Pengelolaan finansial secara bijak akan membantu kamu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih nyaman. Dalam proses manajemen finansial ini sangatlah penting untuk mencatat jumlah uang masuk dan keluar. Mulai catatan pemasukan dan pengeluaran kamu agar tidak boros sekarang juga. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam proses pencatatan pemasukan dan pengeluaran tersebut.

Siapkan Buku Khusus

Pertama, siapkan buku khusus untuk mencatat jumlah pemasukan dan pengeluaran. Adanya buku khusus ini akan sangat membantu kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran secara sistematis dan jelas. Lewat buku khusus ini kamu juga bisa lebih mudah memantau kondisi keuangan karena catatannya tidak berbaur dengan catatan lainnya. 

Kamu bisa membuat buku keuangan sendiri dan membaginya ke dalam beberapa part. Misalnya, part pemasukan, pengeluaran, biaya darurat, tabungan, dan lain sebagainya. Cobalah untuk membuat buku catatan yang colorful dan menarik agar kamu lebih semangat untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. 

Selain membuat buku sendiri, kamu juga bisa menggunakan buku khusus manajemen keuangan yang saat ini bisa ditemukan di pasaran. Sekarang ada produk buku catatan keuangan yang sudah didesain untuk mempermudah kamu mencatat pemasukan dan pengeluaran. Kamu bahkan bisa melakukan custom agar format buku sesuai kebutuhan. 

Catat Sumber Pemasukan dan Jumlahnya

Selanjutnya silahkan mulai dengan mencatat sumber pemasukan yang kamu terima. Jika kamu memiliki pekerjaan tetap maka tuliskan jenis pekerjaannya lalu tanggal berapa kamu gajian. Lalu apabila kamu memiliki sumber pemasukan lainnya maka tuliskan secara rinci. Jangan lupa catat juga berapa besar pemasukan dari masing-masing sumber tadi.

Mengapa perlu mencatat jumlah pemasukan? Jika kamu tahu berapa besar pemasukan uang yang kamu miliki, maka akan lebih mudah untuk mengaturnya. Pengelolaan uang bisa disesuaikan dengan besar uang yang kamu miliki. Kamu pun bisa lebih mudah menyesuaikan pengeluaran atau pemakaian uang berdasarkan jumlah pemasukan tersebut. 

Tuliskan Rencana Pengeluaran

Kamu bisa mulai mengatur keuangan dengan menuliskan rencana pengeluaran yang akan dilakukan dalam kurun waktu satu bulan. Tulis apa saja yang kamu butuhkan mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan yang sifatnya bisa ditunda apabila dana tidak memadai. Intinya, kamu harus membuat rencana pengeluaran ini secara runtut sesuai dengan skala prioritas setiap kebutuhan. 

Mulai catatan pemasukan dan pengeluaran kamu agar tidak boros sedini mungkin memang sangatlah penting. Kamu bisa tahu berapa banyak pengeluaran yang bisa kamu lakukan dan kamu bisa mengendalikannya dengan baik. Catatan ini akan mengendalikan pengeluaranmu sehingga kamu bisa tahu kebutuhan apa yang sebaiknya ditunda dulu dan mana yang harus didahulukan. 

Buat Alokasi Biaya Darurat

Saat kamu menghitung keuangan bulanan, jangan pernah lupa untuk menyediakan biaya atau dana darurat. Ini merupakan bagian finansial yang sangat penting untuk diperhatikan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Dana darurat ini bisa kamu manfaatkan ketika terjadi hal-hal yang membutuhkan pengeluaran mendadak. 

Jika tidak ada alokasi dana darurat maka akan sulit untuk bertahan hidup dengan finansial yang stabil. Saat ada kondisi darurat dan harus mengeluarkan uang secara mendadak, kamu akan kesulitan untuk memenuhinya. Akhirnya kamu tidak punya persiapan matang dan kemungkinan besar kamu akan mencari pinjaman uang atau mengajukan utang. 

Buat Catatan Khusus untuk Tabungan

Selain dana darurat, kamu juga harus membuat catatan khusus untuk tabungan. Ingat, semua pemasukan yang kamu dapat harus dialokasikan ke beberapa bagian. Salah satunya adalah untuk urusan tabungan. Dalam hal menabung ini kamu sebaiknya menuliskan tujuanmu. Artinya, tuliskan dengan jelas apa yang ingin kamu capai dengan menabung.

Mengapa penting menuliskan tujuan menabung? Ini akan memberimu motivasi untuk terus menabung. Kamu juga bisa mengetahui berapa banyak target tabungan yang harus diraih. Dengan begitu lebih mudah pula untuk menentukan besar uang yang harus disisihkan setiap bulan dalam bentuk tabungan.

Manfaatkan Aplikasi Mobile

Jika kamu merasa bahwa menulis catatan pemasukan dan pengeluaran secara manual terlalu ribet maka gunakanlah aplikasi mobile. Saat ini ada banyak jenis aplikasi mobile yang bisa mempermudah pembuatan laporan keuangan. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan lebih mudah sekaligus akurat. 

Pilihlah jenis aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan mudah untuk digunakan. Lewat aplikasi tersebut, pastikan kamu mendapat banyak kemudahan dalam manajemen finansial. Kamu bisa mencoba beberapa pilihan aplikasi sampai menemukan mana yang dianggap paling pas. 

Jangan ragu untuk mulai catatan pemasukan dan pengeluaran kamu agar tidak boros sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan membuat catatan ini. Kamu akan lebih mudah menghemat pengeluaran dan bisa menabung lebih banyak. Jangan lupa sisihkan juga dana untuk mempersiapkan asuransi jiwa bersama Generali agar kamu bisa hidup lebih nyaman dan tenang.

Tracking Mulai Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Kamu agar Tidak Boros dengan Cara Ini!
Share
love this article :