Mengenal Jenis-jenis Asuransi Untuk Keluarga, Sebelum Mengajukan

Kamis, 4 Juni 2020
Mengenal Jenis-jenis Asuransi Untuk Keluarga, Sebelum Mengajukan.jpg

Menjadi hal yang masih kurang diminati, bagi sebagian penduduk Indonesia, membuat produk asuransi belum banyak dikenal, khususnya bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Tapi nyatanya, asuransi sangat penting untuk dimiliki bagi setiap keluarga. Nah, buat kamu yang masih asing dengan produk ini, penting bagi Anda mengetahui jenis asuransi untuk keluarga, sebelum mengajukan.

Bahkan, jika dilihat dari data, setidaknya baru ada sekitar 1,7 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi untuk keluarga, dari total penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa pada 2018.

Pasalnya, dari 1,7 persen tadi, mungkin sebagiannya merupakan kaum menengah ke atas. Di mana mereka memiliki literasi tinggi tentang pentingnya proteksi diri, berupa asuransi kesehatan dan jiwa individu maupun asuransi untuk keluarga.

Pengertian Asuransi untuk Keluarga

Asuransi untuk keluarga merupakan sebuah produk proteksi atau perlindungan diri bagi perlindungan jiwa maupun kesehatan, yang bisa melindungi Anda dan juga keluarga Anda (biasa bisa menampung 5 orang dalam satu polis).

Dalam pembayaran premi pada produk asuransi untuk keluarga, biasanya hanya perlu melakukan pembayaran satu kali cicilan saja, dan sudah bisa melindungi seluruh anggota keluarga.

Karena dalam asuransi untuk keluarga bisa menanggung hingga 5 orang, maka harga preminya juga biasanya lebih besar, ketimbang asuransi perorangan. Sehingga, jika Anda memiliki tiga anak, maka produk asuransi untuk keluarga ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Untuk besarnya harga premi tersebut juga dilihat dari manfaat atau nilai pertanggungan yang ditawarkan. Sehingga, semua yang dikaitkan dengan fasilitas dan keunggulan, balik lagi ke perusahaan asuransi yang Anda pilih. Beda perusahaan, maka akan berbeda pula manfaat dan kebijakan yang diberikan.

Namun, sebelum Anda mengajukan asuransi untuk keluarga, ada baiknya simak informasi terkait jenis-jenis asuransi, yang penting dimiliki setiap keluarga.

Cara Kerja Asuransi untuk Keluarga

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa asuransi untuk keluarga merupakan asuransi yang bisa menanggung perlindungan hingga ke beberapa anggota dalam satu polis. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa setiap perusahaan asuransi juga memiliki kebijakan masing-masing, jadi tidak bisa dipukul rata.

Besaran premi dalam satu polis untuk sekeluarga tentunya berbeda-beda, misalnya premi untuk ayah dan ibu biasanya lebih besar daripada anak-anaknya. Hal tersebut terjadi karena orang tua memiliki risiko lebih besar untuk mengalami ancaman, seperti sakit.

Jika disimpulkan, memang premi asuransi untuk keluarga bisa terasa lebih murah, ketimbang asuransi per individu. Hal tersebut dikarenakan yang ditanggung bisa beberapa orang sekaligus.

Untuk manfaatnya, Anda dan keluarga akan mendapatkan manfaat yang sama, layaknya asuransi individu. Seperti manfaat asuransi kesehatan yang akan membantu Anda dalam hal biaya perawatan rumah sakit, obat-obatan, dokter dan lain-lain.

Jenis-jenis Asuransi untuk Keluarga

-          Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang penting dimiliki setiap keluarga yang pertama adalah asuransi jiwa. Produk asuransi jiwa merupakan sebuah produk perlindungan yang bisa membantu pemegang polis ketika mereka meninggal dunia.

Ketika pemegang polis meninggal dunia, yang tertanggung bisa mendapatkan uang pertanggungan. Nah, jika Anda mengikuti asuransi jiwa untuk keluarga, setidaknya ada manfaat utama yang bisa Anda dapatkan, yakni pemegang polis tidak meninggalkan hutang ketika meninggal dunia.

Untuk besaran pertanggungannya bahkan bisa mencapai Rp1 miliar, namun tergantung jumlah premi yang dipilih. Tidak hanya meninggal dunia, pertanggungan asuransi jiwa untuk keluarga juga bisa didapat ketika pemegang polis mengalami kecelakaan atau sakit, yang menyebabkan mereka cacat dan tidak bisa lagi mencari nafkah, atau tidak memiliki penghasilan lagi.

 -          Asuransi Kesehatan

Selanjutnya ada asuransi kesehatan, yang menjadi salah satu asuransi untuk keluarga dan penting untuk dimiliki. Asuransi kesehatan juga disebut menjadi asuransi paling diminati bagi masyarakat Indonesia.

Pasalnya, asuransi kesehatan memiliki keunggulan diantaranya bisa memberikan manfaat berupa biaya perawatan, bahkan sampai santunan meninggal dunia. Untuk besaran premi bulanan yang harus dibayar per bulan, biasanya lebih rendah, dibandingkan dengan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan juga menawarkan produk asuransi untuk keluarga, di mana asuransi kesehatan bisa digunakan dengan satu polis, yang bisa menanggung seluruh anggota keluarga.

  • Asuransi pendidikan

Jenis asuransi yang penting dimiliki untuk keluarga adalah asuransi pendidikan. Bagi Anda yang merupakan pasangan suami istri, dan baru memiliki anak, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi pendidikan untuk si kecil.

Pasalnya, asuransi pendidikan memiliki persamaan dengan tabungan berjangka, di mana pemegang polis telah terlindungi dengan asuransi jiwa. Sehingga, jika dalam sebuah keluarga, suami atau istri meninggal dunia, anak Anda tetap mendapatkan tabungan pendidikannya hingga jenjang yang telah ditetapkan di awal.

 Mengapa Harus Pilih Asuransi untuk Keluarga Daripada Individu?

  • Satu polis bisa digunakan atau bisa menanggung beberapa orang dalam satu keluarga (biasanya 5 orang; Ayah, Ibu, dan 3 orang anak)

  • Biaya administrasi, premi per bulan lebih murah, ketimbang asuransi individu

  • Terjangkau (premi lebih murah namun manfaat yang dirasakan sama dengan asuransi individu)

Itu dia sekilas informasi terkait produk asuransi untuk keluarga yang bisa disampaikan. Semoga Anda dan keluarga bisa sadar akan pentingnya mengajukan asuransi untuk keluarga, setelah membaca artikel ini. Lantas, kira-kira di mana Anda bisa memiliki asuransi untuk keluarga yang bagus, berkualitas, dan terpercaya?

Asuransi dari PT Asuransi Jiwa Generali Jawabannya! 

Kenapa harus di Generali? PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group, yakni sebuah perusahaan yang didirikan pada 1831 di Trieste, Italia. Nah, saat ini Generali Group telah menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa dan sudah dipercaya sebagai penyedia jasa asuransi terkemuka.

Di Indonesia sendiri, Generali telah berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia, dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas.

Tidak hanya itu, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia juga telah didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasaran dan kantor agen di seluruh penjuru Indonesia. Generali juga berfokus pada beberapa langkah seperti:

  • Pengelolaan jalur multi distribusi

  • Pembangunan kemitraan yang seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan dan distribusi umum, dan

  • Penyebaran produk-produk inovatif superior dan layanan bernilai tambah kepada pelanggan

 Produk Apa Saja yang Ditawarkan Generali?

Generali memiliki produk-produk asuransi yang unggul, dan cocok untuk keluarga mulai dari:

  • Perlindungan jiwa

  • Kesehatan

  • Investasi

  • Pendidikan

  • Pension / Hari tua

  • Asuransi tambahan

 Bagaimana Tata Cara Pengajuannya?

  • Anda bisa kunjungi kantor agen Generali terdekat di kotamu, atau bisa juga melalui fitur Office Locator di website resmi Generali di www.generali.co.id.

  • Konsultasikan terlebih dahulu jenis asuransi apa yang diinginkan sesuai kebutuhanmu dengan agen Generali, secara langsung di kantor cabang atau online.

  • Setelah berkonsultasi, Financial Consultant akan memberitahumu untuk membawa Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ), yang telah diisi lengkap jika kamu setuju mengajukan asuransi bersama Generali.