Cara-cara untuk hidup yang lebih ramah lingkungan

Kamis, 16 Juli 2020
Cara-cara hidup lebih ramah lingkungan

Yuk, bantu bumi kita bertahan dengan memanfaatkan beberapa cara untuk hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan. Ini langkah-langkahnya.

Perjalanan efisien

Jejak karbon perjalanan dan transportasi berkontribusi sebanyak 14% dari emisi global di seluruh dunia. Karena itu, maksimalkan jadwal bepergian agar efisien - gabungkan perjalanan bisnis sekaligus liburan, pilih hotel yang ramah lingkungan lewat berbagai aplikasi pemilihan hotel seperti Traveloka dan Tiket.com, dan baca review lengkapnya untuk tahu apakah hotel betul-betul menerapkan ramah lingkungan, sebelum memesan kamar.

Saat sedang berada di kota tempat tinggal, mulailah lebih banyak berjalan kaki dan gunakan transportasi umum untuk menekan polusi udara. Gunakan aplikasi TransJakarta dan MRT untuk cek jadwal dan tahu rute lengkapnya.

Manfaatkan makanan dengan efisien

Sepertiga dari makanan yang diproduksi manusia terbuang sia-sia setiap tahunnya. Gunakan aplikasi seperti Sayurbox dan HappyFresh untuk berbelanja makanan segar sesuai kebutuhan, sekaligus langsung membeli bahan makanan seperti sayur, telur dan daging langsung dari tangan pertama.

Menghemat energi

Matikan AC, TV dan berbagai alat elektronik di rumah saat sedang tak digunakan. Kontrol penggunaan listrik di rumah lewat aplikasi mudah dari ponsel.

Nyatakan perang lawan plastik sekali pakai

Plastik sekali pakai adalah salah satu problem sampah terbesar di dunia. Karena itu, kurangi, hindari atau stop sama sekali penggunaan plastik sekali pakai saja, sebab plastik jenis inilah yang paling banyak berperan mencemari alam dan lautan.

Gunakan botol minum bebas zat BPA, buat kopi sendiri di rumah, bawa tempat makan Tupperware sendiri untuk beli jajanan di resto bilamana memungkinkan.

Manfaatkan botol-botol plastik sisa kemasan air minum untuk didaur ulang - di Surabaya, Ibu Risma, gubernur Surabaya saat ini, sudah mengadakan yang namanya Bus Suroboyo - program ini memberikan kita tiket gratis naik bus umum di Surabaya yang cara pembayarannya adalah menggunakan botol kosong bekas air mineral.

Perubahan besar dimulai dari yang kecil-kecil dulu - banyak sekali yang bisa kita lakukan di level kita sendiri untuk mulai lebih bertanggungjawab dan turut serta berkontribusi merawat bumi.

 

Yuk, turut berpartisipasi untuk peduli lingkungan dan menjaga alam dengan langkah-langkah yang mudah dilakukan setiap harinya, bersama artikel-artikel dari Generali Indonesia:

Penting: ajari anak untuk selalu cintai alam dan bumi kita

Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan sekaligus Hemat Anggaran

Merawat kecantikan sekaligus ramah lingkungan: bagaimana caranya?

Cara-cara mudah untuk mulai ramah lingkungan (sekaligus penghematan!)

Penting! Ini cara mencegah paparan polusi udara