Tetap fit saat puasa dengan nutrisi sehat untuk flora usus

Healthy Lifestyle Selasa, 12 April 2022
Asupan Nutrisi Sehat untuk Flora Usus saat sedang berpuasa Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan! Bulan suci Ramadhan kembali datang, seperti setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia pun bersama-sama menunaikan ibadah puasa. Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, punya berbagai tradisi tersendiri seputar Ramadhan.

Berbukalah dengan yang manis-manis... tapi juga baik untuk kesehatan!

Bila slogan iklan yang begitu terkenang saat tahun 1990an dulu adalah “berbukalah dengan yang manis-manis”, tahun 2022, slogan ini harus dimodifikasi sedikit – “berbukalah dengan yang manis-manis... tapi juga baik untuk kesehatan!”

Semakin banyak penyakit mengintai, hindari komorbiditas dengan perbaikan sistem pencernaan dan flora usus

Tahukah kamu bahwa usus beserta sistem pencernaanmu, ternyata memegang peranan SANGAT penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baik itu kesehatan fisik dan mental, hasil penelitian buktikan bahwa flora usus yang seimbang punya berbagai manfaat. Mulai dari menunjang fungsi otak dan syaraf, menjaga kulit agar tetap halus, mencegah stres, membuat mood jadi bagus, bahkan membantu keseimbangan hormon.

Apalagi, meski Coronavirus COVID-19 pelan-pelan mulai beralih status dari pandemi jadi endemi, tetap saja kita harus berhati-hati agar terhindar dari berbagai penyakit komorbiditas.

Tanda-tanda keseimbangan flora usus terganggu

Berbagai gaya hidup masyarakat sedentari di masa kini dapat sebabkan tak sehatnya sistem pencernaan. Termasuk dalam faktor ini adalah tingkat stres tinggi, buruknya kualitas tidur, memakan makanan penuh gula dan terlalu banyak diproses, serta mengonsumsi obat-obatan dengan kandungan antibiotik terlalu sering.

The Power of Curhat: inilah pentingnya punya catatan harian

Beberapa sinyal tubuh untuk memberitahukan bahwa usus kamu sedang tidak baik-baik saja antara lain adalah: sering merasa kembung, sulit BAB, maag / asam lambung, selalu merasa lelah, masalah pada kulit (gatal-gatal atau iritasi), diare, susah tidur dan selalu merasa lapar serta ingin makan makanan yang manis-manis.

Saat puasa, tetap jaga kesehatan flora usus lewat makanan probiotik dan prebiotik

Kesehatan flora usus dapat ditingkatkan supaya sistem pencernaan bekerja semakin baik membentengi badan. Salah satu caranya adalah mencukupi kebutuhan probiotik dan prebiotik harian.

Apa bedanya probiotik dan prebiotik? Probiotik adalah bakteri hidup yang baik bagi usus. Probiotik ditemukan pada beberapa jenis makanan terutama yang difermentasi. Sedangkan, prebiotik adalah sebutan bagi zat yang asalnya dari karbohidrat serta serat yang tidak dicerna manusia, namun menjadi "makanan" bagi bakteri baik di usus kita.

Singkatnya: probiotik adalah bakteri baik, sedangkan prebiotik adalah asupan nutrisi yang menunjang keseimbangan ekosistem si bakteri baik dalam usus tersebut.

Jangan “balas dendam” saat buka puasa

Puasa itu baik karena mengajari kita untuk menahan nafsu, baik itu nafsu makan maupun mindset – puasa mengajari kita kesabaran menyikapi berbagai hal, yang bisa bikin emosi sekalipun. Selain itu, ternyata puasa baik untuk mengistirahatkan sistem pencernaan, meregulasi gula darah serta tekanan darah, serta membuat pikiran jadi lebih jernih.

Tapi, efek puasa yang baik ini ternyata dapat terganggu bila saat berbuka kita langsung “balas dendam” dengan makan makanan yang, biarpun rasanya enak di lidah, tapi sebetulnya kurang baik bagi tubuh. Contohnya? Martabak manis, aneka gorengan, kolak dan berbagai jajanan dengan kandungan lemak jenuh serta gula yang sangat tinggi, membuat effort puasa seharian jadi sia-sia. Semua makanan ini bisa mengganggu kinerja pencernaan dan keseimbangan flora usus.

The Power of Curhat: inilah pentingnya punya catatan harian

Probiotik dan prebiotik untuk asupan selama berpuasa

Setelah berpuasa sepanjang hari, maksimalkan efek “perbaikan tubuh”. Alih-alih makanan yang umum dimakan masyarakat Indonesia saat berbuka dan makan malam setelah berpuasa, ganti dengan opsi yang lebih sehat. Makanan sehat bukan berarti rasanya tidak enak, lho, jaman now sih sudah banyak opsi makanan sehat yang juga rasanya 11/12 dengan makanan standar.

Contoh makanan probiotik dan prebiotik untuk berbuka dan makan malam setelah berpuasa:

  • Yoghurt dengan topping buah segar. Yoghurt mengandung banyak bakteri baik (probiotik) sementara buah segar mengandung serat yang bersifat prebiotik.
  • Teh Kombucha. Teh fermentasi ini sedang jadi tren di seluruh dunia, para selebritis mulai dari Kourtney Kardashian, Lady Gaga sampai Jake Gyllenhaal rutin meminum Kombucha, karena diyakini mengandung probiotik baik untuk kesehatan.
  • Kimchi / asinan sayuran / asinan kol ala Jerman (sauerkraut). Beberapa variasi dari asinan sayur yang manis, asam dan asin sekaligus ini rasanya segar dan cocok untuk berbuka puasa.
  • Tempe. Tempe, makanan kebangsaan Indonesia, kini telah mendunia dan menjadi salah satu favorit para vegetarian sebagai sumber protein dan sumber probiotik.
  • Keju asli. Keju asli, bukan keju yang umum ditemui di pasaran. Keju asli seperti Cheddar, Edam atau Emmenthal, memang hanya bisa ditemui di supermarket khusus di kota-kota besar. Keju asli punya banyak manfaat, salah satunya mengandung kalsium, protein dan, tentu saja, probiotik. Untuk yang lebih mudah ditemukan, keju krim atau mozzarella bisa jadi pilihan.
  • Acar timun. Acar timun dalam botol yang rasanya asam juga enak dipadukan dengan keju untuk tambahan nutrisi probiotik.
  • Roti sourdough. Roti jenis ini juga lagi hits di kalangan perkedai-kopian Indonesia terutama yang menyajikan menu sarapan. Sajian roti dengan bahan dasar terigu dan ragi yang difermentasikan selama beberapa hari sehingga kaya dengan kandungan probiotiknya, menghasilkan roti yang empuk di dalam dan krispi di luar. Oles dengan mentega dan beri topping telur orak-arik, irisan alpukat dan tomat ceri untuk melengkapi prebiotik sebagai makanan si bakteri sehat.
  • Kefir. Kefir adalah susu segar yang difermentasi – bisa dari susu sapi maupun susu kambing. Kefir berasal dari daerah Kaukasus di utara Rusia dan awalnya dilakukan sebagai usaha memperpanjang masa konsumsi susu segar oleh para peternak, ribuan tahun lalu. Kaya dengan bakteri baik, kefir sekaligus juga tinggi kandungan protein dan kalsiumnya sehingga merupakan bonus ekstra sehat untuk tulangmu.

Selain itu, prebiotik juga bisa didapatkan dari makanan berserat tinggi, termasuk dari bawang putih, bawang Bombay, kacang-kacangan dan berbagai buah serta sayur mayur.

Gabungkan makanan probiotik dan prebiotik sebagai alternatif asupan makanan dengan nutrisi lebih sehat agar kamu selalu tetap dalam kondisi fit beraktivitas seharian saat berpuasa.

Meski begitu, sesekali buka puasa di luar rumah dan memanjakan diri sendiri dengan makanan lezat juga sah-sah saja, lho, asalkan jangan berlebihan, tetap utamakan makanan yang menunjang kesehatan usus lebih banyak, ya.

Semoga kamu sekeluarga tetap sehat dan bersemangat menunaikan ibadah puasa tahun ini, ya!

 

Selalu sehat dan penuh semangat saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan! Bulan puasa kembali datang, umat Islam se-Indonesia pun bersiap-siap menunaikan ibadah wajib ini. Saat sedang berpuasa, tetap saja kesehatan harus selalu jadi prioritas utama.

Gimana dengan proteksi kesehatan yang memadai, kamu sudah punya atau belum? Apakah kamu tertarik untuk tahu lebih lanjut bagaimana kamu bisa menciptakan perlindungan kesehatan bagimu dan orang-orang tersayang di sekelilingmu? GMS solusinya!

Kini, Generali Indonesia menghadirkan Asuransi Tambahan Generali Medical Solution yang dapat dipilih oleh nasabah dalam merencanakan perlindungan kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. Asuransi Tambahan Generali Medical Solution memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh untuk Nasabah yang memerlukan perlindungan kelas satu.

Dilengkapi dengan fasilitas pembayaran biaya perawatan sesuai tagihan dengan fasilitas cashless di jaringan rumah sakit rekanan, hingga wilayah pertanggungan sampai dengan seluruh dunia, GMS juga meng-cover perawatan berbagai penyakit kritis.

Ingin mulai menambahkan GMS ke program asuransimu? Kamu bisa berkonsultasi dengan Agen Generali yang terdekat di kotamu, lewat tautan berikut ini.