Makanan sahur merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang energi selama berpuasa seharian penuh. Kendati demikian, memasak menu sahur sederhana, praktis, dan sehat juga menjadi hal yang bisa kamu lakukan setiap harinya.

Sejumlah menu sahur sudah pasti diolah pada pagi hari sehingga kamu perlu memilih bahan-bahan dan resep yang simple. Kendati demikian, jangan lupa untuk memastikan kebutuhan gizi yang tepat di setiap hidangan. Berikut beberapa menu yang praktis disajikan untuk sahur.

1. Sayur bening atau sop

Bisa dibilang, sayur bening atau sop menjadi salah satu hidangan yang sangat mudah dibuat. Proses pengolahannya juga cepat namun tidak meninggalkan gizinya yang seimbang. Terlebih jika dikonsumsi hangat, tentu akan menambah semangat dan membuat tubuh lebih fresh.

Membuat makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah sayuran segar sesuai selera seperti bayam, tomat, jagung manis untuk sayur bening. Atau kol, wortel, kentang, hingga seledri untuk sop.

Sebagai tambahan, kamu bisa memberikan protein seperti telur atau daging ayam. Tentunya, semua bahan tersebut dapat kamu olah dengan penyedap dan bumbu-bumbu rempah yang akan menggoda selera. Lengkapi dengan tempe atau tahu goreng, tentu sudah sangat nikmat.

2. Tumis bakso dan sosis

Jika kamu ingin makan menu sahur yang relatif lebih cepat dengan rasa yang gurih, cobalah tumis bakso dan sosis. Cara pembuatannya juga sangat mudah, yakni cukup dengan mengiris bakso dan sosis sesuai selera, kemudian masak dengan minyak panas.

Selanjutnya, tambahkan garam, merica, kecap, serta saus sambal sesuai keinginan. Kamu juga dapat menambahkan air dan sedikit tepung maizena untuk membuat efek kental pada tumis tersebut. Ditambah dengan nasi hangat, tentu sudah sangat nikmat untuk menu sahur.

Selain hanya memasak bakso dan sosis, kamu juga dapat menambah condiment lain seperti potongan daun bawang, bawang bombay, paprika, hingga protein lain seperti irisan daging ayam atau jamur. Tingkat kepedasannya juga bisa kamu atur sesuai selera.

3. Cah jamur tiram

Membuat makanan sahur yang memiliki banyak asupan nutrisi dan vitamin juga dapat dilakukan dengan memasak cah jamur tiram. Seperti yang kita tahu, jamur tiram memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin A, D, B4, hingga B9.

Manfaat jamur tiram juga beragam bagi tubuh kita, mulai dari meningkatkan imunitas, menurunkan kolesterol, hingga membantu kesehatan jantung. Tentunya, hal ini juga sebanding dengan mudahnya pengolahan jamur tiram, khususnya untuk menu sahur.

Siapkan saja jamur tiram yang sudah direndam air panas dan diperas. Masak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai, serta berbagai tambahan seperti merica, gula, garam, kaldu, hingga kecap asin. Tambahkan daun bawang maupun bawang goreng sebagai garnish.

4. Kreasi omelet

Omelet bisa menjadi salah satu menu sahur yang terbilang sangat praktis. Kamu bahkan dapat berkreasi dengan berbagai menu spesial seperti omelet mie, omelet tempe/tahu, bahkan omelet jamur. Semuanya tentu dapat divariasi untuk mendapatkan manfaat protein dan gizi terbaik.

Salah satu contoh varian omelet yang bisa kamu coba adalah omelet mie. Pertama-tama, rebus mie kuning atau bihun selama beberapa menit. Selanjutnya, campur dengan telur lalu bumbui dan goreng hingga matang. Sajikan dengan kecap dan saus sambal untuk memaksimalkan rasa.

5. Rica ati ampela

Kamu juga bisa membuat olahan makanan yang kaya protein dan zat besi dari ati ampela. Meskipun berasal dari jeroan ayam, ati ampela diketahui mengandung protein, zat besi, hingga vitamin A dan B12 yang tinggi.

Kreasikan saja ati ampela menjadi masakan rica yang lezat. Siapkan beberapa bahan seperti batang serai, jahe, lengkuas, hingga air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Gunakan juga beberapa bumbu dasar seperti bawang merah-putih, cabai, hingga terasi.

Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan ati ampela yang sudah direbus beserta air. Aduk hingga rata dan tambahkan daun kemangi untuk menambah aroma. Angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat sehingga menjadi lebih nikmat.

6. Oatmeal atau granola

Jika ingin menu sahur yang jauh lebih praktis namun tidak kalah sehat, kamu dapat mencoba oatmeal atau granola. Keduanya dapat kamu konsumsi untuk memberi efek kenyang yang lebih lama sekaligus sehat.

Buat kamu yang ingin menjalani proses diet selama bulan puasa, makanan ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, keduanya mengandung beta glukan yang sangat bermanfaat mengurangi kadar kolesterol dan lemak jahat di dalam darah. Hal ini tentu dapat membantu kita memelihara kesehatan jantung.

Untuk membuatnya juga sangat mudah, yakni tinggal menuangkan oatmeal atau granola pada mangkok, kemudian tambahkan susu atau krim sesuai selera. Kamu juga bisa menghangatkannya dengan microwave sebelum disantap.

Demikian beberapa rekomendasi menu sahur sederhana, praktis, dan sehat. Tentunya, semua resep di atas dapat dibuat secara cepat dengan bahan dan bumbu yang dapat diperoleh secara mudah. Jadi, mau sahur pakai menu apa malam ini?

Tracking 6 Rekomendasi Menu Sahur Sederhana dan Praktis!
Bagikan
suka artikel ini :