Dari sekian banyak jenis asuransi yang kita kenal saat ini, asuransi kesehatan adalah yang paling populer. Jenis asuransi ini sangat direkomendasikan karena memiliki manfaat yang sangat beragam. Ada begitu banyak hal perihal asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Berbagai informasi yang menjelaskan tentang definisi, manfaat, jenis-jenis dan review asuransi kesehatan akan menjadi bekal kamu dalam memilih asuransi dan perusahaan penyedia yang paling tepat.

Definisi Asuransi Kesehatan

Pembahasan pertama tentang review asuransi kesehatan akan membahas tentang definisinya terlebih dahulu. Kamu mungkin akan menemukan berbagai definisi untuk istilah ini. Pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyatakan asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan yang meliputi biaya pengobatan rumah sakit, biaya pembedahan, dan biaya obat-obatan.

Terlepas dari berbagai definisi yang ada, inti dari asuransi kesehatan adalah memberikan perlindungan biaya medis untuk para nasabah dari gangguan medis yang mungkin dialami di masa yang akan datang. Perusahaan asuransi seperti Generali akan menanggung biaya kesehatan dari setiap nasabah sesuai dengan perjanjian yang ada.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Pembahasan review asuransi kesehatan tentu tidak akan lepas dari manfaat asuransi kesehatan itu sendiri. Buat kamu yang masih ragu untuk membeli polis asuransi kesehatan dari perusahaan terpercaya seperti Generali, maka jangan ragu lagi. Dengan memiliki polis asuransi kesehatan sejak dini, kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini:

 

●        Menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil

Penyakit bisa datang tiba-tiba tanpa pernah diduga sebelumnya. Apabila penyakit datang saat kamu belum memiliki perencanaan yang baik, maka mau tidak mau kamu harus mengeluarkan biaya lebih. Bisa jadi, kamu akan menggunakan tabungan pribadi yang sejatinya akan dipergunakan untuk hal lain.

 

Apabila uang simpanan tidak mencukupi, bukan tidak mungkin kamu akan menjual berbagai aset pribadi seperti kendaraan. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kondisi keuangan. Memiliki asuransi kesehatan dapat membantu kamu mencegah terjadinya hal tersebut. Saat sakit melanda, perusahaan asuransi Generali akan membayar semua biaya pengobatan sehingga kondisi keuangan kamu akan tetap stabil.

 

●        Membantu dalam hal pencegahan penyakit

Manfaat lain dari asuransi ini adalah membantu pencegahan penyakit. Dari berbagai review asuransi kesehatan, beberapa diantaranya menawarkan fasilitas pencegahan penyakit seperti imunisasi hingga deteksi dini penyakit kanker. Bila kamu memiliki polis dengan fasilitas tersebut, maka upaya pencegahan penyakit untuk diri dan keluarga akan menjadi lebih maksimal.

Kedua manfaat tersebut adalah sebagian dari manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi kesehatan. Tentu saja untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, kamu perlu membeli polis asuransi dari perusahaan asuransi terpercaya seperti Generali. Perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai pilihan asuransi kesehatan baik untuk individu maupun kelompok dengan jenis perlindungan yang juga bervariasi sesuai kebutuhan kamu pastinya.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Dalam membandingkan review asuransi kesehatan, kamu juga perlu memperhatikan jenis asuransi yang akan kamu pilih. Secara umum, ada 6 aspek yang membedakan antara satu asuransi kesehatan dengan yang lain, yaitu:

 

●        Pihak tertanggung

Setidaknya ada 2 jenis asuransi kesehatan bila dilihat dari pihak tertanggung, yaitu asuransi kesehatan individu dan kelompok. Sesuai dengan namanya, penanggungan biaya kesehatan untuk asuransi kesehatan individu hanya berlaku untuk satu orang saja yaitu si nasabah/pemegang polis asuransi. Sementara asuransi kesehatan kelompok yang biasanya dilakukan atas nama perusahaan atau organisasi akan menanggung biaya kesehatan untuk seluruh anggotanya.

 

●        Dana yang ditanggung

Setiap polis akan menjelaskan perihal besaran dana yang akan ditanggung. Informasi ini merupakan informasi penting dalam setiap review asuransi kesehatan yang dapat kamu manfaatkan dalam memilih polis yang tepat. Beberapa polis menanggung seluruh biaya pengobatan sementara polis standar hanya mengcover biaya pengobatan untuk beberapa pelayanan kesehatan tertentu.

 

●        Jenis perawatan

Untuk aspek ini, kamu bisa menemukan review asuransi kesehatan yang membagi jenis asuransi ini menjadi dua macam. Jenis yang pertama adalah asuransi rawat inap. Asuransi ini mengcover semua biaya yang berkaitan dengan rawat inap seperti biaya obat, layanan laboratorium, biaya dokter, biaya kamar, dan lain sebagainya. Jenis yang kedua adalah asuransi rawat jalan. Asuransi ini mengcover biaya rawat jalan seperti konsultasi dokter, obat dokter, dan lain sebagainya.

 

●        Keikutsertaan anggota

Ada dua jenis asuransi kesehatan berdasarkan keikutsertaan anggotanya, yaitu wajib dan sukarela. Asuransi kesehatan wajib biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan yang mengharuskan setiap karyawan untuk memiliki polis kesehatan. Sementara asuransi sukarela biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak terikat oleh organisasi atau perusahaan.

 

●        Sistem pembayaran klaim

Dari review asuransi kesehatan, ada perusahaan asuransi yang memilih untuk menerapkan sistem cashless, dan ada pula yang menerapkan sistem reimbursement. Sistem cashless disini merujuk pada sistem dimana kamu sebagai nasabah hanya perlu menunjukkan kartu anggota perusahaan asuransi saat membayar biaya pengobatan. Sementara itu, sistem reimbursement mengacu pada sistem dimana kamu harus melakukan deposit terlebih dahulu saat pembayaran. Pihak perusahaan asuransi akan mengganti uang kamu saat menunjukkan kwitansi pembayaran.

 

●        Pengelola dana

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan pengelola dana juga terbagi menjadi dua yaitu pemerintah dan swasta. Asuransi pemerintah merupakan salah satu bentuk program pemerintah yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Sementara itu, asuransi swasta dikelola untuk pihak swasta dan umumnya menawarkan jenis polis yang lebih beragam dengan pilihan premi dan besaran klaim yang juga lebih beragam.

 

Pilah-Pilih Produk Asuransi Kesehatan

Untuk memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, ada banyak hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Mengumpulkan berbagai data dan informasi review asuransi kesehatan menjadi langkah utama yang perlu kamu lakukan. Dengan melihat dan membandingkan review asuransi kesehatan, kamu dapat mengetahui produk apa yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu. Selain membandingkan antara setiap review, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

 

●        Kebutuhan kesehatan

Kebutuhan setiap orang mungkin akan berbeda satu sama lain. Jadi pastikan untuk mengetahui kebutuhan yang tepat agar dapat memilih produk yang tepat dan mengcover kebutuhan kamu secara spesifik. Generali menyediakan berbagai pilihan asuransi termasuk asuransi kesehatan individu dan kelompok baik syariah maupun konvensional.

 

●        Perusahaan penyedia asuransi

Pilih perusahaan asuransi terpercaya yang telah terbukti mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya. Perusahaan asuransi Generali menjadi salah satu pilihan perusahaan asuransi kesehatan terbaik di tanah air berkat adanya berbagai pilihan produk serta testimonial positif dari para nasabah lain. Salah satu keunggulan yang dimiliki perusahaan ini adalah rekanan rumah sakit yang berjumlah lebih dari 800 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begini, kamu akan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan dimanapun kamu berada.

 

●        Manfaat tambahan

Berdasarkan review asuransi kesehatan Generali, terlihat jelas bahwa pihak perusahaan menawarkan berbagai manfaat tambahan seperti adanya accident protection, term life protection, dan critical illness protection.

 

Sudah lihat review asuransi kesehatan? Jangan ragu lagi untuk memiliki asuransi kesehatan dari sekarang, sebagai upaya ‘sedia payung sebelum hujan’ demi kondisi finansial dan perawatan kesehatan yang selalu terjamin di masa depan. Pilihan asuransi kesehatan Generali yang beragam memberikan kebebasan dalam memilih produk yang tepat untuk perlindungan kesehatan kamu semua.

 

Tracking Mengintip Review Asuransi Kesehatan, Segudang Manfaatnya Diakui!
Share
love this article :