Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Healthy Protection Kamis, 4 Juni 2020
Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui.jpg

Setiap manusia yang lahir di dunia ini, mungkin saja akan merasakan sakit. Nah, sebagai bentuk perlindungan, kira-kira hal apa yang sudah kamu siapkan ketika kamu atau bahkan keluargamu sakit? Selain dana darurat, memiliki satu dari beberapa jenis asuransi kesehatan, ternyata sangat bermanfaat ketika situasi tersebut datang.

Namun, tahukan kamu, bahwa produk asuransi kesehatan ternyata memiliki banyak jenis? Jadi, pastikan informasi terkait jenis asuransi kesehatan, sudah kamu ketahui sebelum mengajukan asuransi kesehatan.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai jenis asuransi kesehatan, ada baiknya mari simak dulu informasi penting terkait pengertian asuransi kesehatan beserta manfaatnya itu sendiri. 

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk finansial berbentuk perlindungan atau proteksi kesehatan, bagi pemegang polis atau peserta asuransi. Asuransi kesehatan juga akan memberikan perlindungan kamu, tidak hanya dari segi kesehatan, tapi juga finansial alias ekonomi yang berhubungan dengan risiko kesehatan kamu.

Nah, di sinilaj kamu harus teliti dalam memilih jenis asuransi kesehatan. Pasalnya, setiap jenis asuransi kesehatan memiliki premi hingga manfaat perlindungan yang berbeda-beda. Biasanya, semakin besar manfaat hingga fasilitas yang kamu dapat, maka akan semakin besar pula premi yang harus kamu bayar. 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Bicara tentang banyaknya jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, apa kamu tahu, manfaat asuransi kesehatan secara umum? Berikut manfaatnya:

  • Memberikan ketenangan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa sakit atau kondisi yang mengancam kesehatanmu, tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Nah, dengan memiliki proteksi berupa asuransi kesehatan, kamu bisa menjadi lebih tenang dan merasa terlindungi. 

Kamu juga tidak perlu panik dan bingung, untuk meminta tolong orang tua, keluarga, saudara atau rekan-rekanmu, ketika kamu tiba-tiba jatuh sakit atau kecelakaan. 

  • Bisa sekaligus digunakan sebagai investasi dan tabungan

Selain memberikanmu proteksi atas kesehatan, beberapa produk asuransi kesehatan juga memiliki fasilitas tambahan, yakni bisa sekaligus investasi atau menabung. Nah, jika kamu memilih asuransi yang memiliki fasilitas plus investasi, biasanya akan memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. 

Untuk pilihan waktunya, biasanya adalah 5,7, dan 10 tahun. Untuk besaran preminya adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

  • Membantu kamu meminimalkan kerugian

Memiliki asuransi kesehatan sangat bermanfaat untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tak terduga bagi para pemegang polis. Bantuan yang yang biasanya akan diberikan biasanya seperti bantuan biaya kerugian bencana kebakaran, kecelakaan, dan biaya rumah sakit. 

  • Bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan

Jenis Asuransi Kesehatan

1. Dilihat Berdasarkan Perawatannya

Jenis asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi yang dibedakan berdasarkan perawatannya. Di Indonesia sendiri, tipe perawatan yang sering digunakan oleh peserta asuransi kesehatan adalah asuransi kesehatan rawat inap (In-Patient Treatment) dan rawat jalan (Out-Patient Treatment).

2. Dilihat Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Jenis asuransi kesehatan yang kedua adalah jika dilihat berdasarkan biaya yang ditanggung peserta, yakni adalah sebagai berikut:

  • Biaya Atas Rawat Inap

Biaya ini biasanya digunakan untuk menanggung semua biaya atas fasilitas rawat inap, seperti biaya kamar rumah sakit, biaya dokter umum hingga spesialis, biaya perawatan harian, pembedaan, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan rawat inap. 

  • Biaya Atas Rawat Jalan

Biaya ini biasanya digunakan untuk menanggung biaya pembedahan pulang harian, biaya pemeriksaan, biaya perawatan jalan, dan seluruh biaya lainnya, yang berhubungan dengan rawat jalan.

  • Biaya Atas Manfaat Khusus

Selain kedua biaya di atas, biaya atas manfaat khusus ini di antaranya seperti biaya untuk kendaraan ambulans, biaya laporan medis, biaya alat-alat medis, sepertu kursi roda, tongkat, dan masih banyak lagi.

3. Dilihat Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Selanjutnya ada jenis asuransi kesehatan yang dilihat berdasarjan pihak yang ditanggung. Seperti yang kita tahu, asuransi kesehatan bisa digunakan oleh individu dan juga kelompok. Di mana semakin banyak orang yang diberikan perlindungan, maka akan semakin tinggi pula premi yang harus dibayar di penanggung.

Tidak hanya itu, asuransi kesehatan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penanggung. Jika kamu merupakan seorang karyawan kantoran, mungkin kamu diwajibkan untuk mengikuti polis asuransi kesehatan yang sudah ditetapkan kantor, di mana pembayarannya akan dipotong melalui gaji.

4. Dilihat Berdasarkan Jenis Pembayaran Klaim

Jenis asuransi kesehatan berikutnya ini dilihat berdasarkan jenis pembayaran klaim. Ada dua tipe pembayaran klaim asuransi kesehatan yang biasa digunakan perusahaan asuransi di Indonesia, yakni cashless dan reimburse.

  • Cashless 

Jenis pembayaran klaim asuransi kesehatan cashless merupakan jenis pembayaran yang dilakukan di muka. Di mana pada jenis asuransi kesehatan ini, biasanya kamu akan diberikan sebuah kartu. 

Nah, untuk menggunakannya, setiap kamu ingin menjalani perawatan ke rumah sakit, kamu harus memberikan kartu tersebut ke pihak rumah sakit rekanan. Sehingga, kamu tidak lagi harus mengeluarkan uang pribadi untuk menalangi biaya perawatan.

  • Reimburse

Berbeda dengan cashless, jenis pembayaran reimburse biasanya peserta harus membayar seluruh biaya perawatan rumah sakit di muka, dengan uang pribadi, 

Nah, setelah itu kamu bisa mengajukan penggantian biaya setelah dari rumah sakit. Dalam hal ini, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen agar klaim reimburse kamu bisa diproses dan diterima dengan cepat. Lalu jika sudah diklaim, uang pribadimu seluruhnya akan diganti. 

5. Dilihat Berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Untuk jenis asuransi kesehatan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, yakni jika dilihat berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara asuransi kesehatan. Perbedaan badan penyelenggara ini dibadi menjadi dua yakni asuransi kesehatan badan swasta dan pemerintah.

  • Asuransi Kesehatan Swasta

Jenis asuransi kesehatan swasta merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan swasta. Beberapa perusahaan asuransi swasta di Indonesia sendiri yang bagus dan terkenal sangat banyak, salah satunya seperti PT. Asuransi Jiwa Generali.

Untuk kamu yang memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan swasta, biasanya akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang lebih bagus dari asuransi kesehatan pemerintah. 

  • Asuransi Kesehatan Pemerintah

Kebalikannya dari swasta, jenis asuransi kesehatan dari pemerintah adalah asuransi kesehatan yang diatur oleh pemerintah. Di Indonesia, asuransi ini dikenal dengan sebutan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). 

Karena peserta dari asuransi ini sangat banyak, alias hampir seluruh Indonesia, sehingga membuat asuransi ini memiliki banyak kekurangan, terutama di pelayanan yang kurang baik. 

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis asuransi kesehatan beserta manfaat dari masing-masing jenis? Milikilah asuransi kesehatan sejak dini! Pasalnya, semakin cepat kamu memiliki asuransi kesehatan, maka akan semakin murah premi yang harus kamu bayarkan. 

Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang Terpercaya seperti Generali

Kamu juga jadi terlindungi secara kesehatan sekaligus finansial bukan? Dengan begitu kamu juga bisa melindungi diri sendiri dan keluarga untuk masa depan. Jangan lupa pilih asuransi kesehatan di perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia, salah satunya seperti di PT Asuransi Jiwa Generali. 

PT. Asuransi Jiwa Generali hadir di Indonesia untuk melindungi, bahkan ketika kamu dalam kondisi terburuk sekalipun. Di PT. Asuransi Jiwa Generali juga menyediakan banyak program asuransi kesehatan yang akan memberikanmu beragam fasilitas terkait kesehatan.

Uniknya, Generali hanya memiliki produk asuransi kesehatan berbentuk asuransi tambahan atau biasa disebut rider. Sehingga, untuk bisa mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan yang unggul, kamu harus mengajukan asuransi dasar terlebih dahulu. 

Di sini, kamu bisa mendapatkan manfaat double, karena asuransi dasar yang disediakan akan memberikanmu perlindungan jiwa atau kematian. Nah, jika kamu menambahkan asuransi rider di dalamnya, maka kamu akan mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan juga. Sehingga, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Nah, kira-kira ada produk asuransi dasar dan rider apa saja yang bisa kamu jadikan pilihan?  

Program Asuransi Dasar + Rider (Asuransi Kesehatan) dari Generali

  • iPLAN + Excellent Care Plus

Di sini, iPLAN menjadi produk Asuransi Jiwa Unit Link yang bisa disandingkan dengan asuransi tambahan atau rider, untuk fasilitas kesehatan yakni Excellent Care Plus. iPLAN sendiri merupakan produk asuransi jiwa yang inovatif dengan pembayaran Premi secara berkala. Dirancang khusus untuk memberikan proteksi sekaligus memaksimalkan porsi investasi untuk imbal hasil yang optimal.

Produk asuransi rider Excellent Care Plus sendiri merupakan produk asuransi kesehatan, di mana bisa kamu rasakan manfaatnya berupa perawatan dan pembedahan di rumah sakit. 

  • iPLAN + Global Medical PLAN

Selain dengan Excellent Care Plus, kamu juga bisa menambahkan produk asuransi jiwa iPLAN dengan asuransi kesehatan rider yakni Global Medical Plan (GMP). Di mana, GMP bermanfaat sebagai perlindungan kesehatan komprehensif terhadap Biaya Perawatan Kesehatan.

  • iPLAN Syariah + Excellent Care Plus Syariah dan GMP

Selain iPLAN, program iPLAN Syariah juga bisa dijadikan produk asuransi dasar yang bisa disandingkan dengan asuransi rider Excellent Care Plus Syariah, sebagai asuransi kesehatannya. iPLAN Syariah sendiri merupakan program asuransi yang memastikan manfaat wakaf uang diserahkan dari manfaat hidup dan meninggal dunia (Wakaf Manfaat Asuransi & Investasi).

Nah, untuk produk asuransi kesehatan rider yang bisa disandingkan dengan iPLAN Syariah, adalah Excellent Care Plus Syariah dan Global Medical PLAN, yang manfaat kesehatannya hampir sama dengan Excellent Care Plus dan GMP yang disandingkan dengan iPLAN biasa.  

Jadi, sudah tahu kan, kemana kamu harus mengajukan asuransi kesehatan terbaik dan terpercaya di Indonesia? Ya, Generali jawabannya! 

Yuk ajukan asuransi kesehatan pilihanmu di Generali, dan segera kunjungi situs resminya di www.generali.co.id, serta daftar secara online! Mudah kan?