Jangan Terpancing Hoax, Begini Cara Memilah dan Melihat Validitas Berita

Healthy Lifestyle Minggu, 12 Juni 2022
Jangan Terpancing Hoax, Begini Cara Memilah dan Melihat Validitas Berita.png

Saat ini keberadaan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dengan pesat. Berbagai hal bisa kita ketahui dengan cepat. Bahkan, semua informasi yang beredar semakin sulit disaring kebenarannya.

Sebagai warganet yang cerdas, kita sebaiknya mengetahui cara memilih berita yang benar. Hal ini tentunya akan menghindari kita dari berbagai dampak buruk dari berita hoax. Kita juga pastinya akan terhindar dari tindakan penipuan yang digiring oleh berita hoax tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menghindari berita hoax. Seperti pada artikel ini, kamu akan mengetahui beberapa tips dalam memilah berita. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Pilih berita lebih dari 3 sumber

Untuk menghindari berita yang palsu atau belum diketahui kebenarannya, maka kita harus mencari sumber berita lain yang sejenis. Misalnya berita hoax mengenai virus covid, kita sebaiknya mencari sumber yang akurat.

Sumber yang bisa kita percayai mengenai berita virus covid contohnya dari Kementerian Kesehatan atau lembaga kesehatan, pemerintah, atau dari para akademisi. Pilihlah berita minimal dari 3 sumber yang berbeda. Bandingkan ketiga sumber berita itu lalu tarik garis besarnya.

Memilih berita lebih dari 3 sumber adalah hal utama yang harus kita lakukan sebelum mempercayai suatu informasi. Kita juga sebaiknya waspadai judul-judul yang provokatif meskipun sumbernya berbeda. Judul yang sensasional sangat mudah memancing warganet untuk membaca berita tersebut.

Bagi sumber berita yang tidak resmi, mereka biasanya hanya mengubah susunan pada judul berita. Jika kamu tidak memperhatikan sumbernya, tentu akan sangat mudah terprovokasi. Oleh sebab itu, cari informasi dari berbagai sumber berita yang tentunya terpercaya dan akurat.

Cek keaslian berita di situs resmi

Selain mencari berbagai referensi, kita juga perlu memperhatikan validitas berita itu melalui situs resmi. Meskipun sumbernya dari pemerintah atau Kementerian Kesehatan, namun situs yang memuat berita itu harus kita perhatikan.

Perlu diketahui, siapa pun bisa saja mengatasnamakan pemerintah atau lainnya. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi warganet yang tidak mengecek keaslian berita di situs resmi. Oleh karena itu, kamu harus mengecek berita itu di situs yang resmi juga.

Situs berita resmi tentunya menggunakan domain yang resmi. Domain berbayar yang digunakan oleh situs resmi tentu tidak main-main. Mereka juga tidak akan berani menyajikan berita-berita hoax.

Dalam catatan Dewan Pers ditemukan bahwa hanya ada 300an situs berita resmi dari 43.000 situs berita di Indonesia. Hal ini harus kita waspadai khususnya situs tidak resmi yang menyajikan berbagai berita. Mengecek keaslian berita di situs resmi menjadi tips terhindar hoax yang patut kamu telusuri.

Cari tahu latar belakang penulis berita

Latar belakang dari penulis berita juga perlu kita selidiki. Hal ini tentunya berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki oleh penulis berita. Semakin tinggi pendidikan yang dicapai oleh penulis berita, tentu berita yang dihasilkan seharusnya juga berkualitas.

Meski demikian, kita juga perlu memahami komunitas dan lingkungan sekitar dari pembuat berita itu. Misalnya situs berita tersebut didukung oleh suatu partai politik atau komunitas lainnya. Maka kemungkinan besar berita tersebut juga akan pro terhadap komunitas tersebut dan cenderung kontra dengan komunitas lainnya.

Berpikir kritis mengenai berita yang dibaca

Sebagai warganet, kita harus memiliki sikap kritis dalam menyerap berbagai informasi di internet. Tingkatkan literasi yang ada pada dirimu sehingga tidak mudah terkecoh oleh berita hoax di internet. salah satunya yakni mau menggali dan menelusuri topik yang sama dari sumber berita lainnya.

Hal yang terjadi pada warganet masa kini yakni begitu mudahnya terpancing dan percaya dengan berita yang ada di internet. Hal ini tentunya tidak mencerminkan budaya literasi yang baik. Untuk itu, cara memilih berita yang baik yakni dengan berpikir kritis mengenai berita yang dibaca.

Perhatikan keaslian foto dari berita tersebut

Para pembuat berita tentunya sangat mudah mengambil foto dari berbagai sumber untuk dijadikan suatu berita. Hal ini perlu kita waspadai dalam memilah berita. Ada banyak sumber berita hoax yang menggunakan foto yang tidak akurat.

Penggunaan foto pada suatu berita membuat para pembaca semakin percaya dengan informasi berita. Namun bila pembuat berita tidak menggunakan foto yang asli, tentu akan menggiring berita palsu dan menyesatkan. Oleh sebab itu, lakukan validitas berita melalui foto yang digunakan oleh pembuat berita.

Cara termudah untuk memvalidasinya yakni dengan mengamati detail foto tersebut. Berita hoax biasanya penuh dengan editan yang diolah dari berbagai aplikasi. Kamu tentunya sangat mudah membedakan foto asli dengan foto hasil editan.

Lalu, bagaimana dengan foto tanpa editan namun ternyata hoax? Misalnya foto kecelakaan dari suatu daerah namun diklaim terjadi pada daerah lain. Nah disini kamu harus memahami lokasi tersebut dan bisa mencari sumber berita lain.

Tips terhindar hoax di atas tentunya dapat kita terapkan dengan mudah. Kamu pasti tidak akan mudah terjebak dan tergiring oleh berita hoax bila menerapkan beberapa tips di atas. Jangan lupa sebarkan informasi menarik ini kepada teman-temanmu, ya!