unit Link

Apakah kamu sudah mengetahui asuransi unit link? Tenang saja jika kamu belum mengetahuinya, karena bukan berarti kamu tidak bisa memilikinya! Asuransi unit link atau terkadang disebut asuransi investasi adalah asuransi yang memberikan manfaat proteksi juga manfaat investasi. Iya, dua manfaat dalam satu produk asuransi, menyenangkan bukan? Hal tersebut yang membedakannya dengan asuransi biasa pada umumnya yang hanya memberikan satu manfaat saja yaitu berupa manfaat proteksi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, maupun asuransi lainnya.

Jika kamu bertujuan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak maupun dana pensiun, akan berat rasanya jika hanya meninggalkan uang kamu dalam bentuk tabungan dengan bunga yang kecil. Maka dari itu, terciptanya sebuah produk asuransi yang digabung dengan asuransi investasi memberikan opsi yang lebih menyenangkan bagi kita.

Dengan adanya dua manfaat dalam satu produk atau polis asuransi pastinya membuat asuransi unit link digemari oleh masyarakat karena adanya potensi nilai polis meningkat sesuai dengan hasil investasi yang diperoleh, maka dari itu dapat disebut sebagai asuransi investasi. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa tak selamanya yang namanya investasi itu memberikan keuntungan, tatkala menghadirkan kerugian bagi kamu karena investasi pun memiliki risiko baik itu besar, sedang, maupun kecil yang mana menjadi pertimbangan juga ketika kamu akan mengambil asuransi unit link.

Perlu kamu ketahui, para pemilik polis akan dikenakan sejumlah biaya yang disepakati dan sesuai dengan manfaat proteksi yang kamu pilih. Sejumlah nominal tersebut nantinya akan mengurangi prosentase investasi yang akan kamu terima. Jika manfaat proteksi yang kamu pilih cukup bervariasi, maka biaya yang akan dikenakan juga akan semakin besar, artinya prosentase investasi yang akan kamu terima nilainya akan semakin kecil.

Metode Kerja Asuransi Unit Link

Jika disederhanakan, cara kerja asuransi unit link adalah dengan mengalokasikan premi yang kamu sebagai pemegang polis bayarkan ke berbagai proteksi yang kamu pilih lalu dipotong dengan biaya akuisisi. Biaya akuisisi adalah sejumlah nominal yang perlu kamu bayarkan ketika kamu membeli polis asuransi yang umumnya akan dikonversi menjadi biaya operasional maupun komisi dari agen asuransi. Lalu, premi akan masuk ke dalam instrumen investasi yang telah disepakati.

Nominal premi yang telah terkonversi dalam bentuk instrumen investasi tersebut lah yang akan menghasilkan nilai investasi dan hasil dari investasi tersebut akan terpakai salah satunya untuk membayar biaya asuransi dan administrasi. Jadi, manfaat proteksi yang kamu terima dibayarkan melalui manfaat investasi yang kamu terima. Setelah proses selesai, maka akan terdapat nominal yang bisa kamu ambil, bagian tersebut lah yang bisa kamu cairkan untuk dana pensiun maupun dana pendidikan.

Asuransi Unit Link Pilihan Kami

PT Asuransi Generali Indonesia menghadirkan sebuah sistem yang disebut Auto Risk Management System (ARMS) dengan teknologi yang mampu mengendalikan risiko investasi sehingga Generali Indonesia dapat memberikan nilai polis terbaik bagi kamu. ARMS memiliki 4 fungsi saling mendukung yang secara sadar diciptakan untuk menghasilkan asuransi investasi maksimal bagi kamu, di antaranya adalah auto trading, auto rebalancing, auto re-entry, dan bounce back.

Generali Indonesia memiliki asuransi unit link pilihan yaitu GenSmart, We Flexi Pro, Generali Flexi Optima, juga iPrime yang mana 4 bentuk unit link tersebut menawarkan alokasi fleksibel antara investasi dengan asuransi jiwa yang pastinya sesuai dengan kebutuhan kamu.