Inilah Rekomendasi Asuransi di Setiap Fase Kehidupan

Healthy Protection Senin, 11 Juli 2022
Inilah Rekomendasi Asuransi di Setiap Fase Kehidupan.jpg

Seiring berjalannya waktu, setiap manusia bertumbuh menjadi dewasa untuk memiliki karir dan kehidupan masing-masing. Tentunya, memiliki proteksi diri dengan asuransi yang sesuai secara tidak langsung bisa menjadi salah satu cara berinvestasi untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Berbagai produk asuransi kini hadir dengan berbagai tujuan. Tentunya Anda bisa memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut rekomendasi asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan fase kehidupan masing-masing.

3 (Tiga) Fase Kehidupan Manusia

Setiap orang memang berhak menentukan akan memiliki asuransi yang seperti apa. Namun yang pasti, kamu harus paham setiap fase kehidupan yang sedang dijalani supaya lebih tahu produk mana saja yang sekiranya paling diperlukan. Terlebih kebutuhan tanggungan juga akan berubah seiring berjalannya satu fase kehidupan ke fase kehidupan berikutnya.

1. Fase sebelum menikah

Bisa juga disebut sebagai fase kehidupan muda. Pada tahap ini, seseorang biasanya baru pertama kali bekerja sehingga masih sering mengedepankan kesenangan di atas kebutuhannya.

Buat kamu yang berada pada fase ini, ada baiknya kalau kamu memiliki minimal sebuah produk asuransi kesehatan. Hal ini karena banyak hal dapat terjadi secara cepat kapan saja dan di mana saja.

Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu akan mendapat berbagai manfaat seperti tidak perlu pusing dengan biaya saat sakit, manfaat dari perawatan yang diberikan pihak rumah sakit, dan pada ujungnya membuatmu tidak merepotkan keluarga.

Hal ini karena biaya perawatan hingga pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir.

2. Fase kehidupan menikah

Setelah bekerja sekian lama, seseorang biasanya akan menemukan pasangan hidup kemudian menikah. Tentu semua hal akan berubah di mana semua hal akan ditanggung bersama dengan pasangan, berbeda ketika kamu masih single karena kamu hanya perlu menanggung diri sendiri.

Pada fase ini, kamu bisa membekali keluarga kecil dengan asuransi jiwa sekaligus asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, tentu anggota keluarga juga akan terjamin jika suatu hari nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatan.

Adapun rekomendasi asuransi lain yang juga penting untuk dimiliki adalah produk asuransi jiwa. Produk asuransi ini merupakan perlindungan bagi keluarga pemegang polis apabila terjadi kematian.

Ketika peserta sebagai nasabah meninggal dunia, uang premi yang dibayarkan akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai uang pertanggungan.

3. Fase berkeluarga dan memiliki anak

Setelah memiliki anak, tentu semuanya juga akan sangat berubah. Jika sebelumnya tanggungan hanya kamu dan pasangan, kini kamu juga harus memikirkan masa depan buah hati.

Ya, sudah saatnya kamu memastikan anak-anak mendapatkan kehidupan yang lebih layak, salah satunya dengan memiliki asuransi pendidikan. Tidak hanya itu, melanjutkan atau membekali dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan juga cukup penting untuk memberikan proteksi lebih kepada keluargamu.

Menyiapkan tabungan pendidikan dengan cermat sangat penting karena faktanya, biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Apalagi dengan jenjang pendidikan yang rentang waktunya cukup panjang, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Tips Memilih Produk Asuransi

Menentukan asuransi yang tepat seringkali membuat seseorang menjadi bingung mana yang seharusnya dipilih. Karena dana asuransi biasanya tidak sedikit, maka pemilihan produk dan perusahaan asuransi harus sesuai. Berikut beberapa tips yang bisa kamu jalankan.

1. Pilih sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih produk dan perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing calon peserta. Misalnya kalau kamu masih single, bisa memilih produk asuransi kesehatan terlebih dahulu.

Apabila sudah berkeluarga, kamu juga bisa memilih produk asuransi untuk keluarga. Bisa memilih asuransi pendidikan hingga asuransi jiwa. Hindari memilih produk asuransi hanya karena terpaksa bahkan hanya karena promo marketing.

2. Pastikan profesionalisme agen asuransi

Memastikan reputasi dan profesionalisme agen dan perusahaan asuransi juga sangat penting. Agen dan perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik tentu akan selalu mengedepankan kualitas pelayanan dan produknya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi dan layanan asuransi yang terbaik.

Agen yang profesional juga akan senantiasa membantu setiap nasabah yang mengalami kendala dan kesulitan dalam mengakses berbagai produknya. Oleh karena itu, pastikan cek kembali apakah agen tersebut mempunyai tim customer care yang berkualitas dan responsif.

3. Perhatikan detail jasa yang diberikan

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana detail sistem asuransi yang dilakukan oleh jasa perusahaan asuransi tersebut. Apakah tersedia rekanan dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak seperti instansi, rumah sakit, dan sebagainya.

Selain itu, pastikan cek juga bagaimana premi dan pembayarannya, apakah terjangkau atau tidak. Terlebih jika kamu membutuhkan beberapa produk asuransi, tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan sehingga premi yang terjangkau sangat kamu perlukan.

Itulah beberapa hal terkait rekomendasi asuransi seperti apa yang cocok untuk setiap jenjang fase kehidupan. Hal yang juga tidak kalah penting yakni bagaimana kamu memilih asuransi yang tepat. Nah, selagi masih muda, segera miliki asuransi pribadi dan keluarga untuk masa depanmu ya!