Penting! Bagaimana menyimpan mobil dengan aman?

Healthy Protection Jumat, 27 November 2020
Tips aman menyimpan mobil

Saat sedang bepergian atau di luar kota dalam jangka waktu cukup panjang, kita biasanya memutuskan untuk menyimpan mobil - baik itu di garasi rumah sendiri, ataupun di parkiran umum dengan sekuriti. Yang perlu kita ketahui, ternyata menyimpan mobil tidak cuma perlu membungkusnya dengan kain terpal atau penutup mobil khusus, lho. Sebab, bagian-bagian mesin dan bodi bisa rusak karena karatan bila terkena air atau udara lembab. Selain itu, dengan maraknya pencurian mobil juga cukup bikin kita paranoid.

Apa saja yang harus kita pikirkan saat akan meninggalkan mobil di penyimpanan?

Pilih tempat penyimpanan yang aman

Sebaiknya, simpan mobil di tempat dalam ruangan atau tertutup yang kering dan tidak lembab. Ini tentu saja lebih baik bagi si mobil dan lebih aman dari risiko pencurian - karena, mobil yang terpajang di luar rumah dan terlihat jelas, bisa mengundang maling datang.

Bila rumah tidak memiliki garasi, coba cari alternatif seperti: menitipkan ke tetangga yang punya garasi mobil beratap atau tertutup, atau di tempat parkir umum dengan keamanan 24 jam seperti di parkiran bandara atau perkantoran, yang mengharuskan siapapun yang akan mengendarai mobil dan keluar dari parkiran untuk menunjukkan karcis parkir - setelah diparkir, karcis bisa disimpan baik-baik dan ikut bepergian bersama kita.

Cek dan bersihkan mobil secara menyeluruh

Cuci dan bersihkan mobil secara menyeluruh dan pastikan tidak ada sisa makanan atau sampah di dalamnya. Cek apakah ada cukup air, oli, dan bensin - pastikan semua ban sudah cukup angin. Ini membantu mobil untuk tetap berada dalam kondisi bersih dan prima selama ditinggal.

Lepas rem tangan

Selama mobil terparkir di tempat yang aman dan tidak bisa berpindah tempat, lepas rem tangan supaya sistem mobil tidak terbebani dan rem tidak macet di tempat saat mobil akan digunakan kembali.

Tambahkan kain penutup

Meski disimpan dalam ruangan, tetap tambahkan kain penutup yang ringan dan berbahan mudah kering supaya mobil bebas dari debu.

Tutup jendela rapat-rapat dan kunci semua pintu

Pastikan semua jendela mobil sudah tertutup dengan rapat dan semua pintu sudah terkunci.

Teknik anti pencurian

Gunakan kunci stang dan tetap nyalakan alarm mobil - langkah kecil ini bisa membuat perubahan besar saat ada pencuri hendak beraksi!

 

Sedang berencana membeli mobil? Ukuran besar atau kecil? Model seperti apa yang pas untukmu? Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal penting seputar keamanan berkendara di jalan serta jenis-jenis mobil yang bisa kamu pilih, lewat berbagai tips di artikel-artikel kami: 

Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Mobil mogok di jalan? Ini langkah pengamanannya