Ada banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu bersepeda. Dengan melakukan aktivitas ini secara rutin, kamu gak hanya bisa menjaga kesehatan fisik saja, melainkan juga menjaga kondisi mentalmu. Penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dengan bersepeda? Yuk cek langsung manfaatnya di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebihan dan ingin menurunkannya untuk mencapai berat badan ideal, rutin bersepeda bisa menjadi solusi tepat untukmu. Dengan melakukan olahraga ini, khususnya jika intensitasnya tinggi, maka akan bisa membantu menurunkan level lemak tubuhmu.

Gak hanya itu saja, rutin melakukan olahraga ini lalu dikombinasikan dengan lari jarak pendek atau sprint dan latihan kekuatan otot diketahui bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membentuk otot, serta membakar lebih banyak kalori di tubuh. Jadi, sudah siap untuk menyongsong berat badan ideal dengan bersepeda?

2. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah meningkatkan kekuatan kaki. Jika kamu rutin melakukan aktivitas ini, maka akan bisa meningkatkan fungsi tubuh bagian bawahmu secara keseluruhan, serta meningkatkan kekuatan otot kaki tanpa memberi stres yang berlebihan pada persendianmu.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Tahukah kamu kalau dengan rutin bersepeda bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi? Kadar kolesterol yang stabil ini akan bisa meningkatkan kesehatan organ sistem kardiovaskular dan menurunkan risikomu terserang penyakit strok dan serangan jantung. Level kolesterol baik akan meningkat, sedangkan level kolesterol jahat dan trigliserida akan menurun.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menangani GERD

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Stres, depresi, dan rasa cemas merupakan manifestasi dari tekanan yang kamu terima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, entah itu saat bekerja, bergaul, dan lainnya. Jika dibiarkan begitu saja, perasaan yang tentu saja gak nyaman tersebut akan membuat kesehatan mentalmu lama kelamaan menjadi dalam kondisi terpuruk.

Agar kesehatan mentalmu bisa terjaga dengan baik, kamu bisa coba rutin bersepeda. Ketika mengayuh sepeda, fokusmu ke badan jalan akan bisa meningkatkan konsentrasimu pada momen di waktu itu. Fokus pada hal yang sedang terjadi saat ini itu akan menyita fokusmu dari hal lain, khususnya hal yang membuat mentalmu jadi berantakan. 

Menggerakkan seluruh anggota tubuhmu dengan bersepeda juga akan bisa membantu merilis hormon endorfin ke seluruh tubuhmu. Penyebaran hormon endorfin ini akan bisa membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman, sembari menurunkan level stres yang sedang kamu rasakan. Jadi, saat stres sedang melandamu, keluarkan sepedamu, lalu kayuh dan bawa berkeliling untuk sementara waktu.

5. Memperbaiki Keseimbangan, Postur, dan Koordinasi Tubuh

Rutin bersepeda akan bisa membantumu untuk memperbaiki keseimbangan, postur, dan koordinasi tubuhmu. Mengingat keseimbangan tubuh akan bisa tergerus oleh usia dan tubuh yang gak aktif bergerak, maka mulai dari sekarang coba biasakan tubuh untuk mengasah keseimbangan dengan bersepeda. Jika tubuh seimbang, maka akan bisa mencegah jatuh dan cedera.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit yang menyerang organ sistem kardiovaskular tergolong sebagai penyakit yang gak bisa disembuhkan. Jika kamu ingin meningkatkan fungsi sistem organ kardiovaskular tubuhmu, maka bersepeda merupakan salah satu opsi yang layak dijadikan pilihan. Berdasarkan penelitian pada tahun 2019 lalu, bersepeda diketahui berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Kesalahan Bersepeda Pemicu Penyakit Jantung

7. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Bersepeda bisa membuat tubuhmu terasa jauh lebih fleksibel dibandingkan sebelumnya. Saat bersepeda, otot paha bagian belakang (hamstrings), otot paha bagian depan (quadriceps), dan otot bokong (glutes), merupakan bagian yang paling teraktivasi. Otot yang semula kaku menjadi lebih mengendur, sehingga membuat pergerakan tubuh bagian bawahmu menjadi lebih fleksibel.

8. Membuat Tidur Lebih Mudah dan Nyenyak

Jika kamu merasa kesulitan untuk tidur, cobalah untuk bersepeda secara rutin. Aktivitas fisik satu in akan bisa membantu menurunkan level hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol sendiri merupakan hormon stres yang bisa menghambat terjadinya deep sleep atau tidur nyenyak. Aktivitas ini juga akan memberi efek positif pada serotonin otak, sehingga meningkatkan siklus tidur.

9. Meningkatkan Mood atau Suasana Hati

Mood atau suasana hati yang jelek bisa bikin aktivitasmu seharian jadi berantakan. Makanya, kamu butuh untuk memperbaiki mood tersebut, di antaranya dengan cara bersepeda. Aktivitas ini akan membantu memompa darah di tubuh hingga level tertentu, sehingga memungkinkan penyebaran endorfin, dopamin, serotonin, dan norepinefrin berlangsung dengan cepat.

Penyebaran hormon-hormon tersebut di dalam tubuh akan bisa mengusir rasa gak nyaman dan suasana hati yang gak enak yang kamu rasakan. Alih-alih menjadi misuh-misuh sepanjang hari karena mood yang lagi gak bagus, kamu malah akan dipenuhi dengan energi positif karena meningkatnya penyebaran hormon-hormon di atas setelah bersepeda.

10. Mencegah Terjadinya Gangguan Kesehatan

Bersepeda merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tubuh jatuh sakit atau mengalami gangguan kesehatan. Rutin melakukan aktivitas ini akan bisa membantu mencegah penyakit seperti strok, serangan jantung, hingga tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, yuk mulai hidup sehat dari sekarang dengan bersepeda secara rutin dan jalani pola hidup yang sehat.

Itulah tadi 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh dan juga mentalmu. Bersepeda gak hanya semata-mata membuatmu merasa segar, namun lebih dari itu, aktivitas ini akan bisa menyehatkanmu dari dalam, baik itu dari segi fisik maupun mental. Tidak lupa miliki asuransi penyakit kritis agar melindungi kamu dari penyakit kala sedang bersepeda. Yuk buat jadwal rutin bersepeda mulai dari sekarang, agar kamu bisa menyongsong hidup yang lebih sehat di masa mendatang.

Tracking Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh dan Mental, Bisa Bantu Redakan Stres!
Bagikan
suka artikel ini :