Apa itu budaya perusahaan atau company culture? Istilah ini merujuk pada seperangkat nilai, tujuan, karakter, dan praktik yang menjadi ciri khas dari perusahaan tersebut. Adapun hal-hal yang berkontribusi pada budaya sebuah perusahaan meliputi lingkungan kerja, peraturan di perusahaan tersebut, serta bagaimana karakter atau sikap dari para pekerja di perusahaan. 

Salah satu budaya perusahaan yang menjadi impian oleh banyak pekerja adalah budaya perusahaan yang menginspirasi. Budaya perusahaan seperti ini akan bisa meningkatkan retensi bakat, karena memang lingkungan kerjanya yang bersifat positif. Nah, untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi tersebut, kamu bisa sontek 6 tips jitunya di bawah ini. 

Baca Juga : 8 Cara Mengubah Pegawai Menjadi Duta Perusahaan

1. Membuat Visi dan Misi yang Kuat 

Tips pertama untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi adalah dengan membuat visi dan misi perusahaan yang kuat. Membuat visi dan misi perusahaan yang kuat bisa dimulai dengan melakukan brainstorming untuk menentukan keunikan perusahaan tersebut, nilai-nilai internal yang dimilikinya, serta apa saja tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai.

Setelah visi dan misi yang kuat dan solid ditentukan, jangan lupa untuk mengkomunikasikannya dengan para karyawan dan memastikan mereka paham akan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan, sehingga akan bisa terbentuk koneksi antara satu sama lain di perusahaan tersebut. Alhasil, semuanya akan terlibat bersama-sama untuk mencapai visi dan misi perusahaan tersebut.  

2. Membangun Tim yang Solid

Tips kedua untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi adalah membangun tim yang solid. Tim yang solid bisa terbentuk kolaborasi yang sehat di antara para anggota tim, yang notabene merupakan para pekerja di perusahaan, sehingga akhirnya tercipta rasa kebersamaan di antara mereka. Para pekerja pun sadar bahwa dengan berkolaborasi, ada banyak hal yang bisa mereka raih. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun tim yang solid tersebut, mulai dari makan siang bersama tim kerja hingga melaksanakan group outing di mana para pekerja dibagi ke dalam beberapa tim untuk mengikuti dan memenangkan lomba. Kolaborasi yang dipupuk pada situasi non-formal ini, akan bisa mempererat kolaborasi untuk kepentingan kerja nantinya.   

3. Memfasilitasi Pertumbuhan Karyawan 

Tips selanjutnya untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi adalah memfasilitasi pertumbuhan karyawan. Perusahaan yang bagus adalah perusahaan yang mampu memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para pekerjanya untuk terus menimba ilmu, serta mengasah dan menambah kemampuan baru, sehingga hasil kerja yang nantinya diberikan juga akan makin bagus.  

Perusahaan bisa memfasilitasi pertumbuhan karyawan dengan cara menyediakan pelatihan kerja dan memberikan peluang pengembangan keterampilan dan karier yang menarik. Dengan cara ini, maka para pekerja atau karyawan pun akan semakin termotivasi untuk bisa mengembangkan kemampuan dirinya. 

Memberikan fasilitas seperti ini bukannya akan membuat perusahaan menjadi rugi, namun malah akan menguntungkan perusahaan, Bagaimana tidak, para karyawan akan memberikan output yang lebih bagus setelah mengikuti pengembangan keterampilan atau karier, sehingga komoditas yang dijual oleh perusahaan juga akan makin bagus kualitasnya. 

4. Menjalin Hubungan yang Kuat dengan Karyawan 

Tips selanjutnya untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi adalah dengan menjalin hubungan yang kuat dengan karyawan. Salah satu cara untuk menjalin hubungan yang kuat tersebut adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan karyawan atau pekerja di perusahaan tersebut menyeimbangkan kariernya dengan kehidupan pribadi alias work life balance

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung work life balance tersebut. Mulai dari memberikan opsi bekerja secara remote bagi pekerja yang domisilinya jauh dari kantor, menghindari lembur kerja, memastikan beban kerja tidak berlebihan, hingga memberi fasilitas untuk memastikan primanya kondisi kesehatan fisik dan mental. 

5. Menjaga Komunikasi yang Terbuka 

Budaya perusahaan yang menginspirasi juga bisa diwujudkan dengan menjaga komunikasi yang terbuka. Pada perusahaan tersebut, komunikasi harus jelas dan terbuka, agar hubungan antara karyawan dan pimpinan bisa terpelihara dengan baik. Jadi, bukan karena pimpinan posisinya lebih tinggi, bisa seenaknya menekan dan mengintimidasi karyawan. 

Pimpinan di perusahaan tersebut bisa meminta saran dan pendapat dari para pekerjanya dalam rangka membangun budaya perusahaan untuk lebih baik ke depannya. Jadi, jangan langsung membuat keputusan dengan sendirinya. Pimpinan juga harus memastikan para karyawan tahu ekspektasi dari perusahaan tersebut, agar para karyawan bisa bekerja sebagaimana diharapkan.  

6. Membuat Lingkungan Kerja yang Menyenangkan 

Hadirkanlah lingkungan kerja yang menyenangkan untuk membangun budaya perusahaan yang menginspirasi. Jangan sampai para pekerja malah merasa tidak nyaman di lingkungan kerja tersebut karena beratnya beban kerja, komunikasi antar karyawan yang tidak baik, pimpinan yang terus-menerus memberi tekanan, dan lainnya. Jika begini, bisa-bisa malah banyak pekerja mengundurkan diri. 

Ada banyak cara untuk membuat lingkungan kerja yang menyenangkan tersebut, salah satunya adalah mengadakan kegiatan di luar jam kerja dalam rangka rekreasi atau menyegarkan pikiran sejenak dari urusan pekerjaan. Selain bisa membantu para pekerja atau karyawan untuk refresh fisik dan pikirannya, acara ini juga bakal bisa saling mendekatkan para insan perusahaan. 

Budaya perusahaan yang menginspirasi tidak akan datang sendirinya alias harus dipupuk terlebih dahulu agar bisa tercipta sesuai dengan harapan. Deretan tips yang dibagikan di atas bisa dijadikan pedoman untuk menciptakan budaya perusahaan yang menginspirasi tersebut. Budaya perusahaan yang menginspirasi dijamin bakal bikin betah para pekerja atau karyawan di dalamnya. 

Baca Juga : Simak Keuntungan dan Kerugian Bekerja Di Satu Perusahaan Untuk Kamu Yang Setia

Sumber

  • Pourron, Antoine. 10 Steps to Build a Successful Company Culture. Lumapps. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://www.lumapps.com/employee-experience/how-to-build-company-culture/#create-opportunities-for-employees-to-build-relationships
  • Herrity, Jennifer. (2023, Februari 04). How To Create a Company Culture in 10 Steps (Plus Benefits). Indeed. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-create-a-company-culture
  • Daley, Sam. (2022, Juli 29). Company Culture. Built In. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://builtin.com/company-culture
Tracking Wow! Ini 6 Tips Membangun Budaya Perusahaan yang Menginspirasi!
Share
love this article :